Kacateknologi.com – 10 Cara Mengatasi Touchscreen HP Mencet Sendiri, layar smartphone yang seringkali bergerak dengan sendirinya memang sangatlah mengganggu karena kita tidak memerintahkan apapun keapda smartphone tetapi layar smartphone bergerak dan mencet-mencet sendiri baik itu sedang di cas ataupun ketika digunakan seperti biasanya.

Layar HP yang mencet sendiri ini familiar juga dengan sebutan ghost touch atau sentuhan hantu karena layarnya yang tiba-tiba bergerak sendiri meskipun tidak kita operasikan, nah bagi sobat yang mengalami masalah yang sama dengan saya, jangan khawatir karena pada artikel kali ini saya akan membahas tentang 10 Cara Mengatasi Touchscreen HP Mencet Sendiri dimana cara ini berfungsi bagi smartphone yang layarnya loncat-loncat ataupun naik turun serta mencet dan bergerak dengan sendirinya.

Sebelum kita masuk ke inti pembahasan langkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa yang jadi penyebab dari layar HP yang tiba-tiba bergerak, loncat-loncat, naik-turun atau bergerak dengan sendirinya karena tidak akan ada penyakit tanpa adanya penyebab, dan berikut ini adalah beberapa penyebabnya.

Baca Juga : 5 Tips Mengatasi Layar Smartphone Yang Retak

Apa Penyebab Layar HP Bergerak Sendiri?

berdasarkan survey yang saya lakukan dengan beberapa pengguna smartphone yang berbeda merk setidaknya ada 4 penyebab umum kenapa sebuah layar HP bisa bergerak dengan sendirinya, diantaranya sebagai berikut.

  1. Smartphone Overheat atau Kepanasan, terlalu lama menggunakan smartphone dalam jangka waktu yang cukup lama juga terlalu banyaknya aplikasi yang dibuka secara bersamaan dalam satu proses ( berjalan dibelakang layar ) bisa menjadi penyebab kenapa sebuah smartphone layar nya gerak atau loncat-loncat sendiri.
  2. Kerusakan Pada Sensor Layar, seperti yang kita ketahui sensor pada layar smartphone sangatlah sensitif sehingga ada kemungkinan kenapa layar smartphone bergerak sendiri karena adanya kerusakna pada sensor layar, setidaknya hal itu yang dialami oleh sahabat saya, dimana dia menggunakna smartphone bermerk samsung j2 prime.
  3. Baterai Android Sudah Berumur, Yang ketiga penyebab umum kenapa layar HP sering bergerak sendiri yaitu baterai android kita yang sudah berumur dan sudah mencapai batas limit, setidaknya hal ini dialami oleh sahabat saya yang saya survey langsung, dan dia menggunakan smartphone merk Oppo.
  4. Terkena Air, terkena air merupakan penyebab paling umum terakhir yang sering dialami, tidak mampu dipungkiri menghindarkan smarpthone dari air terkadang memang sulit dilakukan seperti terkena air hujan, dan lain sebagainya.

Diatas merupakan 4 penyebab umum kenapa sebuah layar smartphone sering bergerak dengan sendirinya atau yang juga dikenal dengan ghost touch.

Sekarang mari ktia masuk ke inti pembahasan tentang 10 Cara Mengatasi Touchscreen HP Mencet Sendiri dimana ada 10 cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi layar HP yang bergerak dan mencet-mencet sendiri.

10 Cara Mengatasi Touchscreen HP Mencet Sendiri

Ada 10 cara yang bisa sobat lakukan untuk setidaknya meminimalisir layar HP yang sering bergerak sendiri atau terkena ghost touch dan berikut ini adalah caranya.

1. Restart Smartphone

Melakukan restart pada smartphone merupakan langkah paling simple yang bisa sobat lakukan dengan menyalakan ulang smartphone maka akan membuat semua proses kembali lancar.

2. Isitrahatkan Smartphone

Kemudian berikutnya dalam 10 Cara Mengatasi Touchscreen HP Mencet SendiriSeperti yang saya katakan bahwa terlalu lama menggunakan smartphone bisa jadi penyebab kenapa layar HP sering bergerak sendiri, terlalu lama menggunakan HP tanpa diistirahatkan pun tidak bagus baik kesehatan smartphone karena akan menyebabkan overheat atau kepanasan, jadi sangat disarankan untuk mengisitirahatkannya selama 10-15 menit.

3. Bersihkan Layar Smartphone

Bersihkan layar smartphone dari debu dan kotoran yang menempel yang bisa menyebabkan terjadinya ghost touch menjadi cara yang juga bisa sobat lakukan, gunakan kapas dan lap lembut serta gosokkan secara perlahan pada layar, cara ini juga harus lekas dilakukan apabila layar ketetesan air walaupun sedikit, karena hal ini yang pernah saya laami ketika terkena tetesan air dan langsung menyebabkan ghost touch.

4. Ganti Baterai Smartphone

Keempat dalam 10 Cara Mengatasi Touchscreen HP Mencet Sendiri, Seperti penyebab kenapa layar HP bergerak sendirinya seperti yang saya tulis diatas, dimana salah satu penyebab layar HP sering bergerak sendiri adalah karena baterai yang sudah berumur, maka sobat sangat disarankan untuk megganti baterai smartphone.

Baca Juga : 5 Ciri Baterai Android Mengalami Kebocoran

5. Ganti Tempered Glass / Pelindung Layar

Langkah kelima dalam 10 Cara Mengatasi Touchscreen HP Mencet Sendiri adalah mengganti tempered glass atau pelindung layar smartphone, terkadang menggunakan tempered glass yang murahan memberikan efek negatif dan dapat menyebabkan ghost touch pada layar HP yang sobat miliki, silahkan ganti tempered glass yang ada saat ini dengan yang baru dan memiliki harga yang agak mahal, karena dimana ada harga disitu ada kualitas.

Baca Juga : 1 Cara Mengatasi Tempered Glass Bergelembung

6. Upgrade Sistem Operasi ( OS )

Yang keenam dalam mengatasi layar smartphone yang bergerak, loncat-loncat atau naik-turun sendiri adalah dengan memperbarui sistem operasi pada smartphone, ada kemungkinan terjadinya bugs atau kesalahan program pada sistem android sehingga menyebabkan layar hp mencet sendiri.

7. Selalu Gunakan Charger Original

Langkah ketujuh dalam 10 Cara Mengatasi Touchscreen HP Mencet Sendiri adalah dengan selalu menggunakan charger original, kebanyakan orang pada umumnya menggunakna charger seadanya karena berbagai alasan, padahal menggunakan charger berbeda dengan HP dapat menyebabkan aliran daya tidak stabil dan dapat menyebabkan layar smartphone bergerak dengan sendirinya.

8. Download Aplikasi Kalibrasi Touchscreen

Kemudian berikutnya sobat bisa menggunakan aplikasi kalibrasi touchscreen yang bisa kita unduh melalui google playstore, dengan menggunakan aplikasi ini kita akan tahu apakah layar smartphone dalam keadaan sehat ataupun rusak.

9. Mematikan Fitur Force GPU Rendering

Kemudian selanjutnya dalam 10 Cara Mengatasi Touchscreen HP Mencet Sendiri adalah dengan mematikan fitur force gpu rendering biasanya pada saat ktia membeli sebuah smartphone baru, fitur ini sudah otomatis menyala, untuk bisa mematikan fitur ini silahkan sobat masuk ke menu usb debugging ketika mengkoneksikan smartphone ke PC.

10. Bersihkan Layar Dengan Alkohol / Kayu Putih

Sebenarnya ada cairan khusus yang harus digunakan untuk membersihkan layar selain menggunakan alkohol atau kayu putih, tapi jika memiliki keterbatasan dalam biaya maka sobat bisa menggunakan cairan alkohol atau kayu putih yang bisa dituangkan kedalam kapas lembut sebagai media pengelapan, cara ini pernah saya lakukan sendiri dan terbukti bisa meminimalisir ghost touch pada layar HP.

Nah sobat demikianlah artikel tentang 10 Cara Mengatasi Touchscreen HP Mencet Sendiri semoga bermanfaat ya sobat.