MWF6NGx4MGZ5MWp7NqNcMqpcMSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

3 Cara Menonaktifkan Filter / Sticky Keys di Windows

Bagaimana cara mematikan filter / sticky keys di Windows 7/8/8.1/10 dan cara mengatasi tombol ctrl & shift yang aktif terkunci dan tertekan terus terlebih lagi ketika bermain game.

KacaTeknologi.com - Sticky Keys adalah fitur di Windows yang memungkinkan Anda menjalankan pintasan keyboard multi-tombol dengan memungkinkan Anda menekan satu tombol pengubah misalnya (SHIFT, CTRL, atau ALT) sekaligus. Misalnya, ketika Anda perlu menekan 2 atau 3 tombol bersama-sama seperti tombol Ctrl + Shift + Esc untuk membuka Task Manager, kemudian menggunakan tombol Sticky Anda dapat dengan mudah menekan satu tombol pada suatu waktu dan kemudian tekan tombol lainnya secara berurutan. Misalkan untuk membuka task manager Anda mengaturnya menjadi klik SHIFT lalu klik C dan hal tersebut tidak perlu diklik secara bersamaan berbeda jika tidak menggunakan sticky Anda harus mengklik 3 tombol sekaligus secara bersamaan.

Bagi penyandang cacat, menekan dua atau tiga tombol bersamaan dapat menjadi tugas yang sulit, sehingga mereka memiliki opsi untuk menggunakan Sticky Keys. Ketika tombol Sticky diaktifkan, mereka dapat dengan mudah menekan satu tombol pada satu waktu yang sama, akan tetapi bagi orang yang normal justru ini malah mengganggu aktivitas dalam penggunaan keyboard oleh karena itu mereka biasanya lebih cenderung untuk tidak menggunakan sticky keys.

3 Cara mematikan fitur filter / sticky keys pada Windows 7/8/10


1. Menonaktifkannya menggunakan keyboard

Untuk yang pertama tekan tombol Shift lima kali untuk mengaktifkan tombol Sticky, opsi ini diaktifkan secara default. Sebuah suara akan terdengar yang mengindikasikan bahwa sticky keys dihidupkan. Anda perlu mengklik Yes pada pesan yang muncul untuk mengaktifkan sticky keys.

Bagaimana cara mematikan filter / sticky keys di Windows 7/8/8.1/10 dan cara mengatasi tombol ctrl & shift yang aktif terkunci dan tertekan terus terlebih lagi ketika bermain game.

Untuk mematikan sticky keys Anda perlu menekan tombol Shift lima kali lagi dan klik Yes pada pesan peringatan yang muncul. 


2. Mematikannya menggunakan fitur Ease of Access

  1. Buka Control Panel\Ease of Access, kemudian klik change how your keyboard works.
  2. Bagaimana cara mematikan filter / sticky keys di Windows 7/8/8.1/10 dan cara mengatasi tombol ctrl & shift yang aktif terkunci dan tertekan terus terlebih lagi ketika bermain game.
  3. Setelah itu, hilangkan centang pada kotak kecil yang bertuliskan Turn on Sticky Keys.
  4. Bagaimana cara mematikan filter / sticky keys di Windows 7/8/8.1/10 dan cara mengatasi tombol ctrl & shift yang aktif terkunci dan tertekan terus terlebih lagi ketika bermain game.
  5. Kemudian klik OK untuk mengubah peraturan.\
  6. Sticky keys berhasil dinonaktifkan.


3. Menonaktifkan peringatan sticky keys ketika menekan shift

2 cara di atas hanya menjelaskan tentang menonaktifkannya agar tidak berfungsi, namun bagaimana jika kita menekan shift lima kali kemudian muncul peringatan terus ? biasanya hal ini sangat menganggu contohnya ketika bermain game. Nah cara ketiga ini adalah cara yang tepat untuk Anda.
  1. Lakukan cara nomor 2 di atas sampai Anda menghilangkan centang pada kotak Turn on Sticky Keys.
  2. Lalu, Anda klik pada tulisan berwarna biru di bawahnya yang bertuliskan Set up Sticky Keys.
  3. Silakan Anda hilangkan centang pada kotak yang bertuliskan Turn on Sticky Keys when SHIFT is pressed five times.
    1. Bagaimana cara mematikan filter / sticky keys di Windows 7/8/8.1/10 dan cara mengatasi tombol ctrl & shift yang aktif terkunci dan tertekan terus terlebih lagi ketika bermain game.
  4. Klik Apply lalu OK.
  5. Pesan warning tidak akan muncul lagi.


Kesimpulan

Selain fungsi yang dijelaskan di atas, terkadang sticky keys juga menganggu ketika kita bermain game. Biasanya game yang lebih sering membutuhkan tombol SHIFT ketika bermain akan memunculkan pesan peringatan sticky keys, namun di sisi lain sticky keys juga sangat berfungsi untuk memudahkan akses bagi orang yang cacat dalam menggunakan Windows.

Itulah cara menonaktfikan sticky keys pada Windows, terimakasih sudah berkunjung dan jangan lupa kembali..
Share This Article :
Kaca Teknologi

Official account of KacaTeknologi.com

4571795084962316914