Kacateknologi.com – 5 Kiat Praktis Merawat Printer Agar Awet dan Tahan Lama Mesin cetak atau yang lebih dikenal dengan istilah Printer merupakan sebuah alat output device yang berfungsi untuk menampilkan data yang telah diolah, baik itu dalam bentuk hardcopy ataupun softcopy seperti halnya mencetak pada selembar kertas menggunakan printer. Pada jaman seperti sekarang setiap individu sudah dianggap lumrah memiliki printer karena kebutuhan masing-masing individu, entah itu untuk membuka usaha percetakan, ataupun memang sudah menjadi kebutuhan tersendiri.

Berbicara tentang printer, tidak selamanya penggunaan printer selalu berjalan lancar dan sesuai dengan keinginan terkadang, ada masanya sebuah printer mengalami error atau masalah tertentu, saya yakin hal ini pasti dialami oleh sebagian besar orang yang memiliki printer atau pernah menggunakan printer.

Sama halnya seperti sepeda motor ataupun komputer yang membutuhkan perawatan, printer pun demikian dimana printer juga harus diberi perawatan dan perhatian khusus layaknya manusia hal ini demi mencegah error yang tidak diinginkan nantinya, nah pada artikel ini saya akan membahas 5 Kiat Praktis Merawat Printer Agar Awet dan Tahan Lama dimana cara ini saya pikir akan cukup bermanfaat bagi sobat yang memiliki printer, terutama bagi yang baru punya printer dan masih bingung bagaimana cara merawatnya.

Sebelum masuk ke inti pembahasan alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa saja yang menyebabkan printer error

Penyebab Printer Error

Penyebab utama dari error nya sebuah printer, rata-rata selalu terjadi masalah pada tinta yang terpasang entah itu mulai dari hasil cetakan bergaris putus-putus, warna tinta yang tidak sesuai, hingga hasil cetakan yang jelek atau buram. Tentunya hal ini sangatlah mengganggu dan sangat tidak nyaman untuk dipandang.

Tetapi jangan khawatir, sobat bisa melakukan 5 Kiat Praktis Merawat Printer Agar Awet dan Tahan Lama

5 Kiat Praktis Merawat Printer Agar Awet dan Tahan Lama

5 Kiat Praktis Merawat Printer Agar Awet dan Tahan Lama
Gambar Printer

Ada 5 cara yang bisa sobat lakukan untuk merawat sebuah printer mari kita masuk ke inti pembahasan.

Baca Juga : Cara Mengatasi Printer Paper Jam in Cartridge Area

1. Gunakan Printer Secara Rutin

Layaknya sepada motor dan komputer yang harus sering ‘dipanaskan’ printer pun demikian dimana semakin sering atau rutin kita menggunakan printer maka akan menjaga kondisi pelumas yang terdapat pada suku cadang printer, ketika sebuah printer tidak digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama, maka bisa saja mengakibatkan pelumas tersebut mengering dan membuat kinerja printer menjadi lamban, dan hasil yang kurang memuaskan, setidaknya hal tersebut yang saya alami ketika sudah lama tidak menggunakan printer bermerk Epson, dan bagi sobat yang mungkin tertarik dengan produk Epson bisa mengujungi situs resminya disini

2. Gunakan Tinta Yang Sesuai

Gunakan tinta yang sesuai dengan tipe printer yang sobat punya, banyaknya tinta-tinta printer yang dijual dengan harga miring dapat memberikan efek buruk pada printer sobat dirumah, mulai dari warna tinta yang berubah pada hasil cetakan, sampai ada kerusakan pada catridge atau head printer. Maka sangat disarankan untuk menggunakan tinta printer yang sesuai.

Baca Juga : Cara Print Bolak Balik di Printer Epson di Microsoft Word Terbaru

3. Lakukan Proses Clean Head

Berikutnya di 5 Kiat Merawat Printer Agar Tetap Awet dan Tahan Lama, sobat bisa melakukan Clean Head dimana cara ini merupakan cara yang paling sering dilakukan dalam merawat sebuah printer, untuk bisa menggunakannya sobat silahkan membaca buku panduan yang sobat dapat karena konfigurasi proses clean head ini bisa berbeda-beda pada tiap merk printer.

Namun satu hal yang perlu diperhatikan, jangan terlalu sering melakukan proses clean head pada printer karena dapat menyebabkan kebanjiran pada penampungan tinta.

4. Ganti Tinta Sebelum Habis

Menunggu Tinta printer habis kemudian baru diganti, merupakan sebuah kebiasaan buruk yang kerap kali dilakukan para pemilik printer setidaknya hal tersebut pernah saya lakukan, menunggu tinta benar-benar habis baru kemudian diganti merupakan tindakan yang salah.

Karena terlambat mengganti tinta pada printer dapat menyebabkan error dan lebih parahnya lagi catridge printer tidak bisa digunakan.

5. Matikan Printer Apabila Tidak Digunakan

Yang terakhir pada artikel 5 Kiat Merawat Printer Agar Awet dan Tahan Lama yaitu dengan mematikan mesin printer apabila sudah tidak lagi digunakan, dengan demikian printer dapat sedikit beristirahat dan memulihkan dirinya begitu juga pada tinta nya untuk kemblai ke kondisi awal.

Baca Juga : Cara Scan Tanda Tangan dan Stempel di HP Android & Printer

Nah sobat demikianlah artikel tentang 5 Kiat Merawat Printer Agat Awet dan Tahan Lama semoga bermanfaat.