Kaca Teknologi Official account of KacaTeknologi.com

Dampak Gula Darah Tinggi dan 5 Cara Ampuh Menurunkannya

2 min read

Dampak Gula Darah Tinggi dan Cara Menurunkannya

KacaTeknologi.com – Zaman sekarang ini banyak makanan dan minuman yang begitu lezat untuk dinikmati. Kebanyakan orang tidak pernah peduli apa saja kandungan yang ada pada makanan dan minuman yang dikonsumsi. Padahal, jika kita selalu abai terhadap hal kecil semacam itu, dikhawatirkan akan menimbulkan penyakit, contohnya adalah gula darah tinggi. Membahas hal tersebut, apakah Anda tahu apa saja dampak gula darah tinggi? dan bagaimana cara menurunkannya?

Glukosa atau gula darah merupakan kandungan gula yang ada dalam darah kita, dimana glukosa dihasilkan dari makanan yang kita konsumsi. Apa saja yang kita konsumsi pasti setidaknya memiliki gula walaupun itu sedikit. Gula darah ini bahkan menjadi energi kita dalam beraktivitas dan juga untuk memberikan nutrisi ke organ tubuh, otot, dan sistem saraf. Namun perlu Anda ketahui juga, menurut World Health Organization (WHO) gula darah yang normal berkisar 70mg/desiliter (dL) hingga 140mg/dL dan akan meningkat setelah makan kurang lebih sampai 180mg/dL.

Dampak Gula Darah Tinggi Pada Tubuh yang Harus Diwaspadai

Dampak Gula Darah Tinggi Pada Tubuh yang Harus Diwaspadai

Apabila gula darah lebih dari yang disebutkan di atas, maka Anda harus paham mengenai efek gula darah tinggi yang akan terjadi pada tubuh tanpa mengenal jenis kelamin dan usia baik pria, wanita, orang dewasa, atau bahkan bayi. Dikutip dari laman hellosehat.com, berikut adalah dampak gula darah tinggi yang mungkin dapat terjadi pada tubuh:

  • Kerusakan ginjal atau lebih dikenal dengan gagal ginjal.
  • Kebutaan, karena terdapat kerusakan pembuluh darah pada retina mata.
  • Menyebabkan gangguan penglihatan seperti katarak dan galukoma.
  • Menyebabkan timbulnya penyakit kardiovaskuler, contohnya seperti gangguan jantung.
  • Kerusakan saraf.
  • Menyebabkan gangguan pada tulang dan sendi tubuh.

Baca Juga: Mengenali Apa dan Bagaimana Menangani Kanker Mata

Dari semua hal di atas, apakah Anda tidak khawatir dengan tubuh yang Anda miliki? Jika iya, segera perbaiki pola makan dari sekarang. Pilihlah makanan yang sehat meskipun tidak enak untuk dicicipi. Jika Anda berniat untuk menurunkan gula darah Anda yang tinggi, simak tipsnya di bawah ini.

Cara Menurunkan Gula Darah Tinggi Secara Alami dan Efektif

Cara Menurunkan Gula Darah Tinggi Secara Alami dan Efektif

Bagi Anda yang memiliki gula darah tinggi, Anda masih memiliki kesempatan untuk menurunkannya. Pastikan Anda mengikuti tips yang dijelaskan di bawah ini dengan konsisten. Berikut adalah tips menurunkan gula darah tinggi secara alami dan efektif yang bisa Anda coba:

1. Berolahraga dan Turunkan Berat Badan

Well, ini adalah hal yang paling sulit dilakukan oleh kebanyakan orang. Karena rasa malas yang timbul saat ingin berolahraga. Padahal, The National Diabetes Prevention Program mengadakan program bagi penderita diabetes untuk menurunkan gula darahnya dengan cara berolahraga.

Para peserta diharuskan untuk berolahraga selama 150 menit seminggu. Kemudian, hasil membuktikan bahwa peserta yang mengikuti program tersebut setidaknya dapat mengurangi resiko terkena diabetes tipe 2 sebesar 58%. Anda bisa memulai untuk olahraga ringan seperti lompat tali atau lari.

2. Minum Lebih Banyak Air Putih

Menjaga diri Anda tetap terhidrasi dengan cara minum lebih banyak air putih mampu mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Salah satu jurnal yang dipublikasikan pada American Diabetes Association menyebutkan bahwa, orang yang meminum air putih lebih dari 1 liter perharinya 28% lebih kecil berisiko menderita gula darah tinggi dibandingkan mereka yang minum kurang dari setengah liter air putih per hari.

Selain itu, air putih juga mampu menjaga kondisi tubuh agar selalu fit walaupun Anda sangat aktif beraktivitas.

Kaca Teknologi Official account of KacaTeknologi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *