6 Cara Mengatasi Error Code 0xc004f074 di Windows 7, 8, & 10

oleh | Apr 4, 2020 | Dunia Komputer

Cara Mengatasi Error Code 0xc004f074 di Windows 7, 8, & 10 versi Pro, Ultimate, Enterprise, Personal (Windows Activation Error) setelah update.

KacaTeknologi.com – Key Management Service (KMS) digunakan untuk mengaktivasi sistem operasi Windows agar fitur-fitur yang ada di dalamnya dapat digunakan secara penuh oleh pengguna. Hanya saja, ketika proses aktivasi gagal, maka pengguna akan mendapati pesan “Windows Activation Error code 0xc004f074” baik itu di Windows 7, 8, atau 10 tidak memandang apakah itu versi Pro, Ultimate, Enterprise, dsb.

Kegagalan aktivasi Windows bisa terjadi karena sistem tidak dapat menjangkau kode aktivasi yang akan digunakan. Penyebab error code 0xc004f074 juga disebabkan karena adanya perbedaan antara KMS Client dan KMS Host, yang bisa terjadi saat proses instalasi atau sesudah proses instalasi. Selain itu, Windows versi illegal/bajakan atau baru saja meng-update Windows juga bisa menyebabkan pesan error ini muncul.

Cara Mengatasi Error Code 0xc004f074 di Windows 7, 8, & 10

Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu menjalankan beberapa perintah pada command prompt (CMD). Di mana perintah ini yang akan mengubah status aktivasi Windows Anda sehingga diharapkan error tidak muncul lagi.
Berikut adalah cara mengatasi error code 0xc004f074 di Windows 7, 8, 10:

1. Gunakan Perintah slmgr.vbs

  1. Masuk ke menu pencarian Windows kemudian cari “Command Prompt”.
  2. Pastikan Command Prompt dibuka dalam mode administrator.
  3. Ketika sudah masuk CMD, Anda perlu mengetikkan kode berikut:
  4. slmgr.vbs –ipk YYYYY- YYYYY – YYYYY – YYYYY – YYYYY
  5. Ganti kode YYYY tersebut menggunakan kode serial Windows yang Anda miliki. Biasanya kode serial memiliki panjang 25 karakter.
  6. Tekan enter untuk menjalankan perintah.
  7. Setelah itu, ketik lagi kode di bawah ini:
  8. slmgr.vbs –ato
  9. Tekan enter kembali untuk menjalankan perintah tersebut.
  10. Mulai ulang PC Anda dan lihat apakah error masih muncul atau tidak.

2. Gunakan Perintah Slui 3

  1. Pada desktop, silakan tekan Windows + R secara bersamaan.
  2. Jendela “Run” akan muncul, kemudian Anda ketikkan “Slui 3” tanpa tanda petik.
  3. Ketikkan "Slui 3" tanpa tanda petik.
  4. Tekan enter pada keyboard Anda.
  5. Ketikkan kode aktivasi yang Anda miliki di jendela selanjutnya.
  6. Ketikkan kode aktivasi yang Anda miliki di jendela selanjutnya.
  7. Apabila kode aktivasi yang dimasukkan benar, maka Windows otomatis akan mengecek kodenya. Namun biasanya Anda perlu mengklik tombol Activate untuk mengaktifkannya.
  8. Reboot Windows dan seharusnya error sudah hilang.

3. Jalankan Perintah SFC scan

  1. Jalankan Command Prompt dalam mode administrator.
  2. Klik tombol Yes jika diminta oleh Windows.
  3. Ketikkan sfc /scannow lalu tekan enter.
  4. Ketikkan sfc /scannow lalu tekan enter.
  5. Biarkan SFC scan berjalan dan tunggu sampai selesai.
  6. Jika sudah silakan restart PC Anda dan cek apakah pesan error masih muncul.

4. Jalankan Update dan Activation Troubleshooters

Karena pada umumnya pesan error ini juga muncul akibat melakukan update versi Windows pada komputer. Menjalankan Update Troubleshooter mungkin bisa membantu.
  1. Masuk ke Pengaturan → Update & Security → Troubleshooter → pilih Windows Update dan jalankan Troubleshooter.
  2. Masuk ke Pengaturan → Update & Security → Troubleshooter → pilih Windows Update dan jalankan Troubleshooter.
  3. Jika error masih berlanjut, Anda bisa jalankan Activation Troubleshooter dengan baik. Masuk ke Pengaturan → Update & Security → Activation → Troubleshoot.
  4. Jika error masih berlanjut, Anda bisa jalankan Activation Troubleshooter dengan baik. Masuk ke Pengaturan → Update & Security → Activation → Troubleshoot.
  5. Tunggu sampai proses pemecahan masalah selesai. Jika sudah selesai, Anda bisa mulai ulang PC Anda untuk memastikan apakah error berhasil teratasi.

5. Kontak Tim Bantuan Microsoft

Coba untuk menghubungi tim bantuan Microsoft untuk hal ini. Jelaskan masalah yang Anda alami pada mereka dan coba untuk meminta kode aktivasi yang baru. Dalam beberapa kasus, jika Anda menggunakan kode aktivasi yang sama beberapa kali, maka server akan memblokir kode tersebut. Dalam hal ini membuat Anda untuk meminta reset kode aktivasi kepada tim bantuan Microsoft.

6. Menggunakan Aplikasi KMS Pihak Ketiga

5 cara di atas merupakan cara yang benar alias untuk mereka yang memang memiliki lisensi pada sistem operasi mereka. Jika Anda menggunakan Windows versi bajakan, maka cara yang satu ini mungkin cocok untuk Anda. 
Untuk Anda yang ingin tahu caranya serta ingin mendapatkan kode aktivasi gratis silakan klik di sini: Cara Aktivasi Windows 8 & 10 Permanen Offline Tanpa Product Key.

FAQs

Bagaimana saya bisa menemukan serial key/serial number/kode aktivasi Windows?

Biasanya kode tersebut terdapat pada UEFI Firmware atau BIOS Windows Anda. Silakan masuk ke BIOS lalu cek kode aktivasinya. Jika Anda tidak menemukannya, Anda bisa cek pada sertifikat atau stiker yang menempel pada komputer. Apabila Anda bingung, cukup gunakan cara yang dijelaskan pada nomor 6 di atas.

Apakah ID produk dengan kode aktivasi sama?

Terkadang para pengguna sering salah paham antara kode aktivasi dengan id produk. Dua hal yang membingungkan tersebut adalah hal yang berbeda. ID produk hanya mengindikasikan versi dari Windows Anda, sedangkan kode aktivasi adalah kode untuk mengaktifkan Windows yang mana terdiri dari 25 karakter.

Mungkin itu saja mengenai cara mengatasi error code 0xc004f074 di Windows 7, 8, dan 10. Jika Anda memiliki pertanyaan silakan untuk berkomentar. Apabila artikel ini bermanfaat, mohon bagikan kepada yang lain. Terima kasih…

Oleh Kaca Teknologi

Official account of KacaTeknologi.com

Postingan Terkait:

0 Komentar

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *