Cara Memindahkan File ke Flashdisk Dengan 5 Metode

oleh | Apr 5, 2020 | Dunia Komputer

Cara memindahkan file ke flashdisk dengan cara copy paste, CTRL + C & CTRL + V, sent to, drag & drop dan cara memindahkan beberapa file sekaligus ke flashdisk

KacaTeknologi.com – Cara memimndahkan file ke flashdisk sangatlah mudah. Adapun flashdisk merupakan alat penyimpanan data yang bersifat eksternal dan dapat dihubungkan pada port USB yang terhubung ke komputer serta mendukung berbagai macam format file untuk disimpan seperti, dokumen, gambar, video dan format lainnya.

Umumnya flashdisk memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan harddisk. Biasanya daya tampung flashdisk hanyalah berkisar 2 sampai 32 GB saja. Tetapi, mulai saat ini banyak perusahaan yang mengembangkan flashdisk agar bisa memiliki memori yang lebih besar lagi. Bahkan merek flashdisk seperti SanDisk nyatanya sudah mengeluarkan flashdisk terbaru yang daya tampungnya mencapai 256 GB sampai 1TB.

Ada beberapa hal yang menyebabkan setiap orang lebih menyukai flashdisk sebagai media penyimpanan data. Pertama, flashdisk ini berukuran kecil sehingga mudah untuk dibawa kemana saja. Kedua, flashdisk memiliki daya tampung yang lebih besar bahkan dapat menyimpan ribuan foto, dokumen, atau musik di dalamnya. Ketiga, harganya yang terjangkau membuat flashdisk tidak terlalu berat untuk dibeli, karena dengan harga Rp50.000 saja Anda sudah bisa mendapatkan flashdisk dengan kapasitas penyimpanan 32 GB. Keempat, flashdisk ini bersifat fleksibel yang artinya dapat digunakan pada perangkat komputer manapun tanpa memandang jenis dan merek.

Meskipun dalam penggunaannya tergolong mudah, tetapi masih banyak orang yang kebingungan akan hal ini. Oleh karena itu, artikel ini hadir untuk menjelaskan tentang tata cara penggunaan flashdisk yang lebih baik.

Cara Memindahkan File ke Flashdisk Dengan Mudah

Beberapa cara yang dijelaskan di bawah ini dapat Anda lakukan pada semua jenis flashdisk baik yang berukuran kecil maupun berukuran besar. Namun, Anda perlu memastikan bahwa file yang akan Anda masukkan ke dalam flashdisk memiliki ukuran yang lebih kecil dari kapasitas flashdisk-nya sendiri. Karena jika ukuran file-nya lebih besar dari kapasitas yang ada, otomatis file tidak akan bisa Anda masukkan.

1. Cara Memindahkan File ke Flashdisk Dengan Cara Copy Paste

Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan metode copy paste. Cara ini juga cocok untuk Anda yang awam dalam menggunakannya. Dapat dikatakan bahwa cara ini adalah cara yang paling sering digunakan oleh banyak orang.
  1. Silakan siapkan sebuah flashdisk dan hubungkan ke port USB laptop/komputer Anda.
  2. Tunggu sampai flashdisk terbaca oleh komputer. Biasanya ditandai dengan adanya suara ketika flashdisk dicolokkan.
  3. Setelah flashdisk berhasil terdeteksi, klik pada File Explorer.
  4. Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan metode copy paste. Cara ini juga cocok untuk Anda yang awam dalam menggunakannya. Dapat dikatakan bahwa cara ini adalah cara yang paling sering digunakan oleh banyak orang.
  5. Silakan cari file yang ingin Anda pindahkan ke flashdisk.
  6. Klik kanan pada file tersebut, kemudian klik Copy
  7. Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan metode copy paste. Cara ini juga cocok untuk Anda yang awam dalam menggunakannya. Dapat dikatakan bahwa cara ini adalah cara yang paling sering digunakan oleh banyak orang.
  8. Sekarang Anda bisa pergi ke flashdisk, kemudian Anda tentukan tempat untuk menyimpan file yang sudah Anda copy tadi.
  9. Klik kanan pada ruang kosong (bukan pada file) kemudian pilih Paste.
  10. Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan metode copy paste. Cara ini juga cocok untuk Anda yang awam dalam menggunakannya. Dapat dikatakan bahwa cara ini adalah cara yang paling sering digunakan oleh banyak orang.
  11. Tunggu beberapa saat sampai loading selesai.
  12. Jika sudah, seharusnya file yang Anda copy tadi akan berada pada penyimpanan flashdisk.

2. Cara Memindahkan File ke Flashdisk Dengan Cara CTRL + C dan CTRL + V

Cara kedua ini hampir sama saja dengan cara pertama di atas. Hanya saja, yang membedakan dari kedua cara ini adalah tombol yang digunakan. Jika tadi kita memanfaatkan tombol klik kanan serta tombol copy & paste, untuk cara kedua ini kita memanfaatkan shortcut pada tombol keyboard komputer. Khusus cara ini menurut saya adalah cara yang paling mudah dan dapat mempersingkat waktu.
  1. Pastikan Anda sudah menyiapkan sebuah flashdisk dan sudah terhubung ke komputer.
  2. Masih lakukan hal yang sama seperti tadi, silakan buka File Explorer.
  3. Cara kedua ini hampir sama saja dengan cara pertama di atas. Hanya saja, yang membedakan dari kedua cara ini adalah tombol yang digunakan. Jika tadi kita memanfaatkan tombol klik kanan serta tombol copy & paste, untuk cara kedua ini kita memanfaatkan shortcut pada tombol keyboard komputer. Khusus cara ini menurut saya adalah cara yang paling mudah dan dapat mempersingkat waktu.
  4. Selanjutnya, cari file yang ingin Anda pindahkan ke flashdisk.
  5. Klik pada file tersebut, kemudian tekan tombol kombinasi pada keyboard yaitu CTRL + C
  6. Cara kedua ini hampir sama saja dengan cara pertama di atas. Hanya saja, yang membedakan dari kedua cara ini adalah tombol yang digunakan. Jika tadi kita memanfaatkan tombol klik kanan serta tombol copy & paste, untuk cara kedua ini kita memanfaatkan shortcut pada tombol keyboard komputer. Khusus cara ini menurut saya adalah cara yang paling mudah dan dapat mempersingkat waktu.
  7. Kita pergi lagi ke flashdisk, silakan Anda tekan CTRL + V untuk memindahkan file yang sudah Anda copy tadi.
  8. Cara kedua ini hampir sama saja dengan cara pertama di atas. Hanya saja, yang membedakan dari kedua cara ini adalah tombol yang digunakan. Jika tadi kita memanfaatkan tombol klik kanan serta tombol copy & paste, untuk cara kedua ini kita memanfaatkan shortcut pada tombol keyboard komputer. Khusus cara ini menurut saya adalah cara yang paling mudah dan dapat mempersingkat waktu.

3. Cara Memindahkan File ke Flashdisk Dengan Cara Sent To

Cara ini bisa menjadi cara alternatif jika Anda ingin mencobanya. Caranya pun cukup mudah dan singkat karena Anda hanya perlu mengklik beberapa tombol saja dan file akan otomatis dikirim ke flashdisk. Hanya saja menggunakan cara ini, Anda tidak bisa menentukan dimana letak dari file yang dikirim. Sehingga file akan berada di bagian luar atau halaman utama flashdisk.
  1. Hubungkan flashdisk ke komputer/laptop Anda.
  2. Buka File Explorer seperti biasa.
  3. Cari file yang ingin Anda pindahkan ke flashdisk.
  4. Klik kanan pada file tersebut lalu arahkan kursor mouse ke pilihan Sent to.
  5. Cari dan sesuaikan nama flashdisk kemudian klik pada flashdisk Anda yang sudah terhubung dengan komputer.
  6. Cara ini bisa menjadi cara alternatif jika Anda ingin mencobanya. Caranya pun cukup mudah dan singkat karena Anda hanya perlu mengklik beberapa tombol saja dan file akan otomatis dikirim ke flashdisk. Hanya saja menggunakan cara ini, Anda tidak bisa menentukan dimana letak dari file yang dikirim. Sehingga file akan berada di bagian luar atau halaman utama flashdisk.
  7. Tunggu sampai proses pemindahan selesai.
  8. Silakan Anda klik flashdisk Anda untuk memastikan bahwa file sudah terpindahkan dengan baik.

4. Cara Memindahkan File ke Flashdisk Dengan Cara Drag & Drop

Cara keempat ini juga hampir sama dengan cara ketiga di atas. Bedanya, cara ini akan lebih menghemat waktu karena Anda cukup menarik kemudian melepaskan file ke flashdisk Anda. Namun cara ini memiliki keunggulan seperti cara pertama dan kedua, yaitu dapat memindahkan file ke folder yang Anda inginkan.
  1. Colokkan flashdisk yang akan digunakan pada komputer.
  2. Pastikan bahwa flashdisk sudah terbaca dengan baik oleh komputer.
  3. Cari file yang ingin Anda pindahkan ke flashdisk.
  4. Klik pada file tersebut, kemudian tarik ke flashdisk kemudian lepaskan.
  5. Cara keempat ini juga hampir sama dengan cara ketiga di atas. Bedanya, cara ini akan lebih menghemat waktu karena Anda cukup menarik kemudian melepaskan file ke flashdisk Anda. Namun cara ini memiliki keunggulan seperti cara pertama dan kedua, yaitu dapat memindahkan file ke folder yang Anda inginkan.
  6. Silakan cek kembali pada flashdisk, apakah file terpindahkan dengan sempurna.

5. Cara Memindahkan Beberapa File Sekaligus ke Flashdisk

Jika Anda memiliki banyak file yang perlu Anda pindahkan ke flashdisk, jangan memindahkannya satu persatu karena itu akan menghambat pekerjaan Anda. Solusinya, Anda bisa memindahkan beberapa file sekaligus ke flashdisk dengan cara mem-blok semua file yang akan dipindahkan. Berikut caranya:
  1. Pastikan flashdisk sudah dicolokkan ke komputer/laptop Anda.
  2. Apabila flashdisk sudah terbaca, silakan buka File Explorer dan cari file yang ingin Anda pindahkan ke flashdisk.
  3. Blok semua file yang akan dipindahkan kemudian Anda bisa gunakan salah satu cara yang dari keempat cara di atas yang sudah dijelaskan.
  4. Jika Anda memiliki banyak file yang perlu Anda pindahkan ke flashdisk, jangan memindahkannya satu persatu karena itu akan menghambat pekerjaan Anda. Solusinya, Anda bisa memindahkan beberapa file sekaligus ke flashdisk dengan cara mem-blok semua file yang akan dipindahkan. Berikut caranya:
  5. Tunggu beberapa saat sampai loading selesai lalu cek flashdisk kembali dan seharusnya file sudah terpindahkan.
Dari berbagai cara di atas sebenarnya memiliki tujuan yang sama. Hanya saja setiap orang biasanya memiliki cara favorit tersendiri. Saya sendiri menyukai cara dengan menggunakan shortcut keyboard yaitu CTRL + C dan CTRL + V karena memiliki keefisienan waktu yang lebih baik.

Baca Juga : [SOLVED] 4 Cara Mengatasi “Application Not Found” pada Flashdisk

Meskipun cara yang dijelaskan ada banyak, tetapi hal tersebut tidak akan mengubah file sehingga sangat aman untuk dilakukan.

Mungkin itu saja untuk kali ini, silakan Anda coba satu persatu cara di atas dan tentukan cara terfavorit Anda sendiri. Jika sudah menemukannya, jangan lupa berkomentar di bawah dan beritahu kami mana cara yang Anda sukai. Terima kasih..

Oleh Kaca Teknologi

Official account of KacaTeknologi.com

Postingan Terkait:

0 Komentar

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *