Cara Mengaktifkan Kamera Laptop Terbaru Agar Bisa Video Call

oleh | Jun 23, 2020 | Dunia Komputer

cara mengaktifkan kamera laptop terbaru agar bisa video call

Kacateknologi.com – Melakukan panggilan video atau yang lebih akrab disapa dengan Video Call memang sedang menjadi trend akhir-akhir ini dimana masyarakat harus bersilaturahmi melalui telfon video untuk sementara waktu ini, tidak jarang para pemilik laptop yang ingin melakukan video call tidak tahu atau belum tahu cara menghidupkan atau mengaktifkan kamera yang ada di laptop mereka sendiri lantas bagaimana cara menyalakan kamera laptop agar bisa digunakan saat video call? saya yakin sobat yang baru saja punya laptop masih bingung saat hendak menyalakan kamera di laptop.

nah saya pribadi ingin berbagi pengalaman saya tentang gimana sih cara nyalain kamera laptop baik itu laptop merk Sony, Lenovo, Asus, Acer,HP, dan masih banyak lagi merk laptop lainnya intinya cara menyalakan atau mengaktifkan fitur kamera di laptop ini sangatlah mudah dan caranya hampir sama semua namun mungkin ada beberapa langkah yang sedikit berbeda saja di masing-masing merk laptop.

Cara Menyalakan Kamera Laptop 

para pengguna laptop biasanya menyalakan kamera mereka pada saat ingin melakukan video call dengan kerabat, keluarga atau bahkan orang dekat untuk menyalakan kamera sendiri sangatlah mudah ya sobat dimana yang harus dicek terlebih dahulu yaitu Driver Kamera Laptop jadi pastikan apakah drivernya sudah terinstall atau belum, jika sudah kita bisa langsung menyalakan kamera dengan aplikasi bawaan atau dengan bantuan aplikasi pihak ketiga. 

Install Terlebih Dahulu Driver Kamera Laptop

Nah buat yang belum tahu driver ini merupakan salah satu hal penting dan wajib dipasang di setiap laptop atau komputer biasanya pada saat kita membeli laptop sudah otomatis mendapat paketan driver ini, tetapi jika belum sobat bisa menggunakan link berikut ini untuk mengunduh terlebih dahulu driver kamera pada laptop.
  1. support.lenovo.com/id/id
  2. www.acer.com/ac/en/id/content/support-product
  3. www.asus.com/support
  4. support.hp.com
  5. www.sony.co.id/en/electronics/support
silahkan sobat pilih dan akses link diatas sesuai dengan merk laptop kemudian download dan install, oh iya bagi sobat yang driver laptop nya belum lengkap bisa juga mengakses situs Driverpack.io dimana dengan software Driver Pack otomatis setiap driver yang belum terpasang akan terpasang otomatis ketika mengunduh software tersebut termasuk driver kamera laptop. 

Cara Memakai Kamera di Semua Type Sistem Operasi

Jika proses instalasi driver kamera laptop telah selesai langkah berikutnya tinggal proses memakai kamera ya sobat sehingga bisa dipakai untuk berbagai macam keperluan termasuk agar bisa video call. 
cara menyalakan kamera nya sendiri berbeda-beda tergantung jenis sistem operasi yang digunakan namun akan saya berikan tutorialnya sebagai berikut.

Menyalakan Kamera di Windows 8 

  1. Buka dan ketik kata kunci “kamera” di search windows
  2. Buka aplikasi kameranya
  3. Tunggu Loading beberapa saat sampai selesai
  4. Kamera laptop sudah aktif dan siap dipakai

Windows 7 

  1. Klik menu start
  2. pilih all program
  3. cari camera atau camera app
  4. Yang terakhir buka, dan kamera aktif.

Windows 10 

  1. Masuk ke menu Search windows
  2. ketik kata kunci kamera
  3. atur ke mode on
  4. kamera aktif.
nah jika proses menyalakan nya sudah tahu kini sobat tinggal menentukan menggunakan aplikasi apa untuk bisa melakukan video call berikut ini adalah beberapa aplikasi video call yang cukup direkomendasikan.

Aplikasi Video Call Yang Direkomendasikan

ada banyak sekali aplikasi-aplikasi video call yang bisa digunakan diantaranya ; 
  1. Skype
  2. Zoom
  3. FB Messenger
  4. Google Meet
  5. Whatsapp Messenger
  6. Google Duo
  7. Houseparty
  8. Discord
itulah beberapa aplikasi yang cukup direkomendasikan buat sobat yang ingin melakukan video call melaluii kamera laptop.
Mengaktifkan atau menyalakan suatu kamera di laptop tidaklah sulit mungkin masih sedikit membingungkan buat yang baru pertama kali menggunakan fitur kamera di laptop tapi dengan apa yang saya tulis diatas semoga bisa membantu.

Oleh Kaca Teknologi

Official account of KacaTeknologi.com

Postingan Terkait:

1 Cara Mengatasi Tempered Glass Bergelembung

1 Cara Mengatasi Tempered Glass Bergelembung

Kacateknologi.com - 1 Cara Mengatasi Tempered Glass Bergelembung semakin lama perkembangan teknologi semakin pesat dan semakin berkembang khusunya dalam urusan smartphone dimana para produsen smartphone berlomba-lomba untuk membuat sebuah smartphone yang kini sudah...

baca lainnya

0 Komentar

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *