Kacateknologi.com – 21 Cara Memperbaiki Layar Touchscreen Tidak Merespon di Android, Touchscreen merupakan salah satu bagian paling sensitif pada smartphone modern seperti sekarang ini, touchscreen atau layar sentuh memang sudah menjadi teknologi yang diterapkan semua produsen smartphone di dunia karena dengan menggunakan layar sentuh menjadikan smartphone seabgai barang mewah yang kini dimiliki setiap orang, selain itu lebih efesien jika dibandingkan dengan handphone biasa.

Namun dibalik keunggulannya menggunakan teknologi touchscreen atau layar sentuh, smartphone juga memiliki kekurangannya tersendiri, contohnya dalam urusan layar sentuh dimana beberapa pengguna smartphone mengeluhkan bahwa layar sentuh pada android nya tak berfungi sama sekali, tidak berfungsi sebagian, atau tidak merespon, hal ini dikenal jgua dengan istilah layar hp freeze karena tidak berfungsi sebagaimana mestinya layar sentuh.

Baca Juga : 10 Cara Mengatasi Touchscreen HP Mencet Sendiri

Hal seperti ini tentunya membuat ktia sebagai pengguna jengkel, tak hanya saya yang pernah mengalami hal seperti ini, banyak teman-teman saya pun mengalami hal demikian, namun jangan khawatir bagi sobat yang mengalami masalah pada layar sentuh android nya, jangan terburu-buru untuk langsung membeli layar touchscreen baru, selagi masih ada cara untuk ‘mengkali’ layar touchscreen yang tidak berfungsi sebagian bahkan tidak merespon sama sekali.

Penyebab Touchscreen Tidak Merespon Sebagian / Sama Sekali

Alangkah baiknya sebelum kita masuk ke inti pembahasan, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa sih yang jadi penyebab layar android saya tak berfungsi, tidak merespon sebagian, bahkan tak merespon sama sekali? ada beberapa hal yang jadi penyebab dari masalah ini seperti berikut.

  1. Terkena Air, rata-rata masalah yang sering saya temui ketika mencoba memperbaiki android teman, masalah utama kenapa layar touchscreen tak berfungsi karena terkena air, entah itu tetesan atau terkena air hujan, dan ketumpahan air minum menjadi hal yang sering ditemui, tetesan air sangat berpengaruh apabila terkena layar android.
  2. Terjatuh, Smartphone yang terjatuh memang menjadi salah satu hal yang paling sering terjadi, hal ini juga jadi penyebab kenapa layar smartphone jadi tak merespon sebagian, bahkan sampai tak merespon sama sekali.
  3. Menekan Terlalu Keras, kemudian menekan layar HP android yang terlalu keras juga bisa jadi penyebab kenapa layar android menjadi error atau tidak berfungsi ketika disentuh.
  4. Faktor Random Access Memory ( RAM ), kemudian nomor 4 adalah faktor RAM yang penuh karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan, juga jadi penyebab kenapa layar hp tidak bisa disentuh sebagian.
  5. Faktor Chargeran, banyak sekali pengguna smartphone yang mengkarnibalkan chargeran, tidak menggunakan charger original pun dapat menyebabkan layar smartphone tidak berfungsi.

Bagaimana Cara Mengatasi Layar Smartphone Yang Tidak Bisa Disentuh Layarnya?

Langkah pertama dan darurat apabila layar hp tidak bisa disentuh layarnya, tidak merespon ketika disentuh, maka langkah paling cepat yang bisa dilakukan yaitu dengan merestart smartphone yang sobat miliki.

21 Cara Memperbaiki Layar Touchscreen Tidak Merespon di Android

Nah sekarang mari kita masuk ke inti pembahasan tentang 21 Cara Memperbaiki Layar Touchscreen Tidak Merespon di Android dimana ada 21 cara yang bisa sobat lakukan untuk mengatasi layar hp yang tidak merespon sebagian atau keseluruhan dan berlaku untuk semua jenis smartphone serta semua merk seperti Xiaomi, Oppo, Samsung, Nokia dan beberapa merk lainnya, 21 cara ini saya rangkum dari setaip masalah yang saya temui ketika membantu orang memperbaiki layar HP nya, juga ketika membantu teman saya ketika mengalami masalah yang sama.

Cek Kapasitas RAM ( Random Access Memory )

Langkah pertama yang bisa sobat lakukan apabila layar touchscreen tidak berfungsi sebagian, atau tidak merespon sama sekali adalah dengan memeriksa kapasitas RAM / Random Access Memory dimana ini merupakan tempat penyimpanan sementara yang paling penting, ketika begitu banyak aplikasi yang dibuka secara bersamaan, otomatis kapasitas RAM akan berkurang, maka silahkan hapus aplikasi yang tidak penting agar RAM memiliki nafas yang sedikti lebih lega.

Periksa Kondisi Layar

Terjatuh masih jadi penybab tertinggi kenapa layar smartphone tidak merespon sama sekali, sehabis terjatuh biasanya sensor sensifitifas yang ada pada layar akna berkurang, jika terjadi kerusakan sobat bisa membawanya ke konter HP terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Cek Internal Memori

Selain RAM ada juga internal memori yang harus diperhatikan, apabila memori internal terlalu penuh, maka kinerja smartphone tidak akan optimal yang dapat menyebabkan lag, sehingga layar touchscreen akan berkurang efektifitasnya.

Gunakan Aplikasi Kalibrasi Layar

21 Cara Memperbaiki Layar Touchscreen Tidak Merespon di Android
Aplikasi Kalibrasi Layar Smartphone

Langkah berikutnya dalam 21 Cara Memperbaiki Layar Touchscreen Tidak Merespon di Android adalah dengan menggunakan software Kalibrasi Layar yang bisa diunduh di Google Playstrore kita bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk memeriksa apakah ada masalah pada layar smartphone atau tidak, hanya dalam beberapa sentuhan saja.

Matikan Ulang Smartphone

Selanjutnya adalah dengan melakukan restart pada smartphone, seperti yang saya tulis diawal, bahwa merestart smartphone merupakan langkah darurat yang bisa dilakukan.

Manfaatkan Fitur Safe Mode

Setiap smartphone kini sudah dilengkapi dengan fitur safe mode dimana setelah masuk ke safe mode ini, kita pilih menu respon layar nantinya kita bisa tahu apakah layar smartphone atau touchscreen bermasalah atau tidak, cara masuk safe mode sendiri berbeda-beda pada setiap HP.

Aktifkan Mode GPU 2 Rendering

GPU 2 Rendering sendiri merupakan salah satu fitur yang bisa mengembalikan efektifitas layar touchscreen ketika terjadinya tranmisi atau perpindahan, untuk mengatasi layar sentuh yang tidak merespon sobat bisa menggunakan salah satu cara ini.

Nonaktifkan Opsi Developer

Langkah berikutnya dalam 21 Cara Memperbaiki Layar Touchscreen Tidak Merespon di Android adalah dengan menonaktifkan opsi developer yang ada pada smartphone, Opsi Developer pada smartphone sendiri bisa menyebabkan efektifitas layar sentuh berkurang.

Rendam HP Dalam Beras

cara memperbaiki layar sentuh tidak berfungsi sama sekali
Merendam HP Dalam Beras

Merendam HP dalam beras memeang terkenal aneh dan nyeleneh, tapi cara ini bisa dibilang efektif dan pernah saya coba sendiri ketika layar HP saya terkena air hujan beberapa waktu lalu, dimana beras yang digunakan bisa menyerap air yang mengendap pada layar touchscreen smartphone.