Kaca Teknologi Official account of KacaTeknologi.com

5 Aplikasi Produktivitas atau Kolaborasi Kerja Online

2 min read

5 Aplikasi Produktivitas atau Kolaborasi Kerja Online

Kacateknologi.com – 5 Aplikasi Produktivitas atau Kolaborasi Kerja Online semakin lama semakin berkembangnya Teknologi semakin membuat mudah dan membantu dalam urusan pekerjaan terutama bagi para pekerja atau pelaku bisnis yang saat ini bekerja secara daring atau bekerja dari rumah dimana semakin berkembangnya software juga membuat pekerjaan jauh lebih mudah terutama bagi pekerja yang bekerja secara team dimana saat ini sudah ada software yang membantu untuk memonitor segala pekerjaan aplikasi ini biasa disebut juga Aplikasi Produktivitas atau Kolaborasi kerja Online.

Dengan menggunakan 5 Aplikasi Produktivitas atau Kolaborasi Kerja Online ini membuat kinerja dan produktivitas kerja dalam sebuah tim menjadi efektif dan efesien satu sama lain.

5 Aplikasi Produktivitas atau Kolaborasi Kerja Online

Langsung saja kita ke inti pembahasan tentang 5 Aplikasi Produktivitas atau Kolaborasi Kerja Online dimana 5 software berikut ini bisa menjadi referensi bagi para pekerja yang ingin tetap produktif meskipun saat ini bekerja secara daring.

1. Trello Boards

5 Aplikasi Produktivitas atau Kolaborasi Kerja Online
5 Aplikasi Produktivitas atau Kolaborasi Kerja Online- Trello

Yang pertama didalam daftar 5 Aplikasi Produktivitas atau Kolaborasi Kerja Online yang pertama ada nama Trello Boards merupakan sebuah aplikasi online yang dibuat pada tahun 2011 lalu tujuan dibuatnya software ini tentunya membuat kerjasama dalam sebuah tim jadi lebih efektif juga lebih kolaboratif dalam mennyelesaikan sebuah pekerjaan.

Terdapat beberapa fitur yang sangat membantu dalam urusan pekerjaan seperti

  1. Trello Boards – dimana fitur ini memiliki fungsi sebagai penunjuk tentang proyek yang sedang dikerjaan saat ini secara lengkap didalamnya semua orang yang tergabung didalam boards tersebut bisa melihat apa yang ada di boards. Selain itu boards ini juga tidak memiliki batas jadi sobat bisa membuat berbagai macam proyek dengan tim yang berbeda-beda dalam 1 boards.
  2. Cards – Cards merupakan salah satu fitur yang paling penting di aplikasi Trello boards ini dimana Cards ini berfungsi untuk menampilkan berbagai macam jenis ide dan melakukan tugas-tugas tertentu.
  3. List – Kemudian ada fitur yang masih memiliki hubungan dengan Cards bernama List dimana fitur List ini merupakan sebuah wadah bagi Cards agar tetap rapih sesuai dengan perkembangan dari suatu proyek yang sedang berjalan. Nah didalam List ini terdapat 3 kategori lagi didalmnya yaitu ToDo ( yang akan dikerjakan ), Doing ( Sedang kita kerjakan ), dan Done ( Selesai dikerjakan ). Alur kerja diatas tentunya sangat efektif untuk kerjsama sebuah tim.

Untuk mulai menggunakannya sobat bisa langsung mengunjungi situs resmi Trello dan mulai menggunakannya.

Baca Juga : Media Cloud Storage atau Penyimpanan Online Terbaik 2020

2. Slack

5 Aplikasi Produktivitas atau Kolaborasi Kerja Online
5 Aplikasi Produktivitas atau Kolaborasi Kerja Online- Slack

Yang kedua ada nama Slack sebagai Aplikasi untuk memantau pekerjaan tim secara online, Slack sendiri merupakan aplikasi yang sejenis dengan Trello dimana fungsi utamanya adalah untuk memastikan setiap proses pekerjaan berjalan lancar sejak dibuat pada 7 tahun lalu Slack terus berkembang dan berinovasi untuk membantu merapihkan pekerjaan yang berantakan, sulit dan rumit agar menjadi lebih mudah dan rapih. Dengan menggunakan Slack pekerjaan bisa diselesaikan jauh lebih mudah.

3. Google Workspace

5 Aplikasi Produktivitas atau Kolaborasi Kerja Online
5 Aplikasi Produktivitas atau Kolaborasi Kerja Online – Google Worksapce

Yang ketiga ada nama Google Workspace yang sebelumnya lebih dikenal dengan nama Google G Suite merupakan sebuah tool yang berfungsi untuk menyelesaikan pekerjaan secara online tidak jauh berbeda dengan 2 aplikasi sebelumnya produk yang dikeluarkan Google ini juga masih memiliki fungsi yang sama dimana terdapat fitur-fitur elegan didalamnya seperti mengatur jadwal meeting atau pertemuan, memulai Chat, menyimpan berkas file, Formulir, dan beberapa fitur lainnya yang cukup memanjakan.

4. Workplace by Facebook

5 Aplikasi Produktivitas atau Kolaborasi Kerja Online
5 Aplikasi Produktivitas atau Kolaborasi Online – Workplace by Facebook

Berikutnya ada nama Workplace by Facebook selama ini mungkin kita tahu Facebook hanya sebatas sosial media untuk berinteraksi dengan teman, ataupun keluarga padahal di Facebook juga kita bisa menyelesaikan pekerjaan secara Online yaitu dengan menggunakan Produk Workplace by Facebook, tidak jauh berbeda dengan aplikasi sebelumnya Workplace by Facebook ini juga menyediakan sebuah tempat untuk menyelesaikan pekerjaan secara team.

Banyak fitur-fitur bermanfaat didalamnya yang bisa membantu kita dalam menyelesaikan pekerjaan seperti fitur chat, penggunaan grup, feedback, dan juga terdapat beberapa fitur lain didalamnya yang membuat pekerjaan semakin mudah untuk diselesaikan.

Baca Juga : 12 Cara Mengatasi Memori HP Mudah Penuh

5. Basecamp

5 Aplikasi Produktivitas atau Kolaborasi Kerja Online
5 Aplikasi Produktivitas atau Kolaborasi Online – Basecamp

Yang terakhir ada nama Basecamp didalam daftar 5 Aplikasi Produktivitas atau Kolaborasi Online yang bisa sobat gunakan, secara keseluruhan tidak jauh berbeda dengan aplikasi sebelumnya dimana fungsi utama dari Basecamp ini menyelesaikan dan melakukan monitoring atau management dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan software ini bisa digunakan mulai dari perusahaan menengah sampai perusahaan kelas atas.

Untuk mulai menggunakannya sobat tidak perlu melakukan pengunduhan karena berbasis web, jadi hanya perlu menyiapkan browser dan koneksi internet tentunya. Nah sobat demikianlah 5 Aplikasi Produktivitas atau Kolaborasi Online yang bisa sobat coba semakin berkembangnya tekonologi semakin mudah pula dalam menyelesaikan pekerjaan meskipun dilakukan secara Online.

Kaca Teknologi Official account of KacaTeknologi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *