Kacateknologi.com – Cara Mencerahkan Foto yang Gelap di Smartphone Tanpa Aplikasi 2021, Foto merupakan salah satu cara seseorang untuk mengabadikan setiap momen berharga dalam hidupnya, dengan adanya foto yang tersimpan didalam smartphone tentunya bisa menjadi sebuah kenangan bagi seseorang dimasa yang akan datang, selain itu foto juga sudah menjadi bagian penting untuk orang yang menggenggam smartphone, tanpa adanya foto didalam smartphone tentunya kurang lengkap.

Saat ini, untuk bisa mendapatkan foto dengan hasil yang maksimal layaknya fotographer professional pun bukanlah hal sulit, dimana kita bisa mengandalkan kamera smartphone yang ada, kemudian memberi sedikit efek bumbu editing yang membuat hasil foto semakin keren, saat ini ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan agar sebuah foto muncul dengan hasil yang maksimal untuk selanjutnya diupload ke media sosial, atau sekedar disimpan dalam memori hp.

Terkadang mengambil sebuah foto tidak sesempurna yang kita inginkan, ada masanya foto yang kita ambil jelek, buram, atau bahkan gelap karena faktor cahaya yang kurang mendukung, bukan smartphone namanya jika tidak bisa merubah hasil jepretannya.

Dimana kita bisa mengubah hasil jepretan foto yang gelap menjadi cerah dan terang, bagaimana sih caranya? jangan khawatir sobat, karena pada artikel kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang Cara Mencerahkan Foto yang Gelap di Smartphone Tanpa Aplikasi 2021 dimana tanpa aplikasi pun kita masih bisa mencerahkan sebuah foto yang hasilnya gelap.

Baca Juga : 2 Langkah Mudah Crop atau Memotong Foto di Photoshop

Cara Mencerahkan Foto yang Gelap di Smartphone Tanpa Aplikasi 2021

Bagi sobat yang memiliki smartphone dengan spesifikasi yang bisa dibilang pas-pasan, tidak ada salahnya unutk mencoba mencerahkan foto yang gelap dengan sedikit sentuhan fitur yang ada di smartphone sobat.

Disini saya menggunakan smartphone Oppo F9, dimana didalamnya terdapat berbagai macam fitur yang bisa mempercantik foto yang sebelumnya jelek, buram, maupun gelap, ya tanpa aplikasi meskipun diluar sana banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan untuk mencerahkan sebuah foto, tapi saya lebih memilih cara sederahana ini, selain proses editing yang sederhana, juga tidak memakan waktu lama.

Caranya sendiri sangatlah mudah, dimana kita akan memanfaatkan fitur bawaan dari smartphone untuk mencerahkan foto yang sebelumnya gelap, dan berikut ini adalah langkah-langkah nya yang sobat bisa terapkan.

1. Siapkan Fotonya Terlebih Dahulu

Yang pertama tentunya kita harus menyiapkan terlebih dahulu foto yang akan kita edit, disini saya mengambil jepretan dari sebuah jalanan di Jakarta, dimana sebelumnya foto yang saya ambil ini bisa dibilang gelap dan kurang pencahayaan.

Baca Juga : Aplikasi Terbaik Untuk Blur Foto Wajah dan Video di Android

2. Masuk ke Menu Editing Foto

Langkah berikutnya yaitu sobat masuk ke menu editing foto, kemudian masuk ke menu sesuaikan di beberapa smarpthone mungkin berbeda, sekali lagi saya jelaskan disini saya menggunakan Oppo F9 sebagai senjata andalan saya.

3. Atur Kontras dan Pencahayaan

Langkah terakhir dalam Cara Mencerahkan Foto yang Gelap di Smartphone Tanpa Aplikasi 2021 yaitu dengan mengatur kontras dan pencahayaan pada foto yang sebelumnya gelap, untuk bisa mencerahkan foto yang gelap, disini saya hanya menambahkan poin kontras dan pencahayaan, setiap smartphone bisa berbeda settinganya. Dan kurang lebih hasilnya seperti berikut ini.

Cara Mencerahkan Foto yang Gelap di Smartphone Tanpa Aplikasi 2021
Perbandingan Foto sebelum dan setelah diedit

Nah kira-kira seperti diatas ya sobat hasil dan perbandingan antara sebelum diedit dan setelah diedit, dimana pada foto diatas saya hanya menambahkan efek kontras dan pencahayaan pada foto, dimana hasilnya terlihat jauh berbeda sebelum dan setelah diedit, foto yang sebelumnya gelap, kini berubah menjadi terang.

Baca Juga : Cara Cepat Menghilangkan Background Foto Tanpa Aplikasi Praktis

Nah Sobat, demikianlah artikel tentang Cara Mencerahkan Foto yang Gelap di Smartphone Tanpa Aplikasi 2021 dimana caarnya sendiri sangat sederahana dan mudah dilakukan, juga tidak ribet bagi sobat yang masih awam dalam dunia editing foto. Sebenarnya diluar sana sudah banyak aplikasi yang menaungi atau menjembatani untuk melakukan editing foto, seperti menggunakan Adobe Lightroom yang bisa memberikan efek bak fotographer professional pada hasil foto yang telah diedit.

Selain itu banyak juga website yang menyediakan tempat untuk kita melakukan editing foto, terlepas dari menggunakan aplikasi ataupun tidak itu kembali lagi ke pilihan masing-masing.

Terima kasih sudah berkunjung dan mambaca artikel Cara Mencerahkan Foto yang Gelap di Smartphone Tanpa Aplikasi 2021 ya sobat, selamat mencoba.