Kaca Teknologi Official account of KacaTeknologi.com

4 Cara Mengatasi Wifi Laptop Putus Nyambung atau Disconnecting Sendiri

2 min read

4 Cara Mengatasi Wifi Laptop Putus Nyambung atau Disconnecting Sendiri

Kacateknologi.com – 4 Cara Mengatasi Wifi Laptop Putus Nyambung atau Disconnecting Sendiri, Koneksi Wifi Laptop yang seringkali putus nyambung atau disconnecting atau tidak connect dengan tiba-tiba atau dengan sendirinya merupakan salah satu masalah utama yang seringkali dialami oleh para pengguna laptop dan juga para penikmat internet, ketika sedang asyik-asyiknya berselancar di internet tetapi koneksi internet yang tiba-tiba terputus tentu membuat siapapun pengguna nya merasa jengkel.

Setidaknya hal itu yang pernah saya alami, ketika sedang berselancar di internet, tiba-tiba koneksi internet yang terhubung tiba-tiba terputus meskipun indikator wifi menunjukan aktif terkadang indikator tidak akan langsung bekerja ketika terputusnya sebuah koneksi internet ke perangkat yang tersambung dengan perangkat kita.

Lantas apa sih yang jadi penyebab dari terputusnya sebuah koneksi internet secara tiba-tiba? tentu tidak akan ada sebuah penyakit tanpa ada penyebabnya, lantas apakah ada solusinya juga? tentu saja ada karena pada artikel kali ini saya akan membahas tentang 4 Cara Mengatasi Wifi Laptop Putus Nyambung atau Disconnecting Sendiri setelah saya otak-atik akhirnya menemukan inti dari permasalahan yang saya alami, dan akhirnya hasil otak-atik saya membuahkan hasil.

Sebelum masuk ke inti pembahasan tentang 4 Cara Mengatasi Wifi Laptop Putus Nyambung atau Disconnecting Sendiri alangkah baiknya sobat mengetahui terlebih dahulu apa yang jadi penyebab dari terputusnya sebuah sambungan Wifi atau koneksi internet ke perangkat yang sedang kita gunakan, dalam kasus ini saya sedang menggunakan sebuah laptop.

Baca Juga : Cara Mengatasi Laptop Sony Vaio E Series Yang Tidak Bisa Terhubung ke Wifi 2020

Penyebab Koneksi Wifi Disconnecting Sendiri

Setelah saya perhatikan dan saya survey ke beberapa rekan saya yang pernah mengalami masalah yang sama, ada 4 point penyebab yang bisa disimpulkan diantaranya sebagai berikut.

  • Sinyal Wifi Yang Lemah, Sinyal lemah terkadang bisa jadi penyebab kenapa sebuah wifi sering disconnecting atau putus sendiri
  • Terlalu Banyak Perangkat Yang Terhubung / Terkoneksi, Terlalu banyaknya perangkat yang terhubung ke dalam sebuah jaringan juga bisa jadi penyebab kenapa wifi sering disconnecting sendiri
  • Modem Yang Sudah Uzur , Modem yang sudah terlalu tua juga bisa jadi penyebab kenapa sebuah wifi bisa tiba-tiba terputus, silahkan sobat ganti modem yang ada dengan yang baru, untuk bisa menggantinya, sobat bisa meminta ke provider penyedia layanan.

Diatas merupakan keempat penyebab kenapa sebuah koneksi wifi sering disconneting sendiri atau terputus dengan perangkat yang kita gunakan.

Jika sudah mengetahui penyebab 4 Cara Mengatasi Wifi Laptop Putus Nyambung atau Disconnecting Sendiri dimana cara ini bisa sobat lakukan sendiri dirumah tentunya.

Baca Juga : 7 Resiko Berbahaya Saat Menggunakan WiFi Publik

4 Cara Mengatasi Wifi Laptop Putus Nyambung atau Disconnecting Sendiri

Ada 4 cara yang bisa sobat lakukan untuk mengatasi wifi laptop putus nyambung atau disconnecting sendiri, dan berikut ini adalah langkah-langkahnya.

1. Forget Wifi dan Connect Lagi

Langkah pertama yang bisa sobat lakukan adalah dengan melupakan sejenak SSID ( nama jaringan ) yang sebelumnya telah terkoneksi dengan perangkat yang sobat gunakan, silahkan klik forget kemudian coba sambungkan kembali, disini saya menggunakan Sistem Operasi Windows 8.1 dan untuk melakukan cara pertama ini sangatlah mudah, dimana kita hanya perlu masuk ke jaringan yang tersedia, klik kanan, kemudian forget this network

4 Cara Mengatasi Wifi Laptop Putus Nyambung atau Disconnecting Sendiri
Forget This Network

Silahkan klik forget this network kemudian silahkan sambungkan kembali.

2. Restart Modem

Langkah kedua yang bisa sobat lakukan adalah melakukan restart modem yang ada, silahkan sobat matikan terlebih dahulu modemnya selama 10 detik jika sudah silahkan nyalakan kembali dan coba sambungkan lagi dengan perangkat yang sobat punya.

3. Update Driver Pada Laptop

Tidak dapat dipungkiri kalau driver yang ada pada laptop merupakan akar atau pondasi dari sebuah laptop untuk bisa berdiri kokoh dan bekerja sebagaimana mestinya jika sobat seringkali mengalami disconnecting atau sambungan internet yang tiba-tiba terputus, sobat bisa melakukan update driver sesuai dengan tipe laptop yang sobat punya disini saya menggunakan laptop Sony Vaio E Series dan sobat bisa mengunduh drivernya disini.

Baca Juga : Terbukti Cara Mempercepat Koneksi Interrnet Wifi Indihome Ampuh 100%

4. Restart Laptop

Yang terakhir yang bisa sobat lakukan dalam 4 Cara Mengatasi Wifi Laptop Putus Nyambung atau Disconnecting Sendiri adalah melakukan restart pada laptop yang digunakan, setelah melakukan restart laptop silahkan sobat hubungkan kembali dengan koneksi internet yang tersedia, biasanya sampai disini kita telah berhasil untuk mengatasi internet yang sering putus nyambung atau disconnecting dengan sendirinya.

cara ini bisa sobat lakukan pada semua jenis laptop dan semua jenis sistem operasi baik itu windows 7,8 dan juga 10 hanya dari segi tampilan dan fiturnya saja yang berbeda.

Nah sampai disini kita telah berhasil mengikuti tutorial 4 Cara Mengatasi Wifi Laptop Putus Nyambung atau Disconnecting Sendiri semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Kaca Teknologi Official account of KacaTeknologi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *