Cara Mengatasi Error 1 “please uninstall and reinstall the product”

oleh | Jan 15, 2020 | Design, Photoshop, Tips Informasi

Bagaimana cara mengatasi error 1 "please uninstall and  reinstall the product" pada Adobe Photoshop, Illustrator, Premiere Pro, After Effect versi cs3, cs4, cs5, cs6 maupun CC pada Windows 7, 8, & 10.

KacaTeknologi.com – Bagaimana cara mengatasi error 1 “please uninstall and  reinstall the product” pada Adobe Photoshop, Illustrator, Premiere Pro, After Effect, dan produk Adobe lainnnya baik yang digunakan versi cs3, cs4, cs5, cs6 maupun CC pada Windows 7, 8, & 10 . Error ini merupakan error yang sangat sering terjadi dan biasanya muncul ketika Anda ingin menjalankan aplikasi Adobe tersebut.

Pada pesan yang muncul Anda diberitahukan untuk menghapus aplikasinya terlebih dahulu, kemudian Anda instal lagi aplikasinya. Tapi, pada beberapa kasus meskipun sudah melakukan cara yang diinstruksikan kok tetap saja sih masih muncul error-nya? nah disinilah penyebab utama para pengguna bingung dan mencari permasalahannya di Google, sampai akhirnya sampai pada artikel ini.

Adapun pesan error yang ditunjukkan oleh Adobe kurang lebih sebagai berikut:

Configuration error
Please uninstall and reinstall the product.
If this problem still occurs, please contact Adobe technical support for help, and mention the error code shown at the bottom of this screen.
Error: 1
http://www.adobe.com/support
Bagaimana cara mengatasi error 1 "please uninstall and  reinstall the product" pada Adobe Photoshop, Illustrator, Premiere Pro, After Effect versi cs3, cs4, cs5, cs6 maupun CC pada Windows 7, 8, & 10.

Penyebab Error 1 pada Aplikasi Adobe

Dari pengalaman yang saya alami selama menggunakan produk dari Adobe, ada beberapa penyebab utama munculnya pesan error 1 ini. Berikut penyebab error 1 pada produk Adobe:
  • Tidak lengkapnya saat instalasi aplikasi Adobe atau terdapat file yang rusak/corrupt.
  • Registry pada Windows rusak karena adanya perubahan yang disebabkan oleh software yang baru saja diinstal.
  • Adanya infeksi virus atau malware yang menyebabkan file komponen menjadi tidak bekerja dengan baik.

Dari penyebab di atas, Anda sudah tahu kan apa yang harus dilakukan? lebih jelasnya perhatikan cara mengatasinya di bawah ini.

Berikut cara mengatasi error 1 “please uninstall and reinstall the product” pada aplikasi Adobe Photoshop, Premiere Pro, After Effect dsb:

1. Hapus Aplikasi yang Mengandung Virus

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa virus dapat merusak isi file dari aplikasi Adobe Anda. Oleh karena itu, hapus seluruh aplikasi yang sekiranya mencurigakan. Untuk menghapusnya Anda cukup gunakan fitur Uninstall Program yang dapat diakses melalui Control Panel.
Adapun jika ternyata aplikasi sulit dihapus, maka Anda bisa gunakan cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus pada komputer. Cara tersebut akan menghapus aplikasi virus sampai ke akar-akarnya.

2. Scan Computer

Pastikan aplikasi yang mengandung virus sudah tersapu bersih dari komputer Anda, selanjutnya Anda juga harus memastikan bahwa virus sudah tidak berkeliaran pada folder-folder dan sistem komputer Anda. 
Untuk melakukan scanning, gunakan antivirus terbaru karena antivirus terbaru biasanya memiliki database lebih banyak mengenai jenis virus dibandingkan yang versi lama. Selain itu, Anda bisa buka CMD (mode administrator) → ketikkan sfc /scannow → tekan enter → tunggu sampai proses selesai → restart komputer.

3. Uninstall dan Install kembali Aplikasi

Langkah selanjutnya adalah menghapus dan memasangkan kembali aplikasi yang akan digunakan. Aplikasi yang sudah lama tidak digunakan atau versinya lawas sangat sering berurusan dengan error ini. Saya sarankan Anda mengunduh versi terbaru dari Adobe seperti versi CC, namun apabila Anda memiliki kendala seperti spesifikasi komputer yang tidak memadai, maka Anda bisa mengunduhnya dengan syarat full versi bukan hasil compress.

Baca Juga : Cara Install dan Menambahkan Font Baru untuk Adobe Photoshop

4. Mengatur Priviledge Mode pada Aplikasi

Jika ketiga cara di atas sudah Anda lakukan namun ternyata masih saja nihil hasilnya, maka kemungkinan besar Anda tidak memiliki akses untuk menjalankan aplikasinya. Untuk lebih jelasnya ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Masuk start menu → ketikkan nama aplikasi kemudian klik kanan pada aplikasi Adobe yang akan digunakan. Di sini saya menggunakan Adobe Photoshop.
  2. Setelah itu, pilih Open file location dan nanti Anda akan diarahkan ke lokasi di mana file berada.
  3. Klik kanan lagi pada aplikasi → klik Properties.
  4. Nanti akan muncul jendela kecil, klik pada tab Compatibility.
  5. Pada menu Compatibility, centang kotak kecil yang bertuliskan “Run this program as an administrator“.
  6. Bagaimana cara mengatasi error 1 "please uninstall and  reinstall the product" pada Adobe Photoshop, Illustrator, Premiere Pro, After Effect versi cs3, cs4, cs5, cs6 maupun CC pada Windows 7, 8, & 10.
  7. Klik Apply lalu klik OK.
  8. Silakan buka aplikasi Adobe Anda, jika masih belum bisa Anda bisa mengatur bagian “Run this program in compatibility mode for:” sesuai dengan versi yang dibutuhkan.
  9. Bagaimana cara mengatasi error 1 "please uninstall and  reinstall the product" pada Adobe Photoshop, Illustrator, Premiere Pro, After Effect versi cs3, cs4, cs5, cs6 maupun CC pada Windows 7, 8, & 10.

Dari keempat cara di atas seharusnya sudah bisa mengatasi masalah yang muncul pada aplikasi Adobe seperti Adobe Photoshop, Premiere Pro, Illustrator, After Effect, InDesign dll. Karena saya sudah melakukan cara-cara di atas dan hasilnya works. Jika Anda masih mengalami masalah dengan ini, jangan sungkan untuk berkomentar di bawah.
Terimakasih telah berkunjung, semoga bermanfaat…

Oleh Kaca Teknologi

Official account of KacaTeknologi.com

Postingan Terkait:

0 Komentar

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *