Kaca Teknologi Official account of KacaTeknologi.com

3 Cara Mengatasi Laptop Yang Tidak Bisa Dipencet atau Ngehang

2 min read

3 Cara Mengatasi Laptop Yang Tidak Bisa Dipencet atau Ngehang

Kacateknologi.com – 3 Cara Mengatasi Laptop Yang Tidak Bisa Dipencet atau Ngehang, Penggunaan laptop tak selamanya berjalan lancar dan mulus, terkadang jika sudah waktunya akan timbul berbagai masalah diantaranya Laptop Tidak Bisa Dipencet atau Ngehang dimana masalah tersebut merupakan masalah yang cukup lumrah di kalangan para pengguna laptop.

Bagi sobat yang saat ini mungkin memiliki masalah yang sama, yaitu ketika laptop yang digunakan tidak bisa bergerak, tidak bisa dipencet, dan ngehang begitu saja, pada artikel ini akan saya bahas tentang 3 Cara Mengatasi Laptop Yang Tidak Bisa Dipencet atau Ngehang.

Baca Juga : Cara Menutup Aplikasi Yang Hang Lag atau Macet di Laptop atau Komputer

3 Cara Mengatasi Laptop Yang Tidak Bisa Dipencet atau Ngehang

Laptop yang Tidak bisa dipencet, alias ngehang ini memiliki beberapa perbedaan tergantung dari apa yang menjadi penyebabnya, namun tetap bisa diatasi sendiri dengan 3 cara berikut ini.

1. Mengatasi Laptop Ngehang Melalui BIOS

Langkah pertama dalam 3 Cara Mengatasi Laptop Yang Tidak Bisa Dipencet atau Ngehang adalah dengan melalui BIOS ( Basic Input Output System ) dan berikut ini adalah beberapa tips nya.

  1. Restart Laptop, langkah tercepat yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan restart pada laptop apabila laptop mengalami hang, jika restart secara umum tidak bisa, sobat bisa menggunakan tombol Shutdown secara paksa pada tombol power laptop.
  2. Disable Fitur BIOS Cache, setelah berhasil masuk ke menu BIOS silahkan sobat cari menu BIOS Cache kemudian disable fiturnya, jika sudah sobat bisa kembali menyalakan laptop setelah menekan tombol enter.

Cara diatas terbukti ampuh mengatasi laptop yang tidak bisa dipencet atau ngehang.

2. Mengatasi Laptop Ngehang Ketika Mulai

3 Cara Mengatasi Laptop Yang Tidak Bisa Dipencet atau Ngehang
Proses Booting

Pernahkah sobat mengalami masalah laptop yang ngehang ketika baru dinyalakan? biasanya hal ini terjadi ketika laptop baru saja dinyalakan dan mulai masuk ke menu Windows ( dalam hal ini disebut juga dengan booting ).

Untuk mengatasi laptop yang ngehang ketika booting, sobat bisa melakukan cara berikut ini.

  • Scan Menggunakan Antivirus, tidak menutup kemungkinan ketika adanya sebuah virus yang menginfeksi laptop jadi penyebab laptop seirng ngehang silahkan sobat gunakan antivirus dan lakukan scanning pada laptop yang sobat punya.
  • Lihat dan Bersihkan RAM, jika cara kedua belum juga behasil, silahkan diperiksa lagi apakah RAM yang digunakan kotor? jika iya, maka sangat disarankan untuk dibersihkan.

3. Atasi Laptop Ngehang atau Tidak bisa Dipencet dengan Task Manager

Langkah terakhir dalam 3 Cara Mengatasi Laptop Yang Tidak Bisa Dipencet atau Ngehang adalah melalui Task Manager, dimana task manager ini memiliki peranan yang mampu menutup sebuah program yang jadi penyebab laptop menjadi hang.

Caranya sebagai berikut.

  • Tekan tombol Crtl + Alt + Del
  • Buka Task Manager
  • Cari Program Yang Jadi Penyebab Lag / Hang
  • Klik Tab atau Menu End Task pada program yang dipilih
  • Selesai
3 Cara Mengatasi Laptop Yang Tidak Bisa Dipencet atau Ngehang
Task Manager

Maka ketika kita menutup sebuah program yang jadi penyebab laptop hang, otomatis kinerja lapotp akan kembali seperti semula.

Sampai disini sebenarnya kita sudah berhasil mengikuti panduan 3 Cara Mengatasi Laptop Yang Tidak Bisa Dipencet atau Ngehang. Tapi belum lengkap rasanya kalo tidak membahas apa aja yang jadi penyebab laptop tidak bisa dipencect alias ngehang.

Baca Juga : Cara Ampuh Mengatasi Laptop Black Screen

Penyebab Laptop Tidak bisa Dipencet atau Ngehang

ada beberapa penyebab kenapa laptop tidak bisa dipencet atau yang sering disebut dengan istilah ngehang.

  • Terlalu Banyak Program Berat, terlalu banyaknya program yang dibuka dalam waktu yang bersamaan kemudian tidak diimbangi oleh spesifikasi laptop yang memadai, bisa jadi penyebab kenapa laptop ngehang maupun tidak bisa dipencet.
  • Media Penyimpnaan Yang Kurang, terlalu sedikit ruang penyimpanan pada laptop bisa jadi penyebab kenapa laptop sering ngehang, untuk mengatasinya sobat bisa membeli harddisk tambahan / harddisk eksternal.
  • Virus Yang Menginfeksi, Tak jarang virus yang menginfeksi sangat berbahaya, selain membuat laptop bermasalah virus juga membuat lapotp menjadi ngehang.

Diatas merupakan 3 penyebab utama kenapa laptop tidak bisa dipencet atau ngehang.

Penutup, 3 Cara Mengatasi Laptop Yang Tidak Bisa Dipencet atau Ngehang sendiri sangat mudah dilakukan, dimana ada 3 cara paling sederhana yang bisa diterapkan.

Demikianlah artikel tentang 3 Cara Mengatasi Laptop Yang Tidak Bisa Dipencet atau Ngehang , selamat mencoba.

Kaca Teknologi Official account of KacaTeknologi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *