Kacateknologi.com – 5 Cara Mengatasi HP Cepat Panas dan Batre Cepat Habis , Panas atau yang juga dikenal dengan istilah Overheat pada smartphone kerap kali terjadi selain itu ada masalah lain seperti halnya Batre smartphone atau HP yang cepat habis merupakan 2 masalah utama yang kerap dialami oleh para pemilik android saat ini. Ada beberapa penyebab ataupun faktor yang mempengaruhi kenapa sebuah smartphone cepat panas dan batre yang cepat habis, semua itu kembali lagi ke penggunaan smartphone atau HP itu sendiri.

5 Cara Mengatasi HP Cepat Panas dan Batre Cepat Habis

Sebelum masuk ke inti pembahasan tentang 5 Cara Mengatasi HP Cepat Panas dan Batre Cepat Habis alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa saja yang menyebabkan sebuah smartphone begitu cepat overheat dan berikut ini adalah beberapa penyebabnya.

1. Streaming Nonstop

Aktifitas streaming atau menonton video atau siaran langsung secara online merupakan salah satu cara yang seringkali dilakukan pemilik smartphone atau HP saat ini dimana melakukan aktifitas streaming ini memang mengasyikan tetapi disisi lain tanpa kita sadari Layar yang terus hidup, speaker yang juga terus mengeluarkan suara, hingga koneksi internet yang tiada jeda membuat kinerja smartphone cukup berat sehingga menimbulkan terjadinya overheat atau kepanasan.

2. Layar Yang Terlalu Terang

Setiap smartphone sudah memiliki settingan atau pengaturan nya masing-masing terutama dalam urusahan kecerahan layar smartphone dimana para pengguna biasanya melakukan perubahan pada kecerahan layar terlebih jika layar terlalu terang, hal ini dapat menjadi penyebab kenapa smartphone seringkali overheat atau cepat panas.

Baca Juga : 1 Cara Mengatasi Tempered Glass Bergelembung

3. Terserang Malware

Jika kita sering membuka atau mengunduh suatu aplikasi dari sumber yang diragukan, kemudian terjadi perubahan yang signifikan pada suhu smartphone hal ini tidak menutup kemungkinan smartphone yang kita punya terjangkit sebuah virus malware, maka dari itu sangat disarankan untuk setidaknya memiliki 1 antivirus pada smartphone untuk mencegah hal tersebut.

Antivirus yang cukup direkomendasikan bagi smartphone adalah Safe Security yang bisa diunduh di Google Playstore selain bisa menangkal virus, aplikasi ini juga memiliki fitur hemat batre.

5 Cara Mengatasi HP Cepat Panas dan Batre Cepat Habis
5 Cara Mengatasi HP Cepat Panas dan Batre Cepat Habis

4. Data Yang Terus Hidup

Menghidupkan data internet tanpa adanya jeda jelas sekali bisa menguras batre smartphone juga membuat smartphone menjadi cepat panas.

Baca Juga : Aplikasi Penghemat Kuota Internet Untuk Android All Operator Terbaru

5. GPS Yang Selalu Aktif

Terakhir, kenapa sebuah smartphone terjadi overheat karena GPS yang selalu aktif, tanpa kita sadari GPS yang selalu aktif bisa membuat smartphone bekerja lebih keras juga bisa menghabiskan batre karena memang GPS membutuhkan konsumsi daya yang cukup tinggi.

5 Cara Mengatasi HP Cepat Panas dan Batre Cepat Habis

Nah baiklah sekarang kita masuk ke 5 Cara Mengatasi HP Cepat Panas dan Batre Cepat Habis , hal ini bisa terjadi pada smartphone merk apapun baik itu merk Oppo, Samsung, dan lain-lain. Langkah yang bisa kita lakukan dalam mengatasi HP yang cepat panas dan batre yang cepat habis adalah sebagai berikut.

1. Lepas Casing HP

Casing HP yang dipasang pada smartphone terkadang bisa membuat smartphone menjadi overheat atau cepat panas, solusinya lepas Casing HP ketika merasa suhu pada smartphone sudah diluar batas wajar dengan melepas casing pada smartphone bisa menetralisir suhu pada smartphone.

2. Hapus Aplikasi Yang Tidak Penting

Terlalu banyak aplikasi pada sebuah smartphone membuat smartphone bekerja semakin keras karena banyak aplikasi yang berjalan dibelakang layar sehingga membuat suhu pada smartphone meningkat drastis juga memakan konsumsi daya batre yang cukup tinggi.

3. Gunakan Fitur Mode Hemat Daya

Fitur Mode Hemat Daya biasanya terdapat di smartphone saat ini, nah ini salah satu fitur yang setidaknya bisa dimanfaatkan dalam menghemat daya batre agar jauh lebih irit.

4. Matikan GPS, Data dan Bluetooth

Seperti yang saya tuliskan diatas salah satu penyebab kenapa sebuah smartphone begitu cepat panas karena GPS, dan Data yang menyala tanpa henti jadi silahkan kasih jeda smartphone untuk beristirahat, begitu juga dengan fitur Bluetooth yang bisa membuat smartphone menjadi overheat dan menguras daya batre yang cukup tinggi.

5. Tutup Aplikasi

Ketika selesai menggunakan aplikasi pada smartphone sangat disarankan untuk menutup semua aplikasi yang telah digunakan tujuannya adalah untuk mengurangi beban kerja dari RAM pada smartphone karena dengan begitu RAM yang terdapat pada smartphone akan jeuh lebih bebas jika dibandingkan tanpa menutup alikasi yang telah dibuka.

Nah sobat demikinlah 5 Cara Mengatasi HP Cepat Panas dan Batre Cepat Habis yang bisa sobat lakukan, semoga bermanfaat