Kaca Teknologi Official account of KacaTeknologi.com

Cara Mudah Menghentikan Update Otomatis Aplikasi Android Play Store

1 min read

Cara Mudah Menghentikan Update Otomatis Aplikasi Android Play Store

Kacateknologi.com – Cara Mudah Menghentikan Update Otomatis Aplikasi Android Play Store, Menghentikan pembaruan otomatis yang terjadi pada aplikasi android di Playstore merupakan salah satu cara yang cukup banyak dicari oleh para pengguna Android, bukan tanpa alasan pembaruan aplikasi secara otomatis ini memakan begitu banyak kuota internet yang ada. Juga memakan kapasitas memori internal di android yang cukup besar.

Semakin banyak aplikasi yang diperbarui maka semakin besar pula penggunaan kuota internet ataupun memori penyimpanan yang ada. Hal ini memang sangat menjengkelkan bagi beberapa orang, termasuk saya pribadi karena saat ini saya menggunakan android kelas menengah yang media penyimpannanya tak terlalu besar.

Lantas bagaimana sih caranya menghentikan pembaruan otomatis yang ada di Google Playstore? caranya sendiri cukup mudah kok sobat, akan saya jelaskan pada artikel kali ini.

Cara Mudah Menghentikan Update Otomatis Aplikasi Android Play Store

Mematikan pembaruan otomatis pada google playstore sangat mudah dan sederhana untuk dilakukan, mari simak langkah-langkah berikut ini.

  • Ketuk Foto Profil
  • Pilih Setelan
  • Pilih Prefensi Jaringan
  • Pilih Jangan Update Otomatis Aplikasi

Jika belum jelas dengan penjelasan diatas, mari simak gambar berikut ini.

1. Buka Google Play Store dan Ketuk Menu Setelan

Cara Mudah Menghentikan Update Otomatis Aplikasi Android Play Store
Tampilan Menu Profil Google Play Store

Diatas merupakan tampilan utama Google Play Store, silahkan sobat ketuk lagi menu Setelan kemudian kita lanjut ke langkah berikutnya.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Dark Mode di Google Playstore 2021

2. Buka Menu Preferensi Jaringan

Langkah kedua dalam Cara Mudah Menghentikan Update Otomatis Aplikasi Android Play Store yaitu dengan membuka menu Preferensi Jaringan seperti pada gambar berikut ini.

Cara Agar Aplikasi Playstore Tidak Update Otomatis
Menu Preferensi Jaringan Play Store

Nah pada bagian inilah kita bisa mengatur dan mematikan update atau pembaruan otomatis dari Google Playstore terhadap aplikasi yang ada di Android / Smartphone yang kita gunakan, silahkan sobat tap menu Preferensi Jaringan maka akan muncul menu seperti dibawah ini.

Melewati Update Game Android
Jangan Update Aplikasi Otomatis Playstore

Nah jika tampilannya sudah seperti diatas, silahkan sobat ketuk menu Update Aplikasi Otomatis kemudian pilih opsi Jangan Update Aplikasi Otomatis seperti pada gambar diatas, maka dengan demikian tak akan ada lagi pembaruan aplikasi secara otomatis atau tiba-tiba dari Playstore ke aplikasi yang terpasang di Smartphone yang kita gunakan.

Dan ketika Playstore meminta pembaruan otomatis, maka dengan sendirinya akan tertunda seperti berikut ini.

Cara Melewati update otomatis di Playstore
Update Otomatis Playstore Tertunda

Maka setiap pembaruan otomatis dari Play Store yang secara tiba-tiba akan meminta persetujuan kita terlebih dahulu, biasanya pembaruan otomatis hanya akan berlaku ketika kita menggunakan koneksi Wifi. Dengan demikian kita akan melewati update otomatis yang dijalankan oleh Google Play Store.

Sampai disini kita sudah berhasil mengikuti panduan tentang Cara Mudah Menghentikan Update Otomatis Aplikasi Android Play Store.

Penutup, Cara Mudah Menghentikan Update Otomatis Aplikasi Android Play Store sendiri sangatlah mudah dimana hanya perlu beberapa langkah saja untuk menghentikannya, manfaat mematikan pembaruan otomatis aplikasi di android sendiri bisa menghemat kuota dan penyimpanan data atau memori internal di smartphone kita.

Kaca Teknologi Official account of KacaTeknologi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *