Cara Memperbesar RAM Android

oleh | Sep 17, 2018 | Android

Kacateknologi.com – RAM ( Random Access Memori ) merupakan tempat penyimpanan sementara pada sebuah smartphone maupun PC atau Personal Computer, fungsi RAM sendiri memastikan dan mengontrol setiap aktifitas pada smartphone agar berjalan dengan lancar dan tanpa lag atau patah-patah.

p4
RAM ( Random Access Memori ) pada sebuah smartphone sendiri tergantung spesifikasi dari smartphone itu sendiri yang sudah dibuat oleh pabrikannya, “Lalu apakah RAM bisa diperbesar”? , “adakah APK / aplikasi Penambah RAM”?, merupakan beberapa pertanyaan yang diajukan oleh teman-teman saya. 

Yang perlu diketahui adalah RAM berbeda dengan ROM ( Read Only Memory ) , saya yakin bagi sobat yang punya komputer tidak asing dengan istilah tersebut, ROM jika pada smartphone lebih sering disebut Internal Memori jelas berbeda dengan  RAM dari segi kapasitas pun bisa dilihat dari smartphone yang kita miliki. 

Aplikasi Penambah RAM 

Banyak yang bertanya adakah aplikasi penambah RAM? , jawabannya tidak … tidak ada aplikasi penambah RAM karena RAM sendiri sudah di setting oleh pabrikan smartphone yang kita punya agar tidak bisa di otak-atik lagi ( baku ). misalkan disini saya punya HP OPPO F9 dengan kapasitas RAM nya yaitu 4GB ( Gigabyte ). 

Tentu RAM 4GB Tersebut sudah tidak bisa ditambah atau dikurangi lagi, karena sudah di setting baku dari pabrikannya … berbeda halnya dengan ROM / Internal Memori yang masih bisa kita akali dengan cara mendownload beberapa software penambah memori internal atau membersihkan aplikasi yang tak berguna pada smartphone. 

Jadi disini jelas ya, tidak ada aplikasi penambah RAM dan kita tidak bisa memperbesar RAM itu sendiri. 

Cara Melihat RAM Smartphone

Untuk RAM Smartphone sendiri bisa kita lihat pada menu setting yang ada di smartphone masing-masing dan biasanya terdapat di menu manajemen aplikasi / penyimpanan / Status ponsel seperti pada Smartphone milik saya seperti berikut : 

1. Masuk ke menu setting / Pengaturan.
2. Buka Menu Tentang Ponsel ( setiap ponsel berbeda sedikit dalam pilihan menu ) 
3. Lihat status RAM seperti gambar berikut


p2 1





Nah, pada gambar disamping sangat terlihat jelas bukan informasi mengenai smartphone yang kita miliki, mulai dari OS ( Operating System ) , RAM ( Random Access Memori ) , Processor dari smartphone tersebut, sampai Versi Kernel pun terdapat pada informasi di settingan ponsel tersebut.









Kesimpulan : RAM dari sebuah android tidak bisa diperbesar dengan cara apapun karena sudah settingan baku dari pabrikannya, namun demi kelancaran dan kejayaan smartphone yang kita punya, hal-hal yang tidak diinginkan pada smartphone seperti lemot, lelet dan sebagainya terjadi, bisa kita minimalisir dengan cara membuang beberapa aplikasi yang tidak perlu. 

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Oleh Kaca Teknologi

Official account of KacaTeknologi.com

Postingan Terkait:

0 Komentar

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *