Kaca Teknologi Official account of KacaTeknologi.com

Cara Unduh Sertifikat Vaksin di Aplikasi dan Situs Peduli Lindungi 2021

2 min read

Cara Unduh Sertifikat Vaksin di Aplikasi dan Situs Peduli Lindungi 2021

Kacateknologi.com – Cara Unduh Sertifikat Vaksin di Aplikasi dan Situs Peduli Lindungi 2021, PeduliLindungi merupakan sebuah aplikasi yang disediakan oleh pemerintah untuk membantu masyarakat dalam menjalankan vaksinasi yang diadakan secara gratis oleh pemerintah, biasanya setelah kita mendapatkan undangan vaksin, kita juga akan menerima sertifikat bahwa kita dinyatakan telah divaksin.

Namun tak semua peserta vaksinasi mendapatkan link untuk mengunduh sertifikat nya secara langsung, baik melalui sms ataupun melalui aplikasi dan situs Peduli Lindungi lalu bagaimana sih cara mengunduh sertifikat di aplikasi dan situs Peduli Lindungi?

Caranya cukup mudah sebenarnya, namun tak semua orang ‘melek’ teknologi, maka dari itu saya harap dengan apa yang saya tulis bisa membantu sobatku semua, yang kebingungan tentang bagaimana cara unduh sertifikat Vaksin di aplikasi maupun situs Peduli Lindungi, dan berikut ini adalah caranya.

Dapatkan 8 Pelatihan Hard + Soft-skills Ekslusif Hanya 90rb
Reskillience Bootcamp

Baca Juga : Cara Buat Akun di Situs PeduliLindungi Untuk Vaksinasi 2021

Cara Unduh Sertifikat Vaksin di Aplikasi dan Situs Peduli Lindungi 2021

Ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan supaya bisa mengunduh sertifikat vaksin, dan berikut ini adalah langkah-langkahnya.

1. Unduh Aplikasi Peduli Lindungi di Google Playstore

Langkah pertama, sobat bisa mengunduh terlebih dahulu aplikasi peduli lindungi yang terdapat di google playstore dan app store, dan bisa diunduh secara gratis.

Tinggal ketik kata kunci PeduliLindungi maka otomatis akan muncul aplikasi tersebut.

Silahkan sobat daftar terlebih dahulu jika belum punya akun, jika sudah punya akun silahkan langsung login saja menggunakan Nomor HP dan NIK KTP.

Untuk bisa melihat dan mengunduh sertifikat vaksinnya sendiri sangatlah mudah.

  • Buka Aplikasi Peduli Lindungi
  • Masuk Bagian Profil
  • Tap Menu Sertifikat Vaksin
  • Unduh Sertifikat Vaksin Yang Tersedia.

Jika kurang jelas dengan penjelasan diatas, mari simak gambar berikut ini.

Cara Unduh Sertifikat Vaksin di Aplikasi dan Situs Peduli Lindungi 2021
Profil Akun di Aplikasi Peduli Lindungi

Untuk bisa mengunduh sertifikat vaksin nya, silahkan sobat tap menu Sertifikat Vaksin maka akan muncul tampilan seperti berikut ini.

Cara Unduh Sertifikat Vaksin di Aplikasi dan Situs Peduli Lindungi 2021
Mengunduh Sertifikat Vaksin di Aplikasi PeduliLindungi

Jika Sertifikat Vaksin sudah bisa diunduh, tandanya seperti pada gambar diatas ya sobat, dimana kita bisa menekan tombol Unduh Sertifikat yang ada pada aplikasi Peduli Lindungi.

Setelah menekan tombol Unduh Sertifikat, otomatis akan terunduh dan masuk ke galeri Smartphone kita.

2. Unduh Sertifikat Vaksin Dari Situs Peduli Lindungi

Langkah kedua dalam Cara Unduh Sertifikat Vaksin di Aplikasi dan Situs Peduli Lindungi 2021 adalah dengan membuka situs PeduliLindungi.id disana, kita juga bisa mengakses akun kita yang terdaftar untuk melihat jadwal vaksinasi kedua, ataupun untuk mengunduh sertifikat vaksin.

Caranya sendiri tak jauh berbeda dengan cara pertama, sangat mudah dan sederhana.

  1. Buka Situs PeduliLindungi.id
  2. Klik Tombol login
  3. atau Daftar untuk yang belum punya akun
  4. Masukkan Nomor HP
  5. Masukkan Kode OTP yang dikirimkan via SMS
  6. Klik Nama Profil
  7. Klik Sertifikat Vaksin

Jika kurang jelas, mari simak gambar berikut ini ya sobat.

Cara Unduh Sertifikat Vaksin di Aplikasi dan Situs Peduli Lindungi 2021
Download Sertifikat Vaksin di Situs Peduli Lindungi

Silahkan klik menu Sertifikat Vaksin supaya bisa mengunduh sertifikatnya melalui situs PeduliLindungi, apa bedanya dengan versi aplikasi? sebenarnya sama saja ya sobat yang membedakan hanyalah dari segi tampilan antara website dan aplikasi.

Sekarang masuk bagian akhir dari Cara Unduh Sertifikat Vaksin di Aplikasi dan Situs Peduli Lindungi 2021.

Untuk bisa melihat Riwayat dan mengunduh Sertifikat Vaksin, silahkan klik menu Riwayat dan Sertifikat Vaksin pada menu yang tersedia, contohnya seperti berikut ini.

Cara Unduh Sertifikat Vaksin di Aplikasi dan Situs Peduli Lindungi 2021
Melihat Riwayat Vaksin dan Mengunduh Sertifikat Vaksin di situs PeduliLindungi

Yang terakhir sobat tinggal klik tombol unduh yang biasanya tersedia pada tampilan situs PeduliLindungi jika sertifikatnya sudah terbit.

Sudah Divaksin, Tapi Sertifikatnya Belum Terbit

Memang sangatlah mudah mengunduh sertifikat vaksin melalui aplikasi PeduliLindungi ataupun melalui situs Web nya, tapi tak semua orang mendapatkan link atau sertifikatnya langsung terbit.

Setidaknya hal tersebut yang terjadi dalam beberapa kasus, maka harus dipastikan kembali :

  • Nomor Yang Didaftarkan Pada saat Vaksinasi Aktif, bisa menerima SMS ( bukan WA )
  • Cek Kotak SMS, biasanya kita akan mendapatkan SMS dari nomor 1199 setelah divaksin, saya sendiri dapat SMS tersebut 2 hari setelah divaksin ( Bervariasi, ada yang lebih cepat ada yang lebih lambat ).
  • Lengkapi Data di PeduliLindungi, kemudian pastikan pada aplikasi PeduliLindungi data yang sobat masukkan sudah lengkap mulai dari NIK, nomor HP, dan lain-lain.

3 Point diatas merupakan hal yang paling penting, terutama nomor HP karena biasanya link Sertifikat Vaksin akan dirikirim via SMS atau bisa di cek pada aplikasi dan situs Peduli Lindungi.

Sampai disini sebenarnya sudah berhasil mengikuti panduan Cara Unduh Sertifikat Vaksin di Aplikasi dan Situs Peduli Lindungi 2021

Bagaimana Jika Ada Kesalahan Data?

Jika ada kesalahan data, misalkan nomor HP, silahkan sobat datang kembali ke tempat sobat di vaksin, kemudian tanyakan pada panita Vaksinasi apakah datanya bisa diubah atau tidak.

Penutup, Mengunduh Sertifikat Vaksin melalui Situs dan Aplikasi PeduliLindungi sangatlah mudah hanya perlu beberapa langkah saja supaya bisa mengunduh sertifikatnya.

Tapi sayang, terkadang tidak semua sertifikat peserta vaksin langsung muncul, bahkan ada yang tidak muncul, maka pastikan kembali nomor HP yang didaftarkan pada saat Vaksinasi aktif dan bisa menerima SMS.

Demikianlah artikel tentang Cara Unduh Sertifikat Vaksin di Aplikasi dan Situs Peduli Lindungi 2021 semoga apa yang saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi bisa bermanfaat untuk sobat semua.

Selamat mencoba, terima kasih sudah membaca Cara Unduh Sertifikat Vaksin di Aplikasi dan Situs Peduli Lindungi 2021

Dapatkan 8 Pelatihan Hard + Soft-skills Ekslusif Hanya 90rb
Reskillience Bootcamp
Kaca Teknologi Official account of KacaTeknologi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *