Kaca Teknologi Official account of KacaTeknologi.com

Cara Mengatasi Disk Usage 100% di Windows 10

2 min read

Cara Mengatasi Disk Usage 100% di Windows 10

Kacateknologi.com – Cara Mengatasi Disk Usage 100% di Windows 10, Windows 10 merupakan generasi Windows terbaru yang menghadirkan berbagai macam invasi dan fitur menarik didalamnya, selain itu Windows 10 juga menghadirkan tampilan serta wajah baru yang lebih enak dipandang dan nyaman digunakan.

Tapi dibalik inovasi dan berbagai fitur menarik yang ada didalam Windows 10, kita juga sering dihadapkan dengan masalah Disk Usage 100% hal ini merupakan masalah dan keluhan yang sering diceritakan oleh teman-teman saya, karena ketika Disk Usage mencapai 100% bisa memperlambat kinerja laptop ataupun komputer, bahkan hanya untuk membuka sebuah program ataupun aplikasi.

Bagi sobat yang saat ini mengalami masalah yang sama, jangan ragu dan khawtir karena ada cara dan langkah-langkah yang bisa dilakukan apabila penggunaan Disk pada laptop atau komputer mencapai 100%.

Dapatkan 8 Pelatihan Hard + Soft-skills Ekslusif Hanya 90rb
Reskillience Bootcamp

Pada artikel ini akan saya bahas tentang Cara Mengatasi Disk Usage 100% di Windows 10.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Hardisk Laptop Tidak Terbaca dan Terdeteksi

Cara Mengatasi Disk Usage 100% di Windows 10

Mengatasi Disk Usage 100% sendiri dapat diatasi dengan beberapa cara, masalah disk usage yang mencapai 100% ini tak hanya terjadi pada Windows 10 saja, terkadang juga terjadi di Windows 8 dan Windows 7.

Dan berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa sobat lakukan apabila terjadi masalah Disk Usage 100%.

1. Lakukan Restart Pada Laptop / PC

Langkah pertama yang bisa dilakukan dalam mengatasi Disk Usage 100% bisa dilakukan dengan melakukan restart pada Laptop atau PC, dengan melakukan restart OS ( Operating System ), otomatis akan membuat sistem kembali seperti semula dan menghilangkan semua masalah yang ada.

2. Kurangi Aplikasi Yang Dijalankan

Cara Mengatasi Disk Usage 100% di Windows 10
Kurangi Aplikasi Yang Berjalan

Terlalu banyak menjalankan aplikasi dalam waktu yang bersamaan juga bisa jadi penyebab kenapa Disk Usage bisa mencapai 100% pada Laptop atau PC, jika laptop ataupun komputer yang dimiliki menggunakan spesifikasi yang bagus, maka hal ini tak masalah, tapi jika laptop atau komputer yang digunakan memiliki spesifikasi yang rendah maka ketika Disk Usage nya mencapai angka 100% akan menjadi sebuah masalah.

Dimana kinerja laptop maupun PC akan jauh lebih lambat dari biasanya.

3. Matikan Windows Update di Windows 10

Windows Update pada Windows 10 merupakan fitur yang selalu menyala secara default, maka sangat disarankan untuk mematikan Windows update yang ada pada sistem Windows 10, agar sistem bekerja lebih ringan dan tidak terlalu berat.

4. Install Ulang Sistem Operasi Windows 10

Apbila Disk Usage 100% terus terjadi secara terus-menerus, maka melakukan instalasi ulang pada Windows 10 yang saat ini digunakan merupakan sebuah jalan pintas yang paling efektif.

Setelah melakukan Instalasi ulang, maka semua masalah akan selesai dan teratasi.

5. Ganti HDD ke SSD

Cara Mengatasi Disk Usage 100% di Windows 10
Beralih dari HDD ke SSD

Nah bagi sobat yang laptop atau komputernya ingin tetap optimal performa nya meskipun Disk Usage mencapai 100% maka sangat disarankan untuk beralih dari penggunaan HDD ke SSD, dengan demikian performa laptop akan jauh lebih cepat karena SSD menawarkan performa yang prima.

Sedangkan HDD menawarkan daya tahan yang lebih lama jika dilakukan dengan perawatan yang benar.

6. Lakukan Scanning Virus

yang keenam dalam Cara Mengatasi Disk Usage 100% di Windows 10 adalah dengan melakukan pemindaian atau scanning dari berbagai macam virus, karena jika sebuah komputer atau laptop diinfeksi oleh virus otomatis kinerja laptop atau komputer itu sendiri akan jauh lebih lambat dan berat.

Saat ini banyak sekali antivirus yang bisa digunakan baik itu yang gratis atau berbayar.

Baca Juga : 7 Ciri Laptop Harus di Install Ulang

7. Ganti Browser Yang Digunakan

Jika selama ini kita selalu menggunakan Google Chrome yang diandalkan, coba ganti browser andalan dari Chrome jadi Microsoft Edge atau Mozilla Firefox, kenapa? karena kita tahu Google Chrome sendiri cukup banyak menggunakan kapasitas RAM yang menimbulkan Disk Usage 100%

Nah sobat demikianlah artikel tentang Cara Mengatasi Disk Usage 100% di Windows 10 dimana mengatasi Disk usage 100% bisa diatasi dengan 7 cara jitu dan sederhana, selamat mencoba ya sobat.

Dapatkan 8 Pelatihan Hard + Soft-skills Ekslusif Hanya 90rb
Reskillience Bootcamp
Kaca Teknologi Official account of KacaTeknologi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *