Tips Menghemat Baterai Smartphone Android Yang Boros

oleh | Mei 11, 2020 | Android

cara menghemat baterai smartphone android yang broos

Kacateknologi.com – Smartphone saat ini memang dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang memanjakan tapi dibalik kecanggihan fitur yang ditawarkan terdapat satu kelemahan pada android itu sendiri yaitu baterai android yang boros dan terkadang cepat habis, lantas apa sih yang menyebabkan borosnya si baterai android ini? lalu bagaimana cara menghemat baterai smartphone? saya akan membahasnya pada artikel ini.

Baterai smartphone yang mudah habis tentunya menjadi kendala tersendiri bagi pemilik smartphone android, terlebih ketika dalam keadaan darurat dan baterai smartphone habis tentunya sangat menjengkelkan, sebelum masuk ke inti pembahasan perlu diketahui terlebih dahulu apa saja sih penyebab borosnya baterai si android ini? berikut ini adalah beberapa penyebabnya.

Penyebab Baterai Smartphone Android Boros atau Cepat Habis

Berikut ini adalah beberapa faktor yang menjadi penyebab kenapa baterai smartphone boros atau cepat habis 
  • Aplikasi Pemakan Baterai, banyaknya aplikasi yang terpasang di suatu smartphone tentu saja akan cepat memakan kapasitas baterai itu sendiri
  • Charger Bermasalah atau rusak
  • Google Play Service
  • Sistem Android
  • Baterai sudah usang
Nah diatas merupakan beberapa penyebab yang membuat baterai smartphone menjadi boros dan cepat habis, penyebab diatas juga sangat berpengaruh terhadap kondisi baterai smartphone, terkadang ada smartphone yang jarang digunakan tetapi baterai habis dengan sendirinya.


Tips Menghemat Baterai Smartphone Android Yang Boros

Dan berikut ini adalah beberapa tisp yang bisa dicoba guna mengatasi masalah baterai android yang boros ataupun cepat habis, cara ini semestinya bekerja di beberapa merk smartphone seperti oppo, xiaomi, samsung, nokia, vivo, dan merk smartphone lainnya.

1. Cek Dan Stop Aplikasi Yang Memaka Banyak Baterai

Disini para pengguna smarpthone android bisa mengecek dibagian pengaturan baterai dan memeriksa status aplikasi yang paling banyak menghabiskan baterai, jika sudah menemukan aplikasi mana yang paling banyak menyedot daya baterai, maka alangkah baiknya sobat menghentikan proses berjalannya aplikasi pemakan daya baterai tersebut. 

2. Turunkan Kecerahan Layar Smarpthone

Biasanya para pengguna smartphone selalu mengatur kecerahan layar secara full atau benar-benar cerah karena saya sendiri pernah mendengar beberapa kalimat seperti tidak enak kalau tidak cerah ketika menggunakan smartphone, nah perlu diketahui kalau menggunakan mode kecerahan layar secara maksimal ini juga dapat menjadi penyebab kenapa baterai smartphone cepat habis, jadi alangkah baiknya sobat juga turut menurunkan intensitas kecerahan pada layar smartphone.
Selain menjaga baterai tetap awet, menurunkan intensitas kecerahan pada layar smartphone juga bisa melindungi mata sobat dari kerusakan.

3. Matikan Fitur Yang Tidak Penting 

Beriktunya sobat harus mematikan beberapa fitur yang tidak terlalu penting untuk digunakan agar menghemat baterai smarpthone android beberapa fitur yang biasanya selalu menyala padahal tidak diperlukan seperti fitur GPS, Wifi atau Bluetooth jika secara terus-menerus dinyalakan apalagi secara bersamaan hal tersebut bisa menyebabkan baterai smartphone lebih cepat habis.

4. Matikan Notifikasi

Notifikasi, siapa sangka hal ini juga bisa menyebabkan borosnya suatu baterai pada smartphone mungkin notiifkasi terlihat hal sepele karena hanya sebuah berita yang tersemat pada layar smartphone, namun dibalik bentuknya yang singkat, padat dan jelas, notifikasi yang berlebihan juga tidak terlalu baik untuk usia baterai, jika baterai smartphone tidak ingn boros maka sobat bisa mematikan atau membatasi notifikasi yang masuk.

5. Hentikan Menggunakan Aplikasi Secara Multitasking

Menjalankan aplikasi secara multitasking ( menjalankan beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan ) juga jadi penyebab kenapa baterai smartphone cepat habis, cara untuk mengatasinya yaitu sobat harus menutup aplikasi yang pernah dibuka tetapi tidak digunakan, meskipun tidak digunakan aplikasi yang pernah dibuka tersebut akan tetap bekerja dibelakang layar smartphone.

6. Gunakan Fitur Mode Hemat Daya

Disetiap smartphone saat ini sudah mulai dielngkapi dengan beberapa fitur yang berkelas salah satunya adalah fitur Mode Hemat Daya fitur ini bisa sobat manfaatkan jika memang ingin menghemat baterai smartphone android agar tidak boros, dengan menggunakan fitur mode hemat daya otomatis aplikasi yang tidak terlalu penting akan ditutup dan fitur ini tentunya akan menghemat baterai smartphone sobat.

7. Perbarui Sistem Android atau OS Pada Smartphone

Langkah terakhir yang bisa sobat lakukan untuk menghemat baterai smartphone agar tidak cepat habis yaitu dengan melakukan upgrade atau peningkatan sistem operasi atau OS pada smartphone karena di OS versi terbaru biasanya system sudah dioptimasi khususnya tentang fitur baterai yang sudah diperbarui agar bisa lebih tahan lama.


Nah sobat demikianlah artikel tentang Tips Menghemat Baterai Smartphone Android Yang Boros borosnya suatu baterai di android memang lumrah terjadi karena sebanding dengan kinerja dan kapasitas android yang bisa melakukan program multitasking selain itu terkadang kita tidak sadar betapa banyaknya aplikasi yang dibuka secara bersamaan yang juga menyebabkan borosnya baterai pada smartphone.

Oleh Kaca Teknologi

Official account of KacaTeknologi.com

Postingan Terkait:

0 Komentar

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *