Kaca Teknologi Official account of KacaTeknologi.com

5 Langkah Mengatasi HP Sering Lag atau Ngehang Terbaru

2 min read

5 Langkah Mengatasi HP Sering Lag atau Ngehang Terbaru

Kacateknologi.com – 5 Langkah Mengatasi HP Sering Lag atau Ngehang Terbaru Di era yang serba modern dan serba berbau teknologi seperti sekarang ini tidak luput dari yang namanya penggunaan smartphone dimana smartphone atau HP saat ini merupakan sebuah barang wajib yang dimiliki semua orang dimana dengan hadirnya smartphone saat ini memang mampu membuat sebagian besar pengguna nya tergila-gila terhadap fitur yang disuguhkan, selain itu hadirnya smartphone juga bisa mempermudah pekerjaan manusia di era digital ini, tidak hanya itu smartphone juga dijadikan tempat untuk melepas akibat penatnya aktifitas bekerja seharian.

Sayangnya penggunaan smartphone tidak selamanya berjalan mulus karena ada beberapa faktor penyebabnya, salah satu masalah yang paling sering dialami pengguna smartphone adalah Lag atau ngehang dimana masalah ini seringkali terjadi pada smartphone yang sudah berumur cukup lama.

Kenapa Smartphone atau HP bisa Ngelag?

Ini merupakan pertanyaan yang seringkali muncul dipikiran para pengguna nya, ada beberapa faktor yang menyebabkan kenapa sebuah smartphone bisa terjadi demikian, diantaranya sebagai berikut.

  • Banyaknya Sampah di Smartphone
  • Kapasitas RAM yang kecil
  • Memori Internal Penuh
  • Terlalu Banyak Aplikasi
  • Terlalu banyak animasi yang berjalan

Lantas harus bagaimanakah cara agar HP atau smartphone yang kita tidak lag atau hang? ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir agar sebuah smartphone atau HP tidak lag atau hang, dan berikut ini adalah 5 Langkah Mengatasi HP Sering Lag atau Ngehang Terbaru

5 Langkah Mengatasi HP Sering Lag atau Ngehang Terbaru

1. Bersihkan Sampah Pada HP atau Smartphone

Langkah pertama yang bisa sobat lakukan adalah membersihkan sampah berupa cache pada smartphone cache ini biasanya merupakan sampah yang ditimbulkan dari aplikasi yang kita gunakan, dimana setiap aplikasi yang kita buka pastinya akan meninggallkan cache yang merupakan sampah.

5 Langkah Mengatasi HP Sering Lag atau Ngehang Terbaru
Aplikasi Pembersih Sampah Android

Untuk membersihkannya sobat bisa mengunduh aplikasi cleaner seperti 360 Security Safe yang merupakan aplikasi antivirus tetapi terdapat banyak fitur bermanfaat didalamnya seperti pembersih sampah.

Sobat bisa langsung mengunduhnya melalui google playstore, selain menggunakan bantuan aplikasi sobat juga bisa melakukan pembersihan sampah cache melalui cara manual dengan masuk ke setting pada setiap aplikasi tetapi cara ini cukup lama dan kurang efektif.

2. Sisakan Kapasitas Memori Internal pada Smartphone

Menyisakan ruang atau kapasitas pada memori internal merupakan hal yang wajib dilakukan dimana memori internal ini memiliki peranan yang sangat vital pada sebuah smartphone agar smartphone tetap berjalan lancar sisakan minimal 30% kapasitas ruang pada smartphone, cara meminimalisir nya adalah untuk tidak menginstall aplikasi yang tidak begitu dibutuhkan pada smartphone.

3. Pastikan RAM Memadai

Berikutnya di 5 Langkah Mengatasi HP Sering Lag atau Ngehang Terbaru adalah dengan memastikan kapasitas RAM ( Random Access Memory ) pada smartphone atau HP memadai, bersihkan atau buang aplikasi yang telah dibuka agar RAM tetap bekerja secara Optimal.

4. Mencadangkan Data ke Cloud Storage

Cloud Storage atua penyimpanan online merupakan sebuah tempat bagi kita untuk mencadangkan data secara aman tanpa memakan memori internal ataupun eksternal dengan mencadangkan data ke Cloud Storage juga bisa menghemat tempat yang tersedia di memori internal.

Baca Juga : Media Cloud Storage atau Penyimpanan Online Terbaik 2020

5. Melakukan Factory Reset

Yang terakhir tentang 5 Cara Mengatasi HP Sering Lag atau Ngehang Terbaru yang bisa sobat lakukan adalah dengan melakukan Factory Reset langkah ini merupakan langkah terakhir dan cukup darurat untuk dilakukan, sebenarnya hal ini sah-sah saja untuk dilakukan ketika performa smartphone atau HP sudah tidak memadai, Factory Reset merupakan sebuah proses yang mengembalikan smartphone atau HP ke setelan pabrik sama halnya seperti ketika kita pertama kali memiliki smartphone. Langkah ini merupakan langkah terakhir yang biasanya dilakukan oleh para pengguna smartphone dan manfaat yang dirasakan pun cukup nyata.

Dimana para pengguna smartphone yang telah melakukan Factory Reset ini menganggap performa nya menjadi jauh lebih baik dari sisi kinerja smartphone itu sendiri.

Nah sobat, demikianlah artikel tentang 5 Langkah Mengatasi HP Sering Lag atau Ngehang Terbaru yang bisa sobat lakukan.

Kaca Teknologi Official account of KacaTeknologi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *