Cara Menonaktifkan Kolom Komentar di Postingan Facebook

oleh | Mar 28, 2020 | Sosmed

Cara menonaktifkan kolom komentar di postingan Facebook dan menyembunyikannya menggunakan komputer atau HP Android / smartphone pada facebook lite.

KacaTeknologi.com – Berkomentar menjadi salah satu hal yang sering dilakukan oleh orang-orang terutama di media sosial seperti Facebook dan Instagram. Tapi, apakah Anda pernah merasa terganggu jika ada orang yang melakukan spam dalam berkomentar? Atau mungkin berkomentar yang bukan pada tempatnya? Di sinilah Anda harus mengetahui cara menonaktifkan komentar facebook.

Setiap pengguna Facebook bisa berkomentar pada postingan/status yang sifatnya publik, baik itu berjenis foto atau video tanpa diharuskan berteman terlebih dahulu. Akan tetapi, kita bisa mengubah pengaturan komentar pada postingan kita di Facebook agar hanya bisa dikomentari oleh teman dari teman, teman sendiri, orang-orang tertentu atau bahkan hanya kita sendiri.

Untuk Facebook sendiri tidak ada pengaturan untuk mematikan komentar Facebook secara penuh, namun kita diberikan akses untuk membatasi komentar saja. Ada beberapa jenis publikasi postingan dengan hak aksesnya, seperi yang dijelaskan sebagai berikut:

  • Publik 

Postingan Anda dapat dikomentari oleh siapa saja baik berteman dengan Anda atau tidak.

  • Teman dari Teman

Orang yang berteman dengan teman Anda akan bisa melihat postingan Anda. Biasanya lebih dikenal dengan istilah “mutual friend” atau teman bersama.

  • Teman

Postingan dengan tag kategori Teman hanya akan bisa dilihat oleh pengguna Facebook yang berteman dengan Anda saja. Berarti dalam hal ini, orang yang tidak berteman dengan Anda tidak akan bisa mengomentari status postingan Anda.

  • Teman Kecuali

Untuk ini Anda bisa mengecualikan orang-orang yang dipilih agar mereka tidak bisa melihat dan mengomentari postingan Anda di Facebook. Berarti, teman yang tidak masuk ke dalam daftar “kecuali” tetap akan bisa melihat dan mengomentari postingan Anda.

  • Teman Spesifik

Teman Spesifik merupakan kebalikannya dari Teman Kecuali. Pada kategori ini, orang yang masuk ke dalam daftar “Teman Spesifik” yang akan bisa melihat dan mengomentari postingan Anda.

  • Hanya saya
Sesuai namanya, Hanya saya ini berarti postingan yang Anda publikasikan hanya bisa dilihat dan dikomentari oleh Anda pribadi.

Baca Juga: Cara Download Video Facebook Lite di PC dan Android Terbaru → https://www.kacateknologi.com/2019/10/cara-unduh-video-facebook-lite.html

Jadi mana pilihan yang tepat? Menurut saya yang paling tepat adalah “Teman”. Karena dengan pilihan tersebut postingan tetap bisa dilihat oleh teman dan diri sendiri. Namun saya kembalikan lagi ke pribadi masing-masing dalam mengaturnya, karena pasti tujuannya berbeda-beda.

Cara Menonaktifkan Komentar di Postingan atau Status Facebook

1. Cara Menutup Kolom Komentar Facebook di Komputer

  1. Untuk yang pertama, login terlebih dahulu ke akun Facebook masing-masing.
  2. Klik pada ikon ▼ yang terdapat di sebelah kanan atas kemudian pilih pengaturan.
  3. Selanjutnya, klik pada Postingan Publik.
  4. Ubah status Komentar Postingan Publik menjadi Teman.
  5. Cara Menutup Kolom Komentar Facebook di Komputer

2. Cara Menyembunyikan Komentar di Facebook Lite atau di Smartphone Android

  1. Buka aplikasi Facebook atau Facebook Lite Anda.
  2. Klik garis tiga yang terdapat di pojok kanan atas.
  3. Klik Pengaturan.
  4. Cara Menyembunyikan Komentar di Facebook Lite atau di Smartphone Android
  5. Selanjutnya, pilih Postingan Publik / Public Posts.
  6. Kemudian, pada menu Komentar Postingan Publik pilih Teman.
  7. Cara Menyembunyikan Komentar di Facebook Lite atau di Smartphone Android
Baca Juga: Cara Mengatasi Facebook Lite Tidak Bisa Dibuka di Android → https://www.kacateknologi.com/2020/02/cara-mengatasi-facebook-lite-tidak-bisa.html

3. Cara Mematikan Komentar Pada Postingan Grup Facebook

  1. Buat atau cari postingan pada grup Facebook Anda.
  2. Pada bagian kanan atas status, klik titik tiga.
  3. Pilih nonaktifkan komentar.
  4. Cara Mematikan Komentar Pada Postingan Grup Facebook
  5. Seluruh anggota grup tidak akan bisa mengomentari postingan Anda sampai Anda membukanya kembali.

4. Cara agar Komentar di Facebook Tidak Terlihat atau Kosong

Cara ini sih bisa dibilang bonus lah ya. Tidak sedikit pengguna yang sengaja berkomentar kosong alias tidak terlihat apa-apa. Bagaimana bisa? Tentu bisa dengan diakali menggunakan beberapa karakter kode.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang dari Facebook Ad Breaks Tanpa Modal → https://www.kacateknologi.com/2019/07/cara-mendapatkan-uang-dari-facebook-ads.html

Lalu apa tujuan dari komentar tidak terlihat ini? Saya sendiri kurang tahu pasti, namun yang jelas biasanya mereka melakukan ini agar mendapatkan notifikasi postingan yang mereka ikuti atau hanya sekedar iseng untuk bersenang-senang saja. 
Jika Anda penasaran, silakan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini. Berikut adalah cara membuat komentar tidak terlihat atau kosong di Facebook:
  1. Silakan masuk ke aplikasi Facebook Lite di smartphone. Pastikan untuk menggunakan FB Lite, bukan yang lain.
  2. Selanjutnya, copy & paste kode @@[0:[0:1: ]] pada kolom komentar.
  3. Kirim komentar yang berisikan kode tersebut.
  4. Seharusnya Anda berhasil berkomentar tanpa ada karakter di dalamnya.
  5. Cara agar Komentar di Facebook Tidak Terlihat atau Kosong

Kesimpulan

Itulah cara menonaktifkan komentar di Facebook baik menggunakan komputer/PC dan smartphone/Android. Adapun fungsi menyembunyikan komentar facebook adalah agar privasi Anda lebih terjaga dan mengurangi jumlah spammer komentar yang biasanya mereka mempromosikan dagangan atau produk mereka di kolom komentar postingan Anda. Jika Anda mencari cara agar komentar FB tidak bisa dilihat teman, maka cukup ubah pengaturan Komentar postingan publik menjadi Hanya saya.

Mungkin itu saja untuk kali ini, saya harap artikel ini bermanfaat dan jangan lupa klik iklan agar situs ini tetap hidup. Terima kasih…

Oleh Kaca Teknologi

Official account of KacaTeknologi.com

Postingan Terkait:

0 Komentar

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *