Kacateknologi.com – 4 Langkah Mudah Mengatasi Kamera Laptop Tidak Berfungsi , Kamera Laptop yang biasanya disebut dengan WebCam merupakan sebuah kamera berukuran kecil yang terkoneksi langsung dengan perangkat laptop, biasanya kamera kecil ini terdapat di bagian atas dari body laptop, Webcam sendiri merupakan kamera dengan banyak fungsi selain bisa digunakan untuk melakukan video call, mengambil gambar, dan lain-lain kamera pada laptop juga bisa digunakan untuk melakukan siaran langsung atau live streaming pada aplikasi sosial media.

Saat ini sudah banyak sekali para pengguna laptop yang memanfaatkan kamera laptopnya untuk melakukan live streaming atau siaran langsung seperti pada platform youtube, facebook, dan masih banyak lagi.

Dibalik kesederhanannya, penggunaan kamera laptop tidak selamanya berjalan mulus, terkadang ada sebuah masalah pada kamera laptop, seperti kamera nya tidak berfungsi ataupun tidak bisa diaktifkan, setidaknya hal itu yang saya alami beberapa waktu lalu, yang tentunya membuat jengkel dan agak kaget karena sebelumnya berfungsi dengan normal, setelah ditelusuri ternyata ada masalah pada driver yang ada di laptop saya, dimana file driver tersebut mengalami corrupt yang mengakibatkan kamera laptop tiba-tiba tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

apakah ada cara untuk mengatasi kamera laptop tidak berfungsi? tentu saja ada caranya, tidak akan ada penyakit tanpa adanya obat, pada artikel kali ini saya akan membahas 4 Langkah Mudah Mengatasi Kamera Laptop Tidak Berfungsi yang bisa sobat lakukan untuk memperbaiki kamera pada laptop sobat.

Baca Juga : 6 Cara Praktis Agar Suhu Laptop Tetap Dingin

4 Langkah Mudah Mengatasi Kamera Laptop Tidak Berfungsi

Ada 4 langkah mudah mengatasi kamera laptop tidak berfungsi yang bisa sobat lakukan sendiri, dan berikut adalah langkah-langkahnya, mari kita simak dengan seksama.

1. Install Ulang Driver pada Kamera

Driver merupakan sebuah software yang berfungsi menghubungkan aplikasi yang ada pada sistem windows dengan perangkat hardware, tanpa adanya driver sistem tidak akan bisa berkomunikasi dengan hardware, pada kasus kali ini contohnya kamera.

Yang pertama silahkan sobat melakukan install ulang driver pada laptop sobat dan pastikan driver kamera nya sesuai dengan tipe kamera atau spesifikasi laptop sobat, disini saya menggunakan laptop Sony Vaio E-Series maka bisa mengunduh drivernya pada situs resmi sony

2. Pastikan Kamera Laptop Dalam Keadaan Nyala

Langkah kedua yang bisa sobat lakukan yaitu dengan memastikan kamera pada laptop dalam keadaan on atau menyala, bagaimana cara memeriksanya? sobat bisa masuk kedalam menu device manager dan pastikan posisi kamera dalam keadaan enable, untuk bisa masuk ke menu device manager silahkan klik kanan pada logo windows, kemudian pilih menu device manager.

Baca Juga : Kiat Praktis Mempercepat Kinerja Laptop di Windows 7,8 dan 10

3. Lakukan Install Ulang Pada Laptop

Langkah ketiga yang bisa sobat lakukan dalam mengatasi kamera laptop tidak berfungsi, yaitu dengan melakukan install ulang pada laptop, loh kok install ulang? ya, install ulang ini bertujuan agar sistem kamera aktif, dengan catatan tentunya jangan lupa memasang driver kamera terlebih dahulu.

4. Lakukan Service Laptop

Cara terakhir yang bisa sobat lakukan untuk mengatasi kamera tidak berfungsi yaitu dengan membawa laptop ke tempat service laptop, cara ini merupakan cara terakhir jika dari segi software sudah mencoba semua cara tetapi masih belum bisa aktif, dengan membawanya ke tempat service sobat bisa melakukan perbaikan pada komponen hardware kamera.

Baca Juga : Tips Trik Merawat Laptop Agar Tetap Awet Yang Baik Dan Benar

Cara Mengaktifkan Fitur Kamera

Untuk cara mengaktifkannua sendiri, disini saya masih menggunakan windows 8, dimana cara mengkatifkannya sendiri sangatlah mudah dimana kita hanya perlu masuk ke menu pencarian windows, kemudian ketikan kata kunci kamera, maka kamera otomatis akan aktif dengan sendirinya.

Nah sobat demikianlah artikel tentang 4 Langkah Mudah Mengatasi Kamera Laptop Tidak Berfungsi dimana sobat bisa melakukannya sendiri dirumah untuk point nomor satu sampai tiga, untuk cara keempat bisa sobat lakukan jika cara 1 sampai 3 tidak berfungsi, maka opsi terakhirnya adalah dengan mengganti komponen yang ada pada kamera.