Kacateknologi.com – 9 Keunggulan Telegram Dibandingkan Whatsapp Wajib Diketahui banyak para pengguna Aplikasi perpesanan Whatsapp yang berbondong-bondong pindah ke aplikasi pesaingnya yaitu Telegram belakangan ini pengguna Telegram sendiri terus meningkat pesat semenjak Whatsapp yang dikabarkan akan mengeluarkan kebijakan baru yang dinilai tidak aman dan tidak menjaga privasi para pengguna nya meskipun hal itu sempat dibantah oleh pihak Whatsapp melalui fitur Statusnya yang menyatakan jikalau Whatsapp tetap melindungi privasi pengguna nya.

Meskipun demikian tidak membuat surut para pengguna Whatsapp yang terus bermigrasi ke Telegram hal ini terbukti dengan banyaknya jumlah unduhan dan notifikasi langsung dari pihak Telegram bahwa aplikasinya telah mencapai 500 juta lebih pengguna.

Meskipun demikian masih ada juga yang ragu dan cukup berat untuk meninggalkan Whatsapp terlebih jika di Whatsapp terdapat banyak sekali chatting atau pesan yang cukup penting, selain itu ada juga yang berat meninggalkan Whatsapp karena sudah ikut berbagai macam komunitas yang tergabung didalamnya.

Lantas apa sih yang membuat si Telegram ini menjadi pelarian dari para pengguna WA ? berikut ini adalah 9 Keunggulan Telegram Dibandingkan Whatsapp Wajib Diketahui

9 Keunggulan Telegram Dibandingkan Whatsapp

1. Memiliki Fitur Username

9 Keunggulan Telegram Dibandingkan Whatsapp Wajib Diketahui
Tampilan Username Telegram

Sama halnya seperti pada sosial media, yang menjadikan Telegram unggul dibandingkan whatsapp karena telegram memiliki fitur username layaknya pada jejaring sosial media seperti twitter.

Baca Juga : Aplikasi Chat Pengganti Whatsapp 2021

Fungsi username ini bisa menjadi opsi ketika kita keberatan untuk memberikan nomor telpon yang bersifat privasi kepada orang lain, nah dengan memberikan username ini kamu tetap bisa berteman tanpa harus memberikan nomor telpon. Selain itu untuk urusan username, sobat juga bisa memilih sendiri nama username yang ingin digunakan, menarik bukan?

2. Kualitas Voice Call Lebih Baik

Pernah melakukan Voice Call menggunakan Telegram? jika belum silahkan dicoba kemudian bandingkan, dari hasil pengamatan saya Telegram memiliki kualitas Voice Call atau Panggilan Suara yang jauh lebih baik dibandingkan WA.

Yang membedakannya adalah suara noise atau bising di area sekitar, jika di Whatsapp akan terdengar secara jelas suara bising tersebut, berbeda dengan Telegram dimana kita tidak akan mendengar suara bising yang membuat kita nyaman untuk melakukan panggilan berjam-jam.

3. Fitur Mengedit Pesan

Jika pada Whatsapp pesan yang telah dikirim kemudian terdapat kesalahan maka solusinya harus dihapus, berbanding terbalik dengan Telegram jika kita salah mengetik kata kita bisa langsung mengeditnya tanpa harus menghapus pesan tersebut.

4. Bisa Menampung 200 Ribu Anggota Group Chat

Berikutnya di 9 Keunggulan Telegram Dibandingkan Whatsapp Wajib Diketahui adalah dimana Telegram bisa menampung hingga 200 ribu anggota dalam sebuah group chat atau percakapan, dengan kapasitas penampungan anggota sebesar 200 ribu tentunya sangat menguntungkan dimana kamu bisa membuat sebuah komunitas atau bahkan menawarkan jasa produk kamu melalui fitur group chat di Telegram.

5. Media Penyimpanan berbasis Cloud Storage

Ini merupakan salah satu fitur yang paling saya kagumi dimana Telegram memiliki penyimpanan berasis Cloud Storage atau Penyimpanan awan, dengan meenerapkan penyimpan ini tentunya tidak akan membuat memori internal di smartphone kita takut penuh. Selain itu data yang dicadangkan Telegram ke penyimpanannya pun tidak akan pernah hilang karena berbasis Cloud Storage.

Baca Juga : Media Cloud Storage atau Penyimpanan Online Terbaik 2021

Cloud Storage atau penyimpanan awan ini sama halnya seperti aplikasi Google Drive yang bisa menampung berbagai macam data secara aman.

6. Fitur Channel Yang Keren

Berikutnya 9 Keunggulan Telegram Dibandingkan Whatsapp Wajib Diketahui adalah adanya fitur channel pada telegram dimana kita bisa mengikuti channel favorit didalamnya selain itu tidak ada batasan dalam sebuah channel untuk bisa jadi pengikutnya.

7. Mendukung Banyak Akun

Jika pada Whatsapp kita hanya diperbolehkan atau hanya bisa memiliki 1 akun dalam 1 perangkat, berbeda halnya dengan Telegram dimana kita bisa memiliki maksimal 3 akun dalam 1 smartphone, selain itu kita juga diberi kemudahan ketika perpindahan akun layaknya pada instagram.

8. Support File Berukuran Besar

Ini juga merupakan salah satu keunggulan dari Telegram jika dibandingkan Whatsapp dimana di Telegram kita bisa mengirim berbagai macam file berukuran besar hingga kapasitas maksimal 1,5GB sedangkan pada Whatsapp hanya dibatasi maksimal 16MB.

9. Punya Fitur Secret Chat

yang terakhir didalam daftar 9 Keunggulan Telegram Dibandingkan Whatsapp Wajib Diketahui adalah fitur Secret Chat, jika diterjemahkan secara sederhana Secret Chat ini berarti Chat atau percakapan rahasia, fitur ini bisa dibilang sama dengan Insta story pada instagram dimana ketika umur chat sudah mencapai waktu 24 jam maka otomatis akan hilang dan dihapus, juga percakapan didalamnya tidak bisa diteruskan atau diforward.

Bagi sobat yang belum memiliki dan baru ingin mengunduh Telegram, bisa langsung diunduh melalui Google Playstore

nah sobat, itulah dia 9 Kunggulan Telegram Dibandingkan Whasapp Wajib Diketahui terlepas aplikasi chat mana yang harus digunakan? itu berbalik lagi ke pribadi sobat, mulai bermigrasi ke Telegram untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan bukanlah langkah yang salah. Begitu juga untuk tetap setia dengan Whatsapp juga tidak bisa dibilang salah, jadi silahkan tentukan pilihanmu, sobat.