Cara Print Bolak Balik di Printer Epson di Microsoft Word Terbaru

oleh | Mei 30, 2020 | Dunia Komputer

Bagaimana cara print bolak balik atau dupleks di printer Epson I3110, I360, I120, I220 pada Microsoft Word dengan format docx / pdf?


Kacateknologi.com – Bagaimana cara print bolak balik atau dupleks di printer Epson I3110, I360, I120, I220 pada Microsoft Word dengan format docx / pdf? Jika selama ini kita mengeprint atau mencetak suatu dokumen hanya di satu sisi saja, pernahkah sobat berpikir apakah bisa mencetak suatu dokumen atau berkas di kedua sisi kertas layaknya sebuah buku?  mengeprint atau mencetak dokumen di kedua sisi kertas disebut juga dengan “duplex” atau kalimat sederhananya bolak balik sehingga otomatis akan mengirit kertas dan tidak boros penggunaan kertas.

Dengan menggunakan cara print bolak balik ini tentunya akan mengirit penggunaan kertas dan mempermudah kerja kita tentunya, tetapi sayangnya masih banyak orang yang belum tahu akan cara ini padahal bisa diterapkan di semua jenis printer termasuk printer yang saya gunakan yaitu printer Epson 

Cara Print Bolak Balik di Printer Epson Format Docx / PDF

Supaya bisa mencetak dokumen secara bolak balik di printer dengan format Docx maupun PDF printer yang digunakan harus support fitur tersebut terlebih dahulu tentunya, untuk bisa mengetahui apakah printer kita mendukung fitur tersebut atau tidak sobat bisa melihatnya di buku panduan printer.

Baca Juga : 5 Cara Mengubah File PDF ke Word Secara Online & Offline Terbaru

atau bisa juga sobat mengunjungi situs resmi printer yang kita punya, melakukan pencetakan dokumen depan-belakang ini ada 2 cara yang bisa sobat gunakan yaitu secara otomatis maupun manual.


1. Cara Print Dupleks Secara Otomatis di Microsoft Word

Yang pertama ada cara otomatis yang bisa sobat lakukan ketika ingin mencetak dokumen baik dari depan ataupun belakang lembar kertas adapun caranya sebagai berikut.
  • Klik menu File kemudian Print, silahkan sobat klik terlebih dahulu agar masuk ke menu printer
  • Atur Settingan ke menu Both of Side, jika sudah masuk ke menu pengaturan print, sobat akan menemukan pengaturan yang bertuliskan kedua sisi atau both of side. 
  • Setelah selesai mengatur, tinggal sobat klik print.
  • Hasil cetakan akan tampil di halaman depan ataupun belakang dari lembaran kertas.
Cara ini bisa diterapkan di semua printer tentunya printer yang digunakan harus mensupport atau mendukung fitur print both of side atau kedua sisi ini.
Jika kurang jelas dengan penjelasan diatas sobat bisa meihat gambar berikut. 
Cara print duplex atau depan belakang di microsoft word
silahkan sobat ikuti pengaturan seperti diatas, jika sudah mari lanjut ke langkah kedua yaitu print depan belakang dengan cara versi manual.

2. Cara Print Depan Belakang Secara Manual di Microsoft Word

Cara kedua yang bisa dilakukan yaitu dengan menggunakan cara manual, nah caranya sendiri tidak jauh berbeda dengan cara yang pertama ya sobat langkahnya sama saja dengan cara yang pertama maka sobat akan melihat tulisan Manually Print on both sides ( disini tertulis penjelasan tentang mengisi ulang kertas yang sudah dicetak) saat ada perintah taruh kertas bagian belakang yang masih kosong kedalam printer.

Baca Juga : Cara Ampuh Mengatasi Error “Windows cannot print due to a problem with the current printer setup”

2 Cara yang berbeda antara otomatis maupun manual sobat bisa menentukan sendiri cara mana yang ingin sobat gunakan kalau saya pribadi lebih memilih cara otomatis karena jauh lebih cepat, sederhana serta simple untuk diaplikasikan.


Itulah cara print bolak balik di printer Epson terbaru. mungkin ada beberapa tampilan yang berbeda pada saat mengoperasikan software microsoft word namun cara ini bekerja baik untuk format pdf ataupun docx. selamat mencoba ya sobat.

Oleh Kaca Teknologi

Official account of KacaTeknologi.com

Postingan Terkait:

0 Komentar

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *