6 Cara Mengatasi “Error Compiling Movie” di Adobe Premiere Pro

oleh | Mei 30, 2020 | Dunia Komputer

Bagaimana cara mengatasi "Error Compiling Movie - Import / Export Error" di Adobe Premiere Pro sehingga menyebabkan render stuck di Windows dan Mac OS?

KacaTeknologi.com – Bagaimana cara mengatasi “Error Compiling Movie – Import / Export Error” di Adobe Premiere Pro sehingga menyebabkan render stuck dan memunculkan pesan error code 4, 2, dst? Error Compiling Movie sendiri sudah menjadi masalah yang umum bagi para pengguna Adobe Premiere.

Banyak pengguna Adobe Premiere di platform Windows dan Mac OS melaporkan ke pihak Adobe bahwa mereka mendapatkan error ketika ingin import & export video atau project yang telah mereka buat. Beberapa pengguna lainnya juga mengatakan bahwa mereka mendapatkan error ini saat mencoba export audio adapun sebagian lagi mengatakan bahwa hal ini ada kaitannya dengan clip video dari lokasi tertentu.

Masalah ini tidak dijelaskan secara spesifik terjadi di sistem operasi versi apa, yang pasti jika Anda adalah pengguna Windows, maka tidak menutup kemungkinan Windows 7, 8, 8.1, dan 10 juga dapat mengalami masalah yang serupa.

Penyebab “Error Compiling Movie” di Adobe Premiere Pro:

  • Versi Adobe Premeire Lawas – Aplikasi sekelas Adobe Premiere Pro juga memiliki bug di dalamnya. Oleh karena itu, pihak pengembang selalu memperbarui versi Adobe Premiere menjadi lebih baik.
  • GPU Tidak Bisa Menangani Beban Aplikasi – Pemilihan GPU yang salah atau GPU yang tidak mendukung dapat menyebabkan error compiling movie muncul. Solusinya Anda bisa memilih GPU yang lain atau menggunakan Software Only Playback Engine.
  • Lokasi Project Rusak – Lokasi project atau lokasi video yang rusak, hilang, terhapus merupakan salah satu penyebab inti dalam hal ini. Pastikan ketika Anda ingin meng-import atau meng-export video / project lokasi yang dibutuhkan masih tersedia. Anda juga bisa mengganti destinasinya jika dibutuhkan.
  • Adanya Kesalahan Pada Project – Terkadang kita tidak mengalami apa-apa dan tidak membuat tindakan yang menyebabkan error. Tetapi, tiba-tiba saja error muncul tanpa penyebab yang jelas. Dalam hal ini error tersebut dinamakan “glitch”, biasanya Anda hanya perlu me-restart aplikasi atau perangkat untuk memperbaiki hal ini. 
Setelah mengetahui berbagai macam penyebab utama mengenai error yang muncul, saya menyarankan Anda untuk langsung menganalisa satu persatu sehingga Anda dapat menuju ke bagian inti dari permasalahan yang terdapat pada komputer Anda.

Namun apabila Anda bingung apa penyebabnya, silakan Anda ikuti satu persatu saja cara yang sudah dijelaskan di bawah ini.

Berikut adalah cara mengatasi “Error Compiling Movie” di Adobe Premiere Pro Pada Windows dan Mac OS:

1. Ganti Video Renderer

Jika Anda mendapatkan error ini ketika ingin mengekspor atau mengimpor baik itu video atau audio maka kemungkinan besar masalahnya berada pada Video Renderer yang digunakan. Mercury Playback Engine GPU Acceleration (CUDA) umumnya menjadi penyebab utama dalam hal ini. Solusinya Anda dapat menggantinya menjadi Mercury Playback Engine Software Only.
  1. Buka aplikasi Adobe Premiere Pro Anda.
  2. Klik menu File → Project Settings → General.
  3. Setelah itu akan muncul jendela baru dengan beragam menu di dalamnya. Silakan Anda klik menu / tab General 
  4. Pada bagian Renderer, ganti Mercury Playback Engine GPU Acceleration (CUDA) menjadi Mercury Playback Engine Software Only.
  5. Jika Anda mendapatkan error ini ketika ingin mengekspor atau mengimpor baik itu video atau audio maka kemungkinan besar masalahnya berada pada Video Renderer yang digunakan. Mercury Playback Engine GPU Acceleration (CUDA) umumnya menjadi penyebab utama dalam hal ini.
  6. Klik OK untuk menyimpan pengaturan kemudian silakan Anda export / import kembali video klip untuk memastikan apakah error sudah dapat diatasi.

2. Ganti Lokasi Project File

Banyak pengguna yang mengalami hal serupa melaporkan bahwa mengganti lokasi project ke lokasi yang lain dapat mengatasi Error Compiling Movie. Anda bisa mengubah lokasi project ke folder atau ke drive lain yang tersedia pada komputer Anda.
  1. Pada top-bar bagian atas kiri klik menu File.
  2. Selanjutnya silakan Anda klik menu Save As untuk menyimpan project dengan lokasi dan nama yang berbeda.
  3. Klik Save untuk menyimpan project.
  4. Banyak pengguna yang mengalami hal serupa melaporkan bahwa mengganti lokasi project ke lokasi yang lain dapat mengatasi Error Compiling Movie.
  5. Silakan cek kembali apakah error masih muncul atau tidak. Apabila error masih muncul, Anda bisa restart Adobe Premiere dan lakukan hal yang sama seperti yang sudah dijelaskan.

3. Duplikat File Sequence yang Error

Banyak juga pengguna yang mengatakan bahwa menduplikasi file sequence pada project yang gagal saat diekspor dapat mencegah pesan error muncul kembali. Anda hanya diharuskan menduplikasi file sequence yang gagal saja yang biasanya ditemukan pada tab Project.
  1. Pada project yang gagal ketika akan di-export, silakan Anda Klik Kanan pada sequence yang rusak.
  2. Selanjutnya Anda hanya perlu mengklik Duplicate.
  3. Banyak juga pengguna yang mengatakan bahwa menduplikasi file sequence pada project yang gagal saat diekspor dapat mencegah pesan error muncul kembali.
  4. Setelah itu silakan coba export ulang untuk memastikan bahwa error tidak muncul kembali.
Catatan: Nama sequence bisa berubah menjadi “Error Compiling“.

4. Temukan Dimana Letak File yang Rusak

Jika Adobe Premiere Pro terkadang crash selama proses ekspor berlangsung, bisa saja hal tersebut disebabkan karena adanya file pada project yang rusak. Entah itu dikarenakan lokasi yang tidak sesuai, file yang corrupt, atau terdapat kesalahan teknis lainnya.
Jika Adobe Premiere Pro terkadang crash selama proses ekspor berlangsung, bisa saja hal tersebut disebabkan karena adanya file pada project yang rusak.
Solusinya, Anda hanya perlu mengganti file yang rusak tersebut dengan file lain atau mudahnya Anda dapat memperbaikinya dengan cara mengimpor ulang.

5. Buat Project Baru

Cara mudah lainnya yang dapat Anda coba adalah dengan membuat project baru. Project baru ini nantinya akan diimpor dengan project Anda yang mengalami error sebelumnya. Jadi pastikan terlebih dahulu bahwa Anda sudah menyimpan project yang error tersebut di komputer Anda.
  1. Pastikan bahwa project yang rusak sudah Anda simpan pada perangkat Anda.
  2. Buat project baru dengan cara klik menu File → New → Project.
  3. Jika project baru sudah berhasil dibuat, klik kembali menu File lalu pilih Import.
  4. Cara mudah lainnya yang dapat Anda coba adalah dengan membuat project baru. Project baru ini nantinya akan diimpor dengan project Anda yang mengalami error sebelumnya.
  5. Pilih file project yang error tadi untuk dipindahkan ke project baru ini.
  6. Jika project berhasil terimpor dengan baik, selanjutnya Anda hanya perlu mengekspor kembali seperti biasa.

6. Update Aplikasi Adobe Premiere Pro

Nah menurut saya ini merupakan cara yang terampuh dari yang paling ampuh. Sesuai pengalaman saya sendiri, saya memutuskan untuk memperbarui versi aplikasi ke versi yang lebih sempurna. Kemudian saya mencoba untuk me-render dan mengekspor video yang sudah dibuat, alhasil error berhasil teratasi. 
Nah menurut saya ini merupakan cara yang terampuh dari yang paling ampuh. Sesuai pengalaman saya sendiri, saya memutuskan untuk memperbarui versi aplikasi ke versi yang lebih sempurna.
Langkah ini sangatlah mudah dilakukan. Anda hanya perlu menjalankan setup instalan aplikasi Adobe Premiere dan jalankan aplikasinya seperti biasa. Setelah Adobe Premiere yang baru berhasil terpasang dengan sempurna, seharusnya pesan error tidak akan muncul lagi.

Itulah Cara Mengatasi “Error Compiling Movie” di Adobe Premiere Pro Pada Windows dan Mac OS. Saya harap artikel ini dapat membantu Anda mengatasi masalah yang ada. Jangan lupa datang kembali dan bookmark situs ini, karena akan banyak sekali beragam problem solving yang disediakan. Terima kasih!

Oleh Kaca Teknologi

Official account of KacaTeknologi.com

Postingan Terkait:

1 Cara Mengatasi Tempered Glass Bergelembung

1 Cara Mengatasi Tempered Glass Bergelembung

Kacateknologi.com - 1 Cara Mengatasi Tempered Glass Bergelembung semakin lama perkembangan teknologi semakin pesat dan semakin berkembang khusunya dalam urusan smartphone dimana para produsen smartphone berlomba-lomba untuk membuat sebuah smartphone yang kini sudah...

baca lainnya

0 Komentar

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *