Penyebab Komputer Mati Sendiri

11 Penyebab Komputer Mati Sendiri dan Cara Ampuh Mengatasinya

oleh | Agu 30, 2020 | Dunia Komputer

11 Penyebab Komputer Mati Sendiri dan Cara Ampuh Mengatasinya – Meskipun dianggap sebagai salah satu teknologi canggih yang ada di zaman sekarang ini, tetapi komputer atau yang biasa dikenal dengan akronim PC (personal computer) ini memiliki banyak kelemahan. Kelemahan-kelemahan tersebut akan muncul jika penggunanya sudah tidak memperhatikan kondisi kesehatan dari perangkat yang satu ini.

Tanpa adanya perawatan yang rutin dan optimal, dan penggunaan yang berlebihan bisa menjadi faktor pendorong kerusakan beberapa sistem yang ada di dalam komputer. Salah satu masalah yang muncul dari kedua faktor tersebut adalah seringnya komputer mati sendiri secara tiba-tiba saat digunakan. Bagi beberapa orang, masalah ini terbilang sangat serius karena bisa mengganggu proses kegiatan yang sedang berlangsung saat menggunakan komputer.

Namun bagi kamu yang mengalami hal ini tidak perlu khawatir, karena kali ini kita akan membahas mengenai penyebab dan cara mengatasi komputer yang sering tiba-tiba mati dengan sangat detail. Lalu, apa saja sih penyebab komputer mati sendiri dan cara mengetasinya? Yuk simak informasi berikut ini.

Penyebab Komputer Mati Sendiri Beserta Cara Mengatasinya

Penyebab Komputer Mati Sendiri

1. Processor Overheating

Penyebab komputer mati sendiri yang pertama adalah karena processor overheating atau processor yang terlalu panas. Jika hal ini terjadi, maka harus segera di atasi agar masalah tidak terlalu serius dan perangkat tidak mati total.

Penyebab dari processor yang overheating ini sendiri terjadi jika processor yang dipasang tidak pas pada tempatnya, pendingin atau cooler yang banyak debu sehingga menghambat sirkulasi udara di komputer, dan bisa juga karena thermal pasta processor yang tidak pernah diganti. Ketiga hal ini yang akan menyebabkan processor panas dan komputer mati sendiri.

Cara Mengatasi:
  1. Cek posisi processor dan pendingin dengan membongkar komputer
  2. Jika salah satu dari kedua hardware tersebut tidak berada pada tempatnya, maka pastikan untuk membetulkan posisinya.
  3. Selain kedua cara di atas, pastikan juga untuk masuk ke BIOS untuk mengecek dan menyetting panas kipas
  4. Jika ketiga cara tersebut belum berhasil, maka cobalah untuk mengganti thermal pasta dan usahakan untuk menggantinya secara rutin

Untuk lebih jelas tentang pembahasan mengenai penyebab komputer mati sendiri dan cara mengatasinya karena overheating, bisa dilihat di disini

2. VGA Card yang Rusak

Rusaknya VGA card ini bisa ditandai dengan adanya hang atau komputer yang tiba-tiba restart dengan sendirinya. Sama halnya dengan penyebab komputer mati sendiri yang pertama, penyebab yang satu ini juga tidak boleh disepelekan. Tanda yang akan muncul jika VGA card rusak adalah layar yang blank meskipun perangkat lain menyala.

Cara mengatasi:
  1. Bongkar komputer untuk mengecek keadaan VGA card
  2. Bersihkan area sekeliling VGA card
  3. Hidupkan komputer, dan masuk ke menu BIOS untuk menonaktifkan VGA on-board
  4. Jika gejala kerusakan masih ada, maka VGA card harus diganti, dan disarankan untuk mengganti VGA card ke tempat service komputer

VGA card sendiri mempunyai fungsi yang sangat penting dalam komputer, oleh karena itu perlu adanya perawatan yang khusus dan jangan menyepelekan gejala kerusakan sekecil apapun itu.

3. RAM yang Rusak

Jika RAM sudah dalam kondisi yang rusak, maka komputer akan mati total. Wah, parah bukan? Dengan demikian, kondisi RAM harus benar-benar terjaga kebersihannya agar tidak mudah rusak dan untuk menghindari komputer yang mati total. Nah, untuk mengetahui penyebab RAM rusak adalah dengan menggunakan RAM yang lainnya.

Jika komputer menyala dengan menggunakan RAM yang baru, maka otomatis penyebab komputer mati sendiri tersebut terletak di RAM. Ada beberapa penyebab yang menjadi penunjang kerusakan RAM yaitu kotor, overlocking, dan juga tegangan listrik yang terus menerus tidak stabil masuk ke motherboard.

Namun tidak perlu terlalu khawatir juga, karena kita bisa juga menyelamatkan kondisi RAM dengan cara berikut ini.

Cara Mengatasi:
  1. Bersihkan RAM dengan menggunakan sebuah penghapus pensil, salah satu yang terpenting adalah jangan lupa untuk membersihkan pin RAM. Bisa juga menggunakan karet sandal
  2. Jika dengan cara pertama komputer masih tidak mau hidup, maka gantilah RAMnya dan jangan lupa untuk selalu rutin menjaga kesehatan RAM

Namun, sebelum mengganti RAM pastikan RAM yang baru cocok dengan perangkat dan compatible dengan motherboard. Dan pastikan juga perangkat yang digunakan tersebut memiliki RAM dengan multi-slot atau tidak.

Baca Juga: 12 Tips Mengatasi RAM Laptop Yang Penuh di Windows 7, 8, & 10

RAM sendiri dijadikan sebagai tempat untuk menyimpan setiap memori yang digunakan ketika komputer hidup, maka tidak aneh lagi jika RAM rusak akan menghambat kinerja komputer hingga menyebabkan mati total.

4. Driver yang Tidak Cocok

Hal ini bisa terjadi jika kita melakukan installasi driver yang salah dan tidak cocok dengan perangkat. Karena kunci dari keberlangsungan hidup komputer adalah hardware dan software yang cocok atau pas. Jika driver tidak cocok maka komputer akan mati atau restart dengan sendirinya. Oleh karena itu, driver bisa jadi penyebab komputer mati sendiri.

Cara Mengatasi:
  1. Cek driver tools
  2. Pastikan driver yang terinstall sesuai dan tidak ada tanda kuning
  3. Namun, cara yang paling ampuh adalah dengan melakukan installasi ulang system operasi dan menginstall ulang driver dengan benar dan melakukan booting dengan menggunakan safe mode windows
  4. Jika tidak memahami tentang hal ini, maka cara terakhirnya adalah dengan mendatangi tempat service komputer atau dengan mengulik sendiri

5. Listrik yang Tidak Stabil

Penyebab yang satu ini memang tidak terlalu berakibat signifikan bagi komputer, tetapi pada beberapa kasus hal ini juga dijadikan sebagai penyebab dari komputer mati sendiri. Hal ini terjadi ketika lonjakan listrik yang tidak stabil dan mengakibatkan kondisi komputer yang tidak stabil pula.

Cara Mengatasi:
  1. Cek kondisi listrik di rumah, perusahaan, atau lainnya
  2. Jika sudah diketahui bahwa listrik tidak stabil, maka usahakan untuk menambahkan stabilizer agar kondisi listrik stabil dan tidak berubah tiba-tiba

Tegangan listrik sangat berpengaruh, karena jika tegangannya rendah maka komputer tidak bisa hidup dan tampilan komputer akan black sceen seperti sedang hang, jika tegangan listrik menjadi penyebab komputer mati sendiri maka tidak boleh dibiarkan. Kondisi ini jika terus berlanjut, maka akan merembet ke kerusakan VGA, power supply, dan hard disk.

6. Power Supply yang Rusak

Penyebab komputer mati sendiri yang umumya terjadi disebabkan oleh power supply yang rusak. Rusaknya hardware yang satu ini ditandai dengan bunyi kipas yang tidak biasanya atau terdengar aneh. Selain itu, kerusakannya pula bisa ditandai dengan bau angus yang tercium di sekitaran komputer.

Untuk mengetahui kerusakan dari power supply ini bisa melakukan uji coba dengan menggunakan power supply yang lain. Jika tanda-tanda di atas tidak ada lagi, maka sudah jelas power supplynya rusak.

Cara Mengatasi:

Untuk mengatasi permalasahan komputer mati tiba-tiba karena kerusakan power supply satu-satunya cara yang harus dilakukan adalah dengan mengganti power supplynya.

7. Hard Disk yang Rusak

Penyebab komputer mati sendiri yang selanjutnya adalah rusaknya hard disk. Hal ini bisa ditandai dengan komputer yang tidak melaukan booting meskipun adanya tampilan di layar monitor. Rusaknya hard disk bisa disebabkan karena terlalu sering melakukan shutdown dengan paksa, tegangan listrik yang tidak stabil dan juga listrik yang sering padam.

Selain dengan mengetahui tanda diatas, ternyata untuk mengetahui kondisi hard disk adalah dengan masuk ke BIOS dan lihat settingan had disk yang terpasang apakah sama dengan spesifikasi fisiknya.

Cara Mengatasi:

Jika hard disk sudah rusak, maka cara yang paling ampuh dengan menggantinya dengan hard disk yang baru dan tentunya lebih baik. dan jangan lupa ketika sudah menggantinya untuk terus merawat hard disk dan perangkat lainnya

8. Tombol Power Bermasalah

Tombol power menjadi salah satu komponen yang paling penting untuk menghidupkan dan mematikan perangkat. Oleh karena itu jika tombol power rusak, maka akan berakibat fatal bagi komputer dan ini bisa jadi dianggap sebagai penyebab komputer mati sendiri. Lalu bagaimana cara untuk mengembalikan fungsi tombol power?

Cara Mengatasi:
  1. Pastikan kabel tombol power nyambung ke front panel motherboard
  2. Jika tidak terpasang, maka coba untuk pasangkan dan nyalakan kembali komputer
  3. Apabila tombol power terpasang ke motherboard, maka bisa jadi penyebab komputer mati secara tiba-tiba bukan kerusakan tombol power

9. Sistem Operasi Crash

Sistem operasi merupakan salah satu komponen yang paling terpenting dalam menjalankan perangkat komputer, oleh karena itu bayangkan saja jika sistem operasi yang digunakan crash maka komputer pun tidak akan menyala. Penyebab komputer mati sendiri memiliki tanda yang sangat jelas, oleh karena itu jika sistem operasi sudah crash alangkah baiknya segera diperbaiki.

Cara Mengatasi:

Melakukan installasi ulang dengan menggunakan sistem operasi yang resmi

10. Adanya Virus

Ada beberapa jenis virus yang bisa menjadi penyebab komputer mati sendiri. Tanda bahwa komputer sudah terserang virus adalah kinerja komputer yang semakin melambat, sistem operasi dan sotware crash, dan BSOD atau Blue Screen of Death.

Cara Mengatasi:
  1. Menginstall software anti virus dan upate secara berkala
  2. Backup data untuk mengatasi hal yang tidak diinginkan karena virus

11. Kondisi Motherboard yang Tidak Baik

Motherboard merupakan komponen inti dalam komputer, tanpa motherboard computer tidak akan isa hidup. Oleh karena itu, jika kondisi motherboard tidak baik maka kinerja komputer pun akan terganggu. Salah satu akibatnya adalah komputer yang mati tiba-tiba, bahkan tanda dari rusaknya komputer ini sulit untuk diketahui.

Cara Mengatasi:

Ganti motherboard dengan yang baru, dan pastikan untuk selalu rutin menjaga kebersihan hardware

Nah, itulah 11 penyebab komputer mati sendiri dan cara ampuh mengatasinya. Jika dirasa penyebab komputermu tidak diketahui letak kerusakannya, maka bisa ikuti langkah umum berikut ini.

Cara Mengatasi Komputer Mati Sendiri Secara Terus Menerus

Cara Mengatasi Komputer Mati Sendiri Secara Terus Menerus

Terlepas dari beberapa penyebab komputer mati sendiri berulang-ulang dan cara mengatasinya seperti yang ada di atas, ada juga cara mengatasi atau bentuk pencegahan agar komputer tidak tiba-tiba mati.

  1. Matikan listrik dan cabut kabel power supply
  2. Bongkar casing computer
  3. Lepaskan atau cabut semua komponen kabel yang terpasang di motherbard
  4. Bersihkan semua komponen komputer yang sudah dicabut maupun yang menempel di motherboard
  5. Setelah dirasa bersih, pasang kembali semua komponen ke motherboard seperti semula dan pasti semua terpasang dengan sempurna
  6. Hidupkan komputer

Selain beberapa cara mengatasi penyebab komputer mati sendiri di atas, kamu juga harus rutin dalam mengganti thermal pasta processor untuk menjaga processor tetap terjaga, dan gunakan stabilizer untuk menjaga listrik tetap stabil dan tidak mudah padam. Karena listrik yang mudah padam bisa menjadi penunjang kerusakan perangkat komputer.

Oleh Kaca Teknologi

Official account of KacaTeknologi.com

Postingan Terkait:

0 Komentar

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *