Kacateknologi.com – 6 Cara Praktis Agar Suhu Laptop Tetap Dingin , Memiliki sebuah laptop saat ini nampaknya sudah menjadi hal lumrah dan bisa siapa saja memiliki laptop, dengan berbagai macam fungsi dan fleksibelitas nya membuat laptop sangat dikagumi oleh para pecinta gadget, selain ukuran yang tidak terlalu besar, laptop pun bisa dibawa kemana-mana dengan mudah, selain itu harga laptop yang kini semakin terjangkau membuat siapapun bisa untuk memilikinya.

Berbicara tentang sebuah perangkat elektronik, terutama laptop tentunya punya kelebihan dan kekurangan nya sendiri, dari segi kelebihan jika dibandingkan dengan PC tentunya laptop jauh lebih unggul, tetapi tentunya punya sisi kekurangan, pernahkah sobat menggunakan laptop dalam waktu yang cukup lama kemudian laptop yang digunakan tersebut mengalami overheating atau kepanasan ? ya, overheat atau kepanasan pada laptop merupakan salah satu kekurangan yang paling umum, namun jangan khawatir karena pada artikel ini saya akan berbagi pengalman tentang 6 Cara Praktis Agar Suhu Laptop Tetap Dingin

Baca Juga : Cara Mengatasi Laptop Mati Karena Overheating atau Terlalu Panas Padahal Baterai Masih Penuh 2020

6 Cara Praktis Agar Suhu Laptop Tetap Dingin

Cara yang akan saya sebutkan ini mungkin terlihat sepele, tetapi memiliki pengaruh yang luar biasa terhadap kesehatan laptop, lebih baik mencegah dari pada harus mengobati.

1. Gunakan Kipas Laptop

Yang pertama dalam artikel 6 Cara Praktis Agar Suhu Laptop Tetap Dingin , sobat bisa menggunakan kipas eksternal yang memang digunakan untuk laptop, biasanya pada saat kita membeli sebuah laptop, kita akan mendapatkan sebuah kipas eksternal yang nantinya dipasang pada laptop, tapi bagaimana jika tidak dapat? sobat bisa membelinya di toko-toko komputer atau online shop yang menjual aksesoris laptop dan menyesuaikan dengan merk laptop yang sobat punya.

2. Hindari Penggunaan Laptop Diatas Kasur

Menggunakan laptop diatas kasur, memang sangat nyaman bagi siapapun yang menggunakannya, tapi dibalik sebuah rasa nyaman itu muncul dampak negatif bagi laptop sobat, kenapa? karena permukaan yang ada pada kasur tidak rata dan hal tersebut tentunya akan mengakibatkan panas yang berlebih pada laptop, memang kasur menyerap panas yang dikeluarkan laptop, tetapi setelah itu akan mengembalikannya ke laptop.

Maka sangat diasarankan penggunaan laptop di tempat yang dingin seperti lantai, ataupun meja.

3. Atur Kecerahan Layar Laptop

Ketiga dalam artikel 6 Cara Praktis Agar Suhu Laptop Tetap Dingin yaitu dengan mengatur kecerahan layar pada laptop, cahaya yang terlalu terang pada layar laptop dapat meningkatkan panas yang dikeluarkan laptop, maka dari itu sangat disarankan untuk mengatur kecerahan layar laptop sesuai dengan kenyamanan mata sobat.

Baca Juga : Simak! Begini Cara Memilih Aksesoris Laptop yang Tepat

4. Matikan Laptop Secara Terjadwal

Tidak bisa dipungkiri, penggunaan laptop yang terlalu lama dan berlebihan menjadi faktor utama dalam terjadinya overheat atau panas berlebih pada laptop, sangat disarankan bagi sobat yang memiliki laptop untuk mengistirahatkan laptop secara terjadwal, dengan melakukan hal tersebut tentunya akan membuat laptop punya jeda untuk bernafas dan menyegarkan dirinya kembali.

5. Bersihkan Lubang Ventilasi Laptop

Layaknya sebuah rumah, laptop pun memiliki sebuah ventilasi udara yang membuat udara bisa masuk dan keluar, sangat disarankan untuk membersihkan ventilasi pada laptop secara teratur, untuk cara membersihkannya bisa menggunakan kuas kecil, atau lap lembut seperti kapas yang menyerap kotoran dan debu yang menumpuk pada ventilasi laptop.

6. Periksa Thermal Paste di Prosesor

Yang terakhir dalam artikel 6 Cara Praktis Agar Suhu Laptop Tetap Dingin, yaitu menambahkan thermal paste. Pernah membongkar sebuah PC atau komputer tabung? dan melihat ada sebuah gel yang menempel pada prosesornya? nah itulah yang dinamakan thermal paste pada sebuah prosesor, sobat bisa menambahkan gel thermal paste pada proseser laptop, dengan demikian harus membongkar laptop tentunya, tapi hal ini sangat disarankan karena dengan menambahkan thermal paste pada prosessor dapat mengurangi panas berlebih pada suhu laptop, untuk bisa mendapatkan thermal paste, sobat bisa membelinya di toko komputer.

Baca Juga : 5 Aplikasi Edit Video Yang Ringan Untuk PC atau Laptop

Mendinginkan Suhu Laptop Dengan Software

Nah saya yakin sobat bertanya-tanya ada gak sih cara mendinginkan suhu laptop menggunakan bantuan software? jawabannya ada, ada beberapa software yang bisa sobat coba, dan beberapa software pendingin suhu laptop adalah sebagai berikut.

Nah diatas merupakan software pendingin laptop yang cukup banyak digunakan oleh para pengguna laptop. Baiklah sobat demikianlah artikel tentang 6 Cara Praktis Agar Suhu Laptop Tetap Dingin