Cara Mematikan Komputer dan Laptop Dengan Keyboard Terbaru

oleh | Jun 24, 2020 | Dunia Komputer

cara mematikan komputer dan laptop dengan keyboard

Kacateknologi.com – Mematikan Komputer atau laptop dengan keyboard terkadang memang harus dilakukan terlebih lagi jika dalam keadaan mendesak seperti laptop tiba-tiba tidak merespon, hang ataupun lag maka satu-satunya cara yang bisa dilakukan ketika hal tersebut terjadi yaitu mematikan komputer, laptop atau notebook yang sedang kita gunakan tapi sayangnya mematikan komputer atau laptop sesuai SOP tidak akan bekerja disini maka melakukan shut down PC dengan kombinasi tombol di keybaord bisa jadi penyelamat.

nah terus gimana cara mematikan laptop atau komputer di berbagai jenis type sistem operasi? baik itu windows 7, windows 8, atau bahkan windows 10 hanya dengan menekan beberapa tombol di keybaord? mungkin cara ini terkesan mudah bagi yang sudah sering menggunakan komputer atau laptop tetapi tentunya bisa membantu bagi yang pertama kali mengalami hal ini.

Memang melakukan shut down atau mematikan komputer dan laptop pada saat digunakan secara paksa bisa saja berakibat fatal jika dilakukan terlalu sering tapi jika dilakukan ketika keadaan darurat hal tersebut tidaklah masalah.

Cara Mematikan Komputer di Windows 7,8, 8.1 dan Windows 10 Dengan Keyboard

Cara ini bisa sobat lakukan jika keadaan darurat entah itu hang, lag, atau bahkan layar laptop berwarna hitam atau yang biasa disebut dengan blackscreen cara dibawah ini bisa menjadi penolong.
ada dua cara yang bisa sobat lakukan untuk mematikan komputer dan laptop dengan keyboard 

1. Dengan Kombinasi Tombol ALT+F4

Cara pertama yang bisa sobat lakukan yaitu dengan menggunakan kombinasi tombol alt+f4 pada keyboard, sebelum menekan kedua tombol ini bersamaan pastikan tidak ada lagi program atau aplikasi yang masih terbuka di layar desktop. 
jika sudah dipastikan tidak ada lagi aplikasi yang terbuka silahkan tekan tombol alt+f4 kemudian langsung saja tekan OK atau tekan tombol enter jika kurang jelas mari simak gambar berikut
kombinasi alt252Bf4
nah jika sudah seperti gambar diatas langsung saja tekan tombol enter maka otomatis laptop, komputer atau notebook yang sobat gunakan langsung mati secara otomatis.

2. Dengan Tombol Ctrl+Alt+delete

nah saya yakin cara nomor dua ini sudah tidak asing lagi untuk para pengguna komputer dan laptop kan? ya dengan cara ini sobat pun bisa melakukan shut down jika keadaan darurat cara inipun biasa saya lakukan ketika laptop yang saya gunakan hang karena biasanya terlalu banyak aplikasi yang saya buka secara bersamaan teapi spesifikasi laptop tidak memadai alhasil laptop jadi lemot dan hang bahkan terakadang laptop jadi berlayar hitam atau biasa disebut blackscreen. 
untuk cara mematikan komputer atau laptop dengan kombinasi tombol ini pun sangatlah mudah ya dimana kita hanya perlu menekan tombol ctrl+alt+delete secara bersamaan, maka akan muncul sebuah halaman seperti berikut.
kombinasi nomor dua
sobat akan melihat jelas tombol power untuk mematikan laptop ada di pojok kanan bawah dari layar laptop otomatis jika menggunakan keyboard biasanya mengharuskan kita menekan panah bawah, tapi tidak bisa jika sampai ke tombol power maka silahkan sobat tekan tombol tab kemudian tekan enter dan otomatis laptop akan mati dengan sendirinya.
sampai disini sobat sudah berhasil mematikan komputer atau laptop dengan menggunakan kombinasi tombol keyboard, lantas apakah berbhaya mematikan komputer dengan cara tersebut? jawabannya tidak, karena kita melakukan shut down pada komputer atau laptop masih dengan cara normal bahkan dianjurkan jika keadaan darurat. 

Cara Mematikan Komputer dan Laptop Secara Terjadwal 

Nah siapa yang tahu kalau kita juga bisa mematikan komputer atau laptop secara terjadwal? hanya dengan menetikan sejumlah perintah di CMD atau Command Prompt kita bisa menjadwal kapan laptop atau komputer kita bisa mati, caranya sebagai berikut.
  1. Buka menu CMD
  2. ketikkan perintah berikut shutdown.exe -s -t 60
  3. tekan enter.
satuan waktu yang digunakan disini adalah detik atau sekon diatas berarti mati dalam 60 detik jika sobat ingin laptop atau komputer mati terjadwal dalam kurun waktu 1 jam berarti angka yang sobat ketik yaitu 3600 detik. 

Cara Mengatasi Komputer atau Laptop Yang Tidak Bisa di Shutdown

Tidak semua komputer atau laptop bisa dimatikan dengan lancar melalui sytem shut down atau dimatikan sesuai SOP, setidaknya hal ini pernah saya alami ketika tidak bisa mematikan komputer saya beberapa waktu lalu, apakah penyebabnya? dan bagaimana cara mengatasinya? ada beberapa langkah yang bisa sobat lakukan sebagai berikut.

Bersihkan File Sampah

Pertama silahkan sobat melakukan cleaning atau membersihkan sampah terlebih dahulu setelah sobat membuka program di laptop layaknya di android akan menimbulkan sampah atau cache yang mesti dibersihkan, silahkan sobat bersihkan.

Uninstall Aplikasi Tidak Berguna

terlalu banyak mengunuduh suatu program di laptop atau komputer bisa saja menjadi penyebab kenapa komputer ataupun laptop tidak bisa di shut down sebagaimana mestinya alangkah baiknya sobat mencopot aplikasi tidak berguna sehingga bisa memberikan kinerja yang jauh lebih ringan ke komputer atau laptop yang kita punya. 

Bersihkan Virus 

Sudah menjadi hal lumrah ketika suatu virus menjadi penyebab dari berbagai macam jenis masalah di laptop atau komputer silahkan sobat rutin melakukan scanning virus di komputer dengan bantuan aplikasi antivirus tentunya, ada beberapa aplikasi antivirus yang cukup direkomendasikan diantara lain ; 
  • Smadav antivirus
  • kaspersky
  • CCcleaner

Uninstall Driver

driver memang sejatinya difungsikan untuk menunjang performa dari laptop atau komputer kita, tetapi terkadang ada saja driver yang tidak cocok sehingga jadi penyebab kenapa laptop atau komputer tidak bisa dimatikan, silahkan sobat uninstall driver yang sekiranya tidak diperlukan.

Matikan Secara Paksa

jika sudah berusaha mematikan laptop atau komputer dengan cara seperti biasa, kemudian menggunakan tombol kombinasi di keyboard tapi masih belum bisa cara terakhir yang harus sobat lakukan yaitu mematikan secara paksa dengna menekan tombol power di laptop atau komputer beberapa detik. 
apakah cara ini berbahaya? jika tidak dilakukan terlalu sering tidak akan berdampak ke aspek apapun.
Nah sobat demikianlah cara mematikan komputer dan laptop dengan keybaord yang mungkin bisa membantu selain itu ada bebrapa penyebab juga kenapa suatu komputer dan laptop tidak bisa dimatikan sesuai SOP seperti terlalu banyak sampah dan hal lainnya semoga bisa membantu ya sobat

Oleh Kaca Teknologi

Official account of KacaTeknologi.com

Postingan Terkait:

1 Cara Mengatasi Tempered Glass Bergelembung

1 Cara Mengatasi Tempered Glass Bergelembung

Kacateknologi.com - 1 Cara Mengatasi Tempered Glass Bergelembung semakin lama perkembangan teknologi semakin pesat dan semakin berkembang khusunya dalam urusan smartphone dimana para produsen smartphone berlomba-lomba untuk membuat sebuah smartphone yang kini sudah...

baca lainnya

0 Komentar

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *