5 Cara Mengatasi Tombol Keyboard Tertukar Menjadi Angka/Simbol

oleh | Feb 18, 2020 | Dunia Komputer

Cara mengatasi tombol huruf keyboard tertukar menjadi angka/simbol, selalu capslock/kapital, tombol WASD menjadi panah, atau keyboard yang tidak berfungsi sebagian pada laptop dan komputer di Windows 7/8/10.

KacaTeknologi.com – Terkadang tombol keyboard laptop/komputer suka error sendiri entah karena kerusakan hardware ataupun software nya. Namun, jika membicarakan tombol keyboard yang berubah menjadi angka ketika diketik, maka penyebab umumnya adalah tentang software/pengaturan yang ada pada PC sendiri namun tidak menutup kemungkinan hardware juga termasuk di dalamnya.

Tidak memandang merk, baik Asus, Acer, Lenovo, Sony dll keyboard laptopnya juga terkadang mengalami error semacam ini. Jadi Anda jangan dulu menyalahkan laptop Anda dan beranggapan laptop yang Anda gunakan ini jelek, karena bisa jadi ini hanya permasalahan setting saja.

Biasanya huruf yang tertukar adalah seperti huruf O menjadi angka 6, I menjadi angka 5, J menjadi angka 1 P menjadi * dan masih banyak lagi huruf-huruf lainnya yang tertukar. Adapun untuk cara mengatasi dan memperbaikinya bisa Anda lihat di bawah ini.

Cara Memperbaiki Keyboard Komputer/Laptop yang Error Saat Diketik

Berikut adalah cara mengatasi tombol huruf keyboard berubah menjadi angka/tertukar:

1. Pastikan Num Lock Dalam Keadaan Mati

Ini sih hal sepele ya, namun seringkali orang abaikan sehingga membuat keyboard-nya menjadi error. Meskipun pada beberapa pengaturan tombol Num Lock tidak mempengaruhi tombol lainnya, namun tidak sedikit juga hal ini justru berpengaruh. Oleh karena itu, saya sarankan untuk mematikan tombol Num Lock terlebih dahulu setelah itu coba ketik untuk memastikan apakah keyboard kembali menjadi normal atau tidak.
Adapun untuk mematikan Num Lock pada PC bisa Anda tekan langsung tombolnya karena biasanya sudah tersedia di keyboard. Jika Anda pengguna laptop, silakan ikuti cara di bawah ini. Berikut adalah cara mematikan Num Lock pada laptop:
  • Tekan tombol Fn + F11 secara bersamaan dan silakan Anda cek apakah masalah berhasil teratasi.
  • Cari tombol di laptop yang bertuliskan Num Lk, biasanya terletak diantara F1 sampai F12 atau tombol delete. Jika sudah ditemukan, silakan tekan Fn + Num Lk.
  • Jika masih tidak berfungsi, silakan coba untuk menekan Fn + Shift + F11/Num Lk. Biasanya pada beberapa laptop perlu menekan shift agar perintah dapat diterima.

2. Ganti Bahasa Keyboard & Setting Pengaturan Keyboard

Cara kedua ini bisa mengatasi masalah lain selain berubahnya tombol huruf menjadi angka, yaitu huruf keyboard yang selalu capital/besar/capslock. Untuk ini Anda perlu menyesuaikan pengaturan bahasa pada keyboard Anda.

Baca Juga : 6 Cara Mengatasi Kursor Laptop yang Hilang di Windows 7, 8, & 10

Bahasa default yang akan kita gunakan adalah English (United States) dan cara ini bisa diaplikasikan pada Windows 7, 8, 8.1, ataupun Windows 10.
  1. Buka Control Panel pada Windows.
  2. Kemudian pada menu Clock, Language and Region klik Add Language.
  3. Cara mengatasi tombol huruf keyboard tertukar menjadi angka/simbol, selalu capslock/kapital, tombol WASD menjadi panah, atau keyboard yang tidak berfungsi sebagian pada laptop dan komputer di Windows 7/8/10.
  4. Pastikan bahasa yang terpilih adalah English (US) seperti gambar berikut.
  5. Cara mengatasi tombol huruf keyboard tertukar menjadi angka/simbol, selalu capslock/kapital, tombol WASD menjadi panah, atau keyboard yang tidak berfungsi sebagian pada laptop dan komputer di Windows 7/8/10.
  6. Adapun jika bahasanya bukan English, silakan klik Add a language kemudian cari English (US) setelah itu klik Add/Open.
  7. Cara mengatasi tombol huruf keyboard tertukar menjadi angka/simbol, selalu capslock/kapital, tombol WASD menjadi panah, atau keyboard yang tidak berfungsi sebagian pada laptop dan komputer di Windows 7/8/10.
  8. Sekarang, Anda perlu menghapus bahasa keyboard yang ada sebelumnya dan membiarkan bahasa English (US) untuk tetap terpasang. Silakan klik Remove pada bahasa selain English (US).
  9. Cara mengatasi tombol huruf keyboard tertukar menjadi angka/simbol, selalu capslock/kapital, tombol WASD menjadi panah, atau keyboard yang tidak berfungsi sebagian pada laptop dan komputer di Windows 7/8/10.
  10. Silakan Restart laptop/komputer Anda.
  11. Jika PC sudah kembali nyala, ketikkan pada menu pencarian “Region and language settings” kemudian klik pada hasil yang sesuai.
  12. Pastikan pada menu Region and language settings pengaturannya adalah English (US) sebagai default. Jika belum, klik pada bahasa English (US) kemudian klik Set as primary.
  13. Cara mengatasi tombol huruf keyboard tertukar menjadi angka/simbol, selalu capslock/kapital, tombol WASD menjadi panah, atau keyboard yang tidak berfungsi sebagian pada laptop dan komputer di Windows 7/8/10.
  14. Kembali cek apakah masalah sudah teratasi.
Jika pengaturan United States tidak bisa, silakan coba pengaturan United Kingdom dan hapus salah satunya.

3. Memperbaiki Tombol WASD yang Tertukar

Ketika saya bermain game genre war, saya terheran karena karakter tidak bisa bergerak. Lalu saya cek keyboard dan ternyata ketika saya menekan tombol WASD malah tidak keluar huruf. 
Setelah itu, saya mencoba untuk mengetikkan beberapa huruf lain dan mencoba menekan WASD kembali dan hasilnya adalah ikon typing malah berpindah.

Baca Juga : Cara Mengembalikan Layar Laptop / Komputer yang Terbalik

Nah dari sini saya baru sadar, sebenarnya tombol WASD saya ini tertukar dengan tombol panah pada keyboard. Adapun untuk mengatasinya tidaklah sulit, Anda hanya perlu menekan Fn + W atau Fn + Shift + W dan seharusnya masalah berhasil diatasi.

4. Ubah Switch Input dan Switch Keyboard Layout

Jika Anda pengguna Windows 7, error ini bisa juga terjadi karena adanya pengaturan yang tidak tepat pada sistem Windows sehingga Anda perlu mengubahnya terlebih dahulu untuk ini.
  1. Buka Control Panel.
  2. Selanjutnya klik Regional and Language.
  3. Masuk ke tab Keyboard and Language lalu klik tombol Change Keyboard pada menu Keyboard and other input languages.
  4. Setelah itu, masuk lagi ke tab Advanced key settings lalu klik Change Key Sequence pada bagian bawah.
  5. Nanti akan muncul tab baru, pada bagian Switch Input Language & Switch Keyboard Layout pilih Not Assigned.
  6. Klik OK untuk menyimpan pengaturan.
  7. Restart laptop dan cek apakah masalah berhasil teratasi.

5. Dengan Menonaktifkan Sticky Keys

Sticky keys adalah fitur bawaan Windows yang memungkinkan Anda untuk menjalankan perintah yang menggunakan multi tombol menjadi tombol yang lebih singkat. Sebenarnya fitur ini untuk memudahkan mereka yang cacat dan sulit dalam menekan variasi tombol pada keyboard.
Namun, ternyata sticky keys juga bisa menjadi penyebab dalam berubahnya pengaturan keyboard yang ada. Anda bisa mengubah pengaturan sticky keys menjadi default atau menonaktifkannya agar sticky keys tidak mengganggu tombol lainnya. 
Adapun untuk cara menonaktifkannya bisa dilihat di sini: Cara Menonaktifkan & Mengembalikan Sitcky Keys ke Pengaturan Semula.

Nah mungkin itu saja dalam mengatasi error pada tombol keyboard seperti tertukar menjadi angka, huruf selalu kapital/capslock, tombol WASD berubah menjadi panah dan lain-lain. Saya harap artikel ini dapat membantu Anda dan membuat Anda paham dalam troubleshooting keyboard.

Oleh Kaca Teknologi

Official account of KacaTeknologi.com

Postingan Terkait:

0 Komentar

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *