6 Cara Mengatasi NVIDIA Display Settings Are Not Available

oleh | Jan 19, 2020 | Dunia Komputer

Bagaimana cara mengatasi error "NVIDA display settings are not available - you are not currently using a display attached to an NVIDIA GPU." di laptop/komputer pada Windows 7/8/10?

KacaTeknologi.com – Bagaimana cara mengatasi error “NVIDA display settings are not available – you are not currently using a display attached to an NVIDIA GPU.” di laptop/komputer pada Windows 7/8/10?

Jika Anda mendapati pesan “NVIDA display settings are not available” ketika Anda mencoba bermain game atau menjalankan aplikasi ini berarti bahwa Anda tidak sedang menggunakan monitor yang terpasang pada GPU NVIDIA. Jika memang hal tersebut adalah penyebabnya maka sudah pasti Anda tidak akan bisa mengakses NVIDIA Display Settings.

Banyak penyebab utama dari masalah NVIDIA display settings ini salah satunya seperti, monitor terhubung pada port yang salah, adanya error pada driver NVIDIA, tidak berfungsinya layanan yang bekerja untuk NVIDIA dan masih banyak lagi. Namun, bagaimana jika terjadi kasus di mana monitor sudah terhubung pada port yang benar tetapi masih saja muncul error. Tenang saja, artikel ini akan menyelesaikan masalah Anda.

Cara Memperbaiki Error NVIDIA Display Settings Are Not Available

Sebelumnya pastikan Anda untuk membuat restore point terlebih dahulu pada Windows, agar ketika terdapat kesalahan nanti Anda tidak bingung untuk mengembalikannya seperti semula. Selain itu, saya sarankan untuk restart komputer apabila salah satu cara telah dilakukan.
Berikut cara mengatasi error NVIDIA display settings are not available di Windows:

1. Menyambungkan Monitor ke Port yang Benar

Seperti yang sudah dijelaskan ini adalah penyebab utama dari masalah yang ada. Bagaimana bisa NVIDIA Display Settings dapat berjalan jika monitor saja tidak terpasang pada port GPU NVIDIA? silakan Anda cek pada CPU apakah port monitor terpasang dengan benar atau tidak.

Baca Juga : 4 Cara Mengatasi Error “Display driver failed to start” pada Windows

Apabila port sudah terpasang dengan benar namun error masih saja muncul, silakan untuk mengikuti cara selanjutnya di bawah.

2. Disable dan Enable GPU

Sebelum kita melanjutkan ke tahap yang lebih berat, kita coba pada tahap-tahap penyelesaian yang ringan terlebih dahulu karena menurut beberapa pengguna cara ini juga bisa mengatasi error yang muncul. Silakan ikuti cara di bawah ini:
  1. Tekan Windows + R pada keyboard.
  2. Nanti akan muncul jendela kecil, silakan ketikkan “devmgmt.msc” tanpa tanda kutip kemudian tekan enter.
  3. Anda akan diarahkan ke Device Manager, di sana Anda bisa cari Display adapters kemudian klik tanda panah kecil untuk membuka komponen di dalamnya.
  4. Setelah itu, Anda akan melihat daftar display yang terpasang pada komputer. Klik kanan pada driver NVIDIA → Disable device.
  5. Bagaimana cara mengatasi error "NVIDA display settings are not available - you are not currently using a display attached to an NVIDIA GPU." di laptop/komputer pada Windows 7/8/10?
  6. Akan muncul notifikasi peringatan, apakah Anda benar-benar yakin ingin menonaktifkan driver? klik Yes untuk mengkonfirmasi perubahan pengaturan.
  7. Bagaimana cara mengatasi error "NVIDA display settings are not available - you are not currently using a display attached to an NVIDIA GPU." di laptop/komputer pada Windows 7/8/10?
  8. Nah sekarang Anda bisa klik kanan kembali pada driver NVIDIA Anda kemudian klik Enable.
  9. Bagaimana cara mengatasi error "NVIDA display settings are not available - you are not currently using a display attached to an NVIDIA GPU." di laptop/komputer pada Windows 7/8/10?
  10. Tunggu beberapa saat sampai driver kembali aktif.
  11. Jika sudah aktif kembali, Anda bisa coba untuk bermain game atau menjalankan aplikasi dan cek apakah error masih muncul.

3. Ubah Adapter Output

Pada cara pertama saya sudah jelaskan mengenai pemasangan port yang benar, jika Anda sudah mencoba kedua cara di atas dan masalah belum terselesaikan Anda bisa coba cara ketiga ini. Pada tahap ini, silakan Anda coba untuk menggunakan VGA to HDMI Converter dan gunakan port HDMI pada kartu grafis (graphics card) komputer Anda atau Anda bisa langsung mengubah port secara langsung, misalkan: menggunakan port display untuk menggantikan HDMI atau VGA.

4. Restart NVIDIA Services

Terkadang layanan-layanan dari NVIDIA seringkali stopped working atau tidak bekerja dengan baik. Maka dari itu, kita bisa mencoba untuk memulai ulang seluruh layanan dari NVIDIA agar bisa kembali normal.

Baca Juga : [SOLVED] Cara Mengatasi Error 0xc000007b Pada Windows 7/8/8.1/10 Termudah

Perlu diperhatikan juga, layanan NVIDIA ini bisa saja terganggu atau terhentikan kinerja nya dikarenakan adanya aplikasi pihak ketiga. Jadi saya sarankan Anda untuk mengingat kembali aplikasi yang baru saja Anda instal yang sekiranya membuat layanan NVIDIA tidak bekerja kemudian silakan uninstal saja aplikasi tersebut.
Berikut cara mengecek layanan NVIDIA apakah aktif atau tidak:
  1. Tekan Windows + R pada keyboard.
  2. Ketikkan “services.msc” kemudian tekan enter.
  3. Sekarang silakan cari beberapa services di bawah ini:
  • NVIDIA Display Container LS
  • NVIDIA LocalSystem Container
  • NVIDIA NetworkService Container
  • NVIDIA Telemetry Container
Bagaimana cara mengatasi error "NVIDA display settings are not available - you are not currently using a display attached to an NVIDIA GPU." di laptop/komputer pada Windows 7/8/10?
  • Setelah itu, klik kanan pada salah satu layanan kemudian pilih Properties.
  • Bagaimana cara mengatasi error "NVIDA display settings are not available - you are not currently using a display attached to an NVIDIA GPU." di laptop/komputer pada Windows 7/8/10?
  • Nanti akan muncul jendela baru, langsung saja Anda klik Stop lalu pilih Automatic pada Startup type kemudian tunggu beberapa menit dan klik Start kembali.
  • Bagaimana cara mengatasi error "NVIDA display settings are not available - you are not currently using a display attached to an NVIDIA GPU." di laptop/komputer pada Windows 7/8/10?
  • Ulangi langkah no 4 & 5 pada masing-masing layanan yang disebutkan di langkah ke 3.
  • Jika semua layanan sudah di-restart, silakan klik Apply kemudian klik OK.
  • 5. Perbarui Graphics Card Driver NVIDIA

    Bisa saja yang bermasalah adalah driver dari NVIDIA sendiri. Jika driver dari NVIDIA sudah lama atau mungkin corrupt yang bisa saja disebabkan karena virus atau aplikasi pihak ketiga maka Anda bisa update driver NVIDIA yang ada. Berikut cara update driver NVIDIA di Windows:
    1. Klik start menu pada Windows kemudian ketikkan “Device Manager“.
    2. Masuk ke Display adapters, lalu klik kanan pada driver NVIDIA kemudian pilih Update Driver Software.
    3. Bagaimana cara mengatasi error "NVIDA display settings are not available - you are not currently using a display attached to an NVIDIA GPU." di laptop/komputer pada Windows 7/8/10?
    4. Anda akan diberikan dua opsi yaitu update secara otomatis atau manual. Untuk otomatis biasanya driver akan mencari pembaruan dengan menggunakan koneksi internet kemudian mengunduhnya dan akan otomatis terinstal. Adapun untuk manual Anda harus mengunduh driver terlebih dahulu di sini. Setelah itu, pilih pembaruan driver secara manual dan browse lokasi di mana Anda menyimpan driver hasil unduhan tadi.
    5. Jika proses update sudah selesai, silakan restart PC Anda.

    6. Hapus NVIDIA Secara Penuh dari Sistem

    Ini adalah cara terakhir dan menurut saya merupakan cara paling ampuh dalam mengatasi error ini. Namun, di sini Anda harus menghapus seluruh driver dari NVIDIA kemudian memasangkannya kembali. Berikut cara uninstall dan install driver NVIDIA di Windows:
    1. Pertama-tama silakan unduh Driver Installer NVIDIA terlebih dahulu. Pastikan Anda mengunduh driver yang sesuai.
    2. Kemudian, Anda harus masuk ke Safe Mode terlebih dahulu agar proses penghapusan bisa dilakukan secara penuh.
    3. Tekan Windows + R kemudian ketikkan devmgmt.msc lalu tekan enter.
    4. Pergi ke bagian Display adapters, klik kanan pada driver NVIDIA Anda kemudian pilih Uninstall.
    5. Bagaimana cara mengatasi error "NVIDA display settings are not available - you are not currently using a display attached to an NVIDIA GPU." di laptop/komputer pada Windows 7/8/10?
    6. Jika muncul pesan konfirmasi klik Yes.
    7. Sekarang masuk ke Control PanelProgramsPrograms and Features. Pada bagian uninstall programs silakan Anda cari daftar driver NVIDIA yang terpasang pada komputer/laptop Anda kemudian klik Uninstall/Change.
    8. Bagaimana cara mengatasi error "NVIDA display settings are not available - you are not currently using a display attached to an NVIDIA GPU." di laptop/komputer pada Windows 7/8/10?
    9. Sekarang buka File explorer → masuk ke direktori C:WindowsSystem32DriverStoreFileRepository.
    10. Cari file dan hapus file berikut:
      1. nvdsp.inf
      2. nv_lh
      3. nvoclock
    11. Sekarang kita pergi ke direktori C:Program FilesNVIDIA Corporation dan juga C:Program Files (x86)NVIDIA Corporation.
    12. Bagaimana cara mengatasi error "NVIDA display settings are not available - you are not currently using a display attached to an NVIDIA GPU." di laptop/komputer pada Windows 7/8/10?
    13. Hapus seluruh folder dan file pada kedua direktori tersebut.
    14. Restart komputer Anda untu menyimpan pengaturan dan pastikan Anda sudah masuk ke mode normal kembali (bukan safe mode).
    15. Jalankan Driver Installer NVIDIA yang sudah diunduh tadi. Pada saat proses instalasi driver, pilih Custom dan centang kotak kecil yang betuliskan “Perform a clean installation.
    16. Bagaimana cara mengatasi error "NVIDA display settings are not available - you are not currently using a display attached to an NVIDIA GPU." di laptop/komputer pada Windows 7/8/10?
    17. Setelah semua komponen driver sebelumnya terhapus dan sudah tergantikan dengan instalan baru, silakan Anda jalankan game atau aplikasi kembali dan seharusnya error sudah bisa teratasi.

    Mungkin itu saja tentang Cara Mengatasi NVIDIA Display Settings Are Not Available di komputer/laptop pada Windows 7/8/10. Beberapa cara di atas saya dapatkan dari forum-forum jadi saya tidak bisa menyimpulkan bahwa semua cara akan bekerja untuk Anda karena meskipun masalahnya sama terkadang penyebabnya yang berbeda.

    Sekian tutorial kali ini, apabila Anda masih bingung atau ada yang ingin ditanyakan silakan untuk berkomentar. Terima kasih…

    Oleh Kaca Teknologi

    Official account of KacaTeknologi.com

    Postingan Terkait:

    0 Komentar

    0 Komentar

    Kirim Komentar

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *