Kacateknologi.com – 5 Tips Mengatasi Layar Smartphone Yang Retak ,Smartphone merupakan sebuah alat elektronik yang bisa dibilang cukup sensitif dari segi ketahanan hardware nya, berbeda dengan ponsel pada jaman dahulu yang dikenal dengan ketahanan nya, smartphone masa kini bisa dibilang jauh lebih rentan untuk cepat rusak, entah itu karena faktor software, maupun hardware, dalam hal ini layar smartphone yang retak misalnya.

Retaknya layar smartphone sendiri saya rasa harus menjadi perhatian khusus bagi para pemilik smartphone, dimana layar smartphone bisa kapanpun mengalami sebuah kerusakan apabila pemilik smartphone tersebut tidak berhati-hati, retaknya layar smartphone sendiri membuat kita sebagai pemilik merasa jengkel tentunya karena layar yang biasanya jernih dan nyaman dipandang, kini sudah tak lagi nyaman untuk digunakan.

Lantas apakah ada cara ataupun tips yang bisa kita lakukan apabila sewaktu-waktu terjadi retak pada layar smartphone? langkah darurat apa saja yang harus dilakukan jika hal tersebut terjadi untuk pertama kalinya? pada artikel kali ini saya akan membahas topik tentang 5 Tips Mengatasi Layar Smartphone Yang Retak.

Ya, setidaknya ada 5 hal yang bisa sobat lakukan dalam mengatasi masalah retaknya sebuah layar smartphone, mulai dari yang sederhana sampai membawanya ke professional untuk diperbaiki.

Dan berikut ini adalah 5 Tips Mengatasi Layar Smartphone Yang Retak yang bisa sobat lakukan.

5 Tips Mengatasi Layar Smartphone Yang Retak

Ada 5 tips yang bisa sobat lakukan untuk mengatasi layar smartphone yang retak, entah itu karena terjatuh, tertimpa benda keras dan lain sebagainya yang dapat menyebabkan layar smartphone retak.

1. Oleskan Pasta Gigi

Langkah pertama yang bisa sobat lakukan adalah dengan mengoleskan pasta gigi ke layar smartphone, dengan catatan cara ini hanya digunakan untuk layar smartphone yang memiliki sebuah goresan, misalnya setelah terjatuh kemudian sobat memeriksa kondisinya dan menemukan sebuah goresan tajam, nah cara ini bisa sobat lakukan.

Aplikasikan pasta gigi ke kapas yang lembut untuk kemudian dioleskan ke layar smartphone, kemudian gosokan secara perlahan sampai goresan pada layar hilang secara perlahan.

Baca Juga : Cara Agar Layar Mati Otomatis di HP Oppo F9

2. Lapisi Layar Dengan Selotip

Yang kedua dalam 5 Tips Mengatasi Layar Smartphone Yang Retak adalah dengan melapisi layar smartphone dengan selotip yang bisa sobat gunakan, selotip sendiri bisa menjadi pelindung sementara bagi layar smartphone sobat yang retak dan bisa bertindak seperti pelindung layar smartphone pada umumnya, di sisi lain melapisi layar dengan selotip juga bisa melindungi tangan sobat dari goresan tajamnya layar smartphone yang pecah.

3. Pasang Tempered Glass / Pelindung Layar Baru

Kemudian langkah ketiga yang bisa sobat lakukan yaitu dengan memasang tempered glass yang baru, biasanya smartphone saat ini sudah dilengkapi dengan tempered glass atau pelindung layar pada saat pembelian, sehingga apabila terjadi kerusakan pada layar, tidak akan langsung mengenai layar asli, tetapi akan terkena tempered glass terlebih dahulu.

Baca Juga : 1 Cara Mengatasi Tempered Glass Bergelembung

Harga tempered glass sendiri sangat bervariasi, tergantung konter penjual yang sobat kunjungi, saya pernah mengganti sebuah tempered glass hanya mengeluarkan biaya sebesar 40 ribu saja.

4. Bawa Ke Tempat Service HP

Nomor empat dalam 5 Tips Mengatasi Layar Smartphone Yang Retak adalah dengan membawa smartphone sobat ke tempat service HP, maka sang tukang service akan mengidentifikasi seberapa parah kerusakan yang terjadi.

Apabila masih bisa diperbaiki, biasanya serivce hp akan memperbaikinya, tetapi apabila kerusakan dinilai cukup parah, tentu sobat disarankan untuk menggantinya dengan layar yang baru.

Biaya untuk mengganti layar smartphone sendiri biasanya tergantung merk dari smartphone itu sendiri, saya pernah mengganti smartphone merk Oppo merogoh kocek sebesar 250 ribu, juga Iphone teman saya sebesar 200 ribu, jadi soal harga cukup bervariasi.

Baca Juga : Cara Membersihkan Layar Smartphone Android Yang Kotor Dengan Aman

5. Klaim Asuransi ke Toko Pembelian

Biasanya sebuah smartphone baru akan mendapatkan masa garansi dalam jangka waktu tertentu biasanya paling lama 1 tahun, nah apabila smartphone sobat masih dalam keadaan baru kemudian terjadi kerusakan pada layar, maka sobat bisa mengklaim asuransi ke toko pada saat sobat membeli sebuah smartphone.

Di sisi lain tunjukkan juga bukti pembelian, serta nota yang biasanya kita dapat pada saat pertama kali membeli sebuah smartphone.

Bagi sobat yang menggunakan smartphone Oppo, bisa memeriksa kebijakan klaim garansi disini

Nah sobat demikianlah artikel tentang 5 Tips Mengatasi Layar Smartphone Yang Retak yang dapat sobat lakukan, selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya, sobat.