Kaca Teknologi Official account of KacaTeknologi.com

Cara Kompres Data Tanpa Aplikasi 2021

2 min read

Cara Kompress Data Tanpa Aplikasi 2021 1

Kacateknologi.com – Cara Kompres Data Tanpa Aplikasi 2021 , Sebuah file yang berserakan di suatu tempat penyimpanan seperti harddisk biasanya akan memakan tempat penyimpanan yang cukup besar karena memiliki ukuran file yang asli sesaat setelah disimpan hal ini menyebabkan ruang penyimpanan pada sebuah harddisk tentunya menjadi penuh lantas ada gak sih cara supaya file tersebut tidak lagi berserakan kemudian bisa disusun secara rapih? tentu saja ada cara yang bisa dilakukan untuk merapihkan itu semua, dan cara tersebut akan saya bahas pada artikel kali ini yaitu Cara Kompres Data Tanpa Aplikasi 2021

Jika biasanya kita seringkali melakkan kompresi pada sebuah file PDF, foto, ataupun dokumen tertenu dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga atau kompresi online, pada cara kali ini akan sedikit berbeda karena saya tidak akan menggunakna tool atau bantuan alat online apapun.

Baca juga : 4 Cara Memperkecil Ukuran PDF Online di PC dan Android

Definisi Kompres atau Kompresi Data

Sebelum masuk ke inti pembahasan tentang Cara Kompres Data Tanpa Aplikasi 2021 alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa sih defisini kompres atau kompresi itu sendiri? Kompres atau Kompresi adalah sebuah proses dimana file-file yang berceceran di suatu penyimpanan dikelompokkan menjadi 1 tempat dan tersusun secara rapih serta adanya proses pengurangan ukuran file dari ukuran aslinya.

Sekarang sudah paham kan apa definisi dari Kompres atau Kompresi Data itu sendiri? untuk caranya sendiri yang akan saya lakukan dibawah ini cukup mudah, tidak memakan waktu lama, bisa juga dilakukan tanpa koneksi internet dan yang terpenting tanpa menggunakan software tambahan, karena bagi sebagian orang menggunakan software tambahan cukup ribet dan memakan waktu untuk mengunduhnya terlebih dahulu.

Cara Kompres Data Tanpa Aplikasi 2021

Nah sekarang kita masuk ke inti pembahasan tentang Cara Kompres Data Tanpa Aplikasi 2021 caranya sendiri sangatlah mudah dan sederhana yang perlu sobat lakukan adalah sebagai berikut.

  • Kumpulkan File yang ingin Dikompres
  • Usahakan File atau Data yang berserakan berada pada satu drive yang sama, contoh disini saya menyimpan file saya yang berserakan pada drive E

Jika kedua point diatas sudah berhasil dilakukan, kita lanjut ke langkah berikutnya dimana yang harus sobat lakukan adalah melakukan Blok atau klik tahan geser pada file maupun data yang akan kita kompres nantinya.

Jika sudah di blok selanjutnya sobat tinggal klik kanan pada file yang ingin dikompres kemudian klik kanan dan pilih menu send to pilih compressed dan pilih zip

Jika masih bingung dengan penjelasan saya diatas mari kita simak dengan seksama gambar berikut ini ya sobat.

Cara Kompres Data Tanpa Aplikasi 2021
Proses Kompresi Data Tanpa Aplikasi

Nah diatas merupakan sebuah proses ketika proses Kompres Data Tanpa Aplikasi sedang berlangsung, contoh diatas saya ingin melakukan kompres data pada file yang sudah saya blok kita hanya perlu menunggu hasil proses kompres data yang biasanya tidak memakan waktu lama tergantung seberapa banyak file atau data yang ingin di kompres.

Bagaimana dengan Size atau Ukurannya? berbeda dengan cara kompres data jika kita menggunakan tool online, melakukan kompresi menggunakan Zip lebih cepat dan merupakan cara yang efesien, selain itu dari segi ukuran otomatis langsung berkurang ya sobat dan hal ini sudah saya buktikan sendiri tentunya.

Baca Juga : 5 Cara Mengubah File PDF ke Word Secara Online & Offline Terbaru

Apakah bisa Ukuran yang telah di kompres dengan ZIP diperkecil lagi menggunakan tool online? sebenarnya bisa saja selagi file atau data yang akan diperkecil lagi merupakan sebuah file berbentuk PDF ataupun Word, tetapi jika file nya memiliki ekstensi jpg atau sebuah foto maka cara ini sangat tidak disarankakn karena akan mengurangi kualitas dari foto itu sendiri.

Definisi ZIP

Nah karena pada tutorial kali ini saya menggunakan bantuan ZIP untuk melakukan kompres data ataupun file, tidak lengkap rasanya jika kita tidak membahas dari ZIP itu sendiri, apa sih ZIP itu? ZIP adalah Zone Improvement Plan merupakan sebuah serangkaian kode pos yang digunakan oleh United States Postal Service atau disingkat USPS. ZIP sendiri diciptakan sebagai sebuah cara yang lebih efesien dalam proses pengiriman surat.

Keunggulan Zone Improvement Plan

Pernah melihat sebuah file dengan format .zip atau .rar ? format .zip sendiri jauh lebih diunggulkan jika dibandingkan .rar lantas apa yang menjadi kelebihan format ZIP ini sehingga diklaim lebih unggul daipada format RAR ? berikut ini adalah beberapa kelebihan ZIP dibandingkan RAR.

  • Simple
  • Tidak butuh aplikasi tambahan
  • Proses Kompres Data yang cepat tanpa mengurangi kualitas

Nah sobat demikianlah artikel Cara Kompres Data Tanpa Aplikasi 2021 dimana cara ini tentunya bisa sobat lakukan sendiri agar meghemat ruang penyimpanan baik itu pada harddisk ataupun media penyimpanan lainnya, selamat mencoba ya.

Kaca Teknologi Official account of KacaTeknologi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *