Mengenal AR Copy Paste, Alat Untuk Copy Paste Benda Nyata Menjadi Gambar

oleh | Jun 5, 2020 | Tips Informasi

Apa itu AR Copy Paste? AR Copy Paste adalah aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk copy paste (copas) benda nyata menjadi gambar pada komputer.

KacaTeknologi.com – Seorang desainer sekaligus programmer yang bernama Cyril Diagne menciptakan sejenis aplikasi menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) yang dapat menangkap benda / objek nyata kemudian mengubahnya menjadi gambar yang dapat diaplikasikan ke program pengolah gambar di komputer seperti Adobe Photoshop hanya dalam beberapa detik.

Apa itu AR Copy Paste?

AR Copy Paste adalah aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk mengambil foto pada suatu objek di dunia nyata lalu objek tersebut akan diseleksi sehingga tidak akan menyatu dengan objek lainnya termasuk latar belakang.

AR Copy Paste adalah aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk mengambil foto pada suatu objek di dunia nyata lalu objek tersebut akan diseleksi sehingga tidak akan menyatu dengan objek lainnya termasuk latar belakang. Kemudian AR Copy Paste akan menjatuhkan objek yang dipilih menjadi sebuah gambar ke dalam program komputer sesuai tindakan kamera pada smartphone pengguna.

Diagne mengatakan bahwa biasanya untuk proses seleksi memakan waktu beberapa menit, namun dengan aplikasi ini proses seleksi objek hanya dilakukan beberapa detik saja.

“Berkat perkembangan teknologi modern mengenai pembelajaran mesin, sekarang mungkin merupakan cara yang tepat dalam mendeteksi orang dan objek di sekitar Anda, menghapus latar belakang secara otomatis, dan mentransfer hasilnya ke hampir semua perangkat lunak di komputer Anda,” kata Diagne.

AR Copy Paste sendiri dapat digunakan untuk berbagai macam aplikasi pengolah gambar atau aplikasi grafis lainnya, seperti produk Adobe, Powerpoint, Keynote, MS Paint, dan juga Google Docs. Tidak menutup kemungkinan aplikasi lainnya pun akan segera didukung untuk menggunakan aplikasi ini.

AR Copy Paste dapat digunakan pada smartphone dengan platform Android dan juga iOS.

Bagaimana AR Copy Paste Bekerja?

Perancang aplikasi ini menggunakan dua jenis teknologi open-source agar aplikasi dapat bekerja dengan maksimal, yaitu Boundary-Aware Salient Object Detection (BASNet) dan Scale Invariant Feature Transform (SIFT).
Perancang aplikasi ini menggunakan dua jenis teknologi open-source agar aplikasi dapat bekerja dengan maksimal, yaitu Boundary-Aware Salient Object Detection (BASNet) dan Scale Invariant Feature Transform (SIFT).
Teknologi tersebut akan mendeteksi objek di dunia nyata dan mengisolasi gambar sehingga latar belakang gambar secara otomatis dihapus. BASNet memungkinkan aplikasi untuk mendeteksi objek dan menghapus latar belakang, sementara SIFT mencocokkan koordinat pada ponsel dengan layar komputer, untuk memastikan objek ditempatkan di tempat yang diinginkan oleh pengguna.
SIFT akan mencocokkan koordinat pada ponsel dengan layar komputer, untuk memastikan objek ditempatkan di tempat yang diinginkan oleh pengguna.
“AR Copy Paste berasal dari penelitian pribadi dalam desain interaksi, mengeksplorasi bagaimana pembelajaran mesin dapat membantu membuat interaksi kita dengan sistem digital lebih alami,” Diagne menjelaskan.
AR Copy Paste nyatanya memiliki manfaat yang lebih luas lagi seperti, membantu untuk membuat presentasi lebih menarik dan konten untuk media sosial dan penjualan online. Jadi tidak perlu menggunakan model produk atau objek yang lain untuk konten yang dibuat, cukup gunakan AR Copy Paste saja.
Saat ini AR Copy Paste masih dalam tahap pengembangan sehingga aplikasi masih belum dirilis. Namun jika Anda ingin mendapatkan akses untuk mencoba aplikasinya ketika sudah dirilis, Anda bisa mengunjungi situs resminya di arcopypaste.app kemudian klik tombol Request Access dan masukkan email Anda untuk mendapatkan notifikasinya.
Apabila Anda ingin ikut serta dalam mengembangkan aplikasi ini, Anda bisa merujuk pada tautan berikut: https://github.com/cyrildiagne/ar-cutpaste.

Bagaimana teknologi semakin canggih bukan? Sudah saatnya kini kita lebih update lagi terhadap perkembangan teknologi agar tidak tertinggal, karena teknologi sendiri selalu ada yang baru setiap tahunnya. Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat!

Oleh Kaca Teknologi

Official account of KacaTeknologi.com

Postingan Terkait:

0 Komentar

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *