Apa Itu Modem? Fungsi Modem, dan Jenis-Jenis Modem

Apa Itu Modem? Fungsi Modem, dan Jenis-Jenis Modem

oleh | Sep 2, 2020 | Dunia Komputer, Tips Informasi

KacaTeknologi.com – Adanya internet tidak dapat terlepaskan dari yang namanya perangkat keras (hardware) yang bertugas untuk mendistribusikan data agar tepat pada jalurnya. Perangkat pendukung internet contohnya seperti, Router, Transmitter, Switch, Bridge, Modem, dan lain sebagainya memiliki peran yang sangat penting agar internet dapat terhubung dengan baik.

Mungkin Anda masih asing dengan beberapa istilah tersebut, salah satunya adalah Modem. Oleh karena itu, memahami Apa Itu Modem? Fungsi Modem, dan Jenis-Jenis Modem merupakan salah satu hal yang perlu Anda ketahui yang akan dijelaskan pada artikel ini.

Seperti yang kita pahami, modem biasanya digunakan agar kita dapat mengakses internet baik dari perangkat mobile maupun komputer/laptop. Ya memang betul seperti itu! Hanya saja, Modem memiliki fitur yang jauh lebih banyak dibandingkan hanya sebagai penghubung internet ke perangkat saja.

Selain itu, ada berbagai macam jenis-jenis modem yang memiliki spesifikasi tertentu dan tujuan diciptakannya. Dengan demikian, Anda diharapkan akan memahami modem mana yang Anda butuhkan sehingga koneksi jaringan dapat berjalan dengan baik.

Apa Itu Modem? Pentingkah Modem Dalam Jaringan Internet?

Apa Itu Modem? Fungsi Modem, dan Jenis-Jenis Modem

Apa itu modem? Pengertian modem adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat seperti komputer, ponsel dan perangkat jaringan lainnya agar memiliki akses internet. Modem merupakan kepanjangan dari “Modulator-Demodulator” yang berfungsi untuk mengubah data menjadi informasi yang dapat dibaca.

Modem juga biasanya digunakan untuk memodulasi sinyal pada saluran telepon atau saluran analog, kemudian sinyal tersebut akan diubah menjadi sinyal digital dan barulah informasi dikirimkan ke perangkat seperti komputer. Informasi digital inilah yang Anda sering lihat sehari-hari, contohnya seperti browsing atau streaming video.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Lampu Los Merah Menyala Pada Modem IndiHome

Berdasarkan penjelasan di atas, kita pahami bahwa modem ini sangat penting dalam jaringan internet. Karena tanpanya, informasi yang beredar di internet tidak dapat Anda baca sama sekali.

Fungsi Modem

Fungsi Modem

Modem merupakan perangkat keras yang termasuk kategori half duplex dalam data transmission karena dapat mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital dan sebaliknya dalam waktu bersamaan. Pada penjelasan di atas sebenarnya sudah dijelaskan mengenai fungsi modem sendiri. Namun untuk lebih mudahnya Anda bisa membaca ringkasannya di bawah ini.

Berikut adalah fungsi modem yang harus Anda ketahui:

  • Modem berfungsi untuk menghubungkan perangkat keras agar terkoneksi pada jaringan.
  • Modem berfungsi sebagai alat pengubah sinyal analog menjadi sinyal digital dan sebaliknya.
  • Modem bertugas untuk mengubah paket data menjadi informasi yang dapat dibaca oleh manusia.
  • Modem bertugas untuk melakukan kegiatan modulasi dan demodulasi.
  • Modem bertugas untuk mengkompres data dan memperkecil terjadinya packet loss pada pengiriman data.

Setelah memahami bagaimana cara kerja modem atau fungsi modem, Anda juga tidak boleh melupakan tentang jenis-jenis modem. Setidaknya terdapat sembilan jenis modem yang perlu Anda ketahui agar menambah pemahaman mengenai karakteristik dan fungsinya secara mendalam.

Jenis-Jenis Modem dan Karakteristiknya

Jenis-Jenis Modem dan Karakteristiknya

Masing-masing jenis modem digunakan sesuai kebutuhan penggunanya. Karena penggunaan modem yang tidak tepat justru hanya akan memperburuk koneksi jaringan / internet. Namun untuk modem yang menggunakan teknologi broadband, modem tersebut mentransfer data jauh lebih cepat sehingga cocok untuk digunakan dimanapun baik dalam skala kecil maupun besar.

1. Modem Eksternal

Apa itu Modem Eksternal? Modem Eksternal adalah modem yang berfungsi untuk mengirimkan data kepada komputer agar komputer dapat mengakses internet. Pengkonversian sinyal digital menjadi sinyal analog dan sinyal analog menjadi sinyal digital terjadi pada jenis modem eksternal ini.

2. Modem Internal

Apa itu Modem Internal? Modem internal adalah modem yang dipasang pada bus card yang terdapat di dalam komputer. Modem Internal cenderung memiliki harga yang lebih murah daripada modem eksternal karena tidak memerlukan power supply. Modem internal berfungsi untuk memproses data yang dikirimkan dari modem eksternal menjadi informasi yang dapat dibaca di komputer. Modem internal juga berfungsi cukup baik untuk aplikasi remote serial console.

3. Modem ISDN

Apa itu Modem ISDN? Modem ISDN adalah singkatan dari “Integrated Services Digital Network” yaitu sistem jaringan telepon circuit-switched yang mentransmisikan data dan suara melalui saluran digital. Anda juga dapat menganggapnya sebagai perangkat standar komunikasi dalam mengirimkan data, suara, dan pensinyalan.

4. Modem GSM

Apa itu Modem GSM? Modem GSM adalah modem yang menggunakan telepon seluler sebagai media sistem utamanya dalam proses pengiriman data. Modem GSM juga mendukung penggunaaan kartu SIM (SIM Card) yang dikeluarkan oleh provider jaringan. Kurang lebih modem GSM ini bentuknya hampir serupa dengan telepon seluler.

5. Modem Analog

Apa itu Modem Analog? Modem Analog adalah modem yang digunakan untuk transmisi data asynchronous melalui jalur Plain Old Telephone Service (POTS). Seperti namanya, modem analog akan membentuk sinyal analog yang nantinya akan diubah menjadi sinyal digital. Untuk mengirimkan data melalui saluran telepon, modem memodulasi sinyal digital yang masuk ke frekuensi dalam jangkauan saluran telepon analog (antara 300 Hz dan 3,3 kHz).

6. Modem Kabel

Apa itu Modem Kabel? Modem Kabel adalah jenis modem yang menghubungkan perangkat komputer dengan Internet Service Provider (ISP). Berbeda dari jenis modem lainnya, modem kabel menggunakan kabel coaxial sebagai media transmisi datanya seperti kabel yang digunakan pada TV.

Baca Juga: Kumpulan Password & Username Modem ZTE F609 IndiHome Terbaru

Modem kabel melakukan konversi yang sangat penting melalui kabel coaxial dan kabel ethernet yang terhubung langsung ke perangkat komputer atau router jaringan. Namun, beberapa perangkat modem kabel modern dilengkapi dengan integrated router, yang berarti Anda tidak memerlukan dua perangkat terpisah yang terhubung melalui kabel ethernet dan port untuk mengakses internet.

7. Modem ADSL

Apa itu Modem ADSL? Modem ADSL adalah teknologi yang menawarkan kecepatan koneksi yang lebih cepat daripada yang ditawarkan oleh koneksi tradisional seperti saluran telepon dial-up. ADSL merupakan singkatan dari Asymmetric Digital Subscriber Line dan teknologi ini berhasil menjalankan banyak koneksi Internet di seluruh dunia.

ADSL memiliki fleksibilitas yang tinggi. Namun kini ADSL sudah mulai redup penggunaannya dikarenakan hadir teknologi baru yang bernama fiber optik. Fiber optik memiliki koneksi yang lebih cepat ke Internet dan jauh lebih baik daripada ADSL dalam hal pengiriman data, karena fiber optik menggunakan serat kaca sebagai media utamanya.

8. Wireless Modem

Apa itu Wireless Modem? Wireless Modem adalah modem yang menggunakan sinyal, gelombang cahaya, atau gelombang radio sebagai media transmisi data ke perangkat komputer. Anda mungkin familiar dengan istilah Wireless Fidelity atau “Wi-Fi”, modem yang Anda sebut Wi-Fi itu adalah jenis modem wireless yang memungkinkan Anda untuk terhubung ke internet tanpa adanya saluran fisik seperti kabel.

9. Modem CDMA

Apa itu Modem CDMA? Modem CDMA adalah modem nirkabel yang bekerja dengan jaringan CDMA. Modem nirkabel berperilaku seperti modem dial-up yang kompatibel dengan modem jenis Hayes. Hayes ini mengirim dan menerima data melalui saluran telepon, sedangkan modem CDMA akan mengirim dan menerima data menggunakan gelombang radio.

Modem CDMA dapat berupa unit eksternal atau kartu PCMCIA (disebut juga PC Card). Modem CDMA eksternal dapat dihubungkan ke komputer menggunakan serial cable, USB cable, Bluetooth atau Infrared. Tidak seperti modem terdahulu yaitu GSM, modem CDMA tidak memerlukan kartu SIM dari operator nirkabel agar dapat digunakan. Modem CDMA dapat diaktifkan apabila Anda sudah berlangganan ke penyedia layanan CDMA.

Itulah jenis-jenis modem yang perlu Anda ketahui. Sebelumnya saya menyinggung mengenai Dial-Up dan Broadband di atas, untuk mengetahui apa itu Dial-Up dan Broadband yang digunakan pada modem, silakan dilanjut membacanya.

Macam-Macam Teknologi yang Digunakan Pada Modem

Macam-Macam Teknologi yang Digunakan Pada Modem

Modem juga menggunakan teknologi khusus dalam proses pertransferan data agar dapat berjalan dengan baik. Terdapat dua teknologi yang digunakan pada modem, yaitu Dial-Up Modem dan Broadband Modem. Berikut penjelasannya:

1. Dial-Up Modem

Apa itu Dial-Up Modem? Dial-Up Modem adalah modem yang digunakan pada jaringan jenis dial-up yang mengubah data dari bentuk analog yang digunakan pada saluran telepon dan bentuk digital yang digunakan pada komputer.Modem jaringan dial-up modern dapat mengirimkan data dengan kecepatan maksimum 56.000 bit per detik. Namun, dikarenakan adanya keterbatasan yang ada pada jaringan telepon umum, hal tersebut menyebabkan turunnya kecepatan data modem menjadi 33,6 Kbps atau lebih rendah dari itu.

2. Broaband Modem

Apa itu Modem Boradband? Modem broadband adalah jenis modem yang menggunakan teknologi broadband yang merupakan teknologi terbaru dari dial-up. Contoh dari modem broadband seperti yang digunakan untuk DSL atau akses internet kabel menggunakan teknik pensinyalan yang canggih guna mencapai kecepatan jaringan yang jauh lebih tinggi daripada modem dial-up.

Baca Juga: Password Modem Huawei Indihome Terbaru dan Terlengkap

DSL, modem kabel, dan fiber optik merupakan implementasi dari teknologi broadband. Adapun untuk daerah yang tidak dicakup oleh layanan kabel, maka jaringan Wi-Fi adalah solusinya. Contohnya adalah seperti berikut:

  • Internet Satelit – Broadband dapat menggunakan satelit sebagai media untuk pengiriman data dari perusahaan satelit sendiri kepada setiap pelanggan. Internet Satelit adalah akses untuk mendapatkan internet yang paling mahal. Namun, Internet Satelit dapat menjadi satu-satunya cara agar daerah terpencil dapat menggunakan internet meskipun tidak terjangkau oleh layanan kabel termasuk fiber optik.
  • ISP Tanpa Kabel – ISP tanpa kabel ini menggunakan sistem radio yang bernama Wi-Fi IEEE 802.11 untuk menghubungkan setiap titik yang berjauhan kemudian koneksi tersebut diteruskan ke pelanggan sehingga pelanggan dapat memiliki akses internet.
  • T-1/DS-1 – T-1/DS-1 adalah satu koneksi yang memungkinkan para pelanggan di daerah terpencil yang menginginkan kecepatan internet sangat tinggi menggunakan teknologi broadband. Hanya saja, biayanya sangatlah mahal dan biaya dihitung sesuai jarak pelanggan ke penyedia internet. Untuk saat ini T-1/DS-1 masih dalam tahap pengembangan.

Demikian artikel mengenai Apa Itu Modem? Fungsi Modem, dan Jenis-Jenis Modem. FYI, modem dengan media transmisi menggunakan sinyal agak sedikit lambat dibandingkan dengan modem kabel, karena wireless modem lemah dalam menembus dinding atau pohon. Mungkin itu saja, semoga bermanfaat!

Oleh Kaca Teknologi

Official account of KacaTeknologi.com

Postingan Terkait:

1 Cara Mengatasi Tempered Glass Bergelembung

1 Cara Mengatasi Tempered Glass Bergelembung

Kacateknologi.com - 1 Cara Mengatasi Tempered Glass Bergelembung semakin lama perkembangan teknologi semakin pesat dan semakin berkembang khusunya dalam urusan smartphone dimana para produsen smartphone berlomba-lomba untuk membuat sebuah smartphone yang kini sudah...

baca lainnya

0 Komentar

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *