Kaca Teknologi Official account of KacaTeknologi.com

3 Cara Format SD Card atau Memori Eksternal di HP Oppo Terbaru

2 min read

3 Cara Format SD Card atau Memori Eksternal di HP Oppo Terbaru

Kacateknologi.com -3 Cara Format SD Card atau Memori Eksternal di HP Oppo Terbaru SD Card atau yang lebih dikenal dengan memori eksternal atau memori card pada smartphone merupakan sebuah media penyimpanan yang biasanya terdapat di sebuah smartphone, biasanya memori card ini berbentuk mikro atau mungil, meskipun dengan bentuknya yang mungil tapi memori eksternal ini punya kemampuan atau kapasitas yang penyimpanan yang cukup besar, dimana biasanya cukup bervariasi mulai dari 8, 16, 32 dan 64 giga byte.

Sama layaknya memori internal pada sebuah komputer atau yang lebih familiar dengan istilah harddisk ( hdd ) memori card pun bisa saja dan bukan tidak mungkin untuk terjangkitnya virus kedalam memori card, maka dari itu terkadang diperlukan langkah reset atau formatting pada sebuah memori card atau SD card agar kembali bersih dari yang namanya virus.

Lantas bagaimana sih caranya melakukan formatting atau mengembalikan ke setelan pabrik pada sebuah SD card? caranya sendiri sangatlah mudah dan tidak sulit, serta bisa dilakukan oleh siapapun termasuk oleh orang yang awam tentang dunia gadget.

Pada artikel kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang 3 Cara Format SD Card atau Memori Eksternal di HP Oppo Terbaru , dimana terdapat 3 langkah yang bisa sobat lakukan untuk mereset kartu SD pada sebuah smartphone.

Baca Juga : Cara agar layar smartphone oppo mati otomatis

3 Cara Format SD Card atau Memori Eksternal di HP Oppo Terbaru

Untuk langkah formatting atau penghapusan datanya sendiri sangatlah mudah dan tidak memakan banyak waktu dimana hanya perlu melakukan beberapa langkah untuk bisa melakukan format SD Card atau memori eksternal kebetulan disini saya menggunakan Hp Oppo dan mungkin saja tutorial sedikit berbeda jika dilakukan di smarpthone lain.

Dimana hanya perlu melakukan 3 langkah saja untuk melakukan format atau mengatur memori Card pada smartphone seperti setelan awalnya

Dan berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan formatting atau penghapusan data SD Card

1. Buka Pengaturan dan masuk menu Penyimpanan

Seperti biasa, yang pertama ktia harus masuk terlebih dahulu ke pengaturan dan menu penyimpanan pada smartphone, jika sudah mari kita lanjut ke langkah berikutnya.

2. Pilih tab menu SD Card atau Kartu SD

Yang kedua pilih menu SD card atau kartu sd yang terdapat di smartphone, disini saya menggunakan smartphone oppo f9, mungkin secara letak dan tampilan berbeda dari smartphone lain.

3. Pilih Hapus Data.

Kemudian yang terakhir adalah pilih hapus data, maka otomatis SD card yang terpasang akan kembali lagi ke settingan atau pengaturan awal, jika terdapat data penting didalam SD Card yang akan di format, sangat disarankan bagi sobat untuk melakukan backup terlebih dahulu ke media lain, entah itu ke komputer, laptop, cut rider, atau ke Online Cloud Storage atau media penyimpanan online yang bisa sobat manfaatkan, dimana Cloud storage ini bisa digunakan secara gratis dengan penentuan kapasitas atau space yang disediakan untuk akun gratis contohnya Google Drive

Jika sudah, maka sampai disini kita telah berhasil untuk melakukan 3 Cara Format SD Card atau Memori Eksternal di HP Oppo Terbaru dimana langkahnya pun sangat sederhana dan juga mudah.

Bagi sobat yang cukup kebingungan dengan penjelasan saya diatas, mari simak gambar dibawah ini agar lebih mudah untuk dipahami.
3 Cara Format SD Card atau Memori Eksternal di HP Oppo Terbaru

Silahkan masuk ke menu pengaturan tambahan kemudian pilih menu penyimpanan maka akan dibawa ke jendela berikutnya.

cara mudah melakukan format pada memori eksternal atau kartu sd

nah terakhir untuk bisa melakukan format atau penghapusan data pada SD Card yang harus dilakukan yaitu menekan tombol Hapus Kartu SD maka otomatis ketika menekan menu tersebut semua data yang tersimpan pada kartu SD akan hilang.

Baca Juga : Cara Menyalakan Mode Eye Protection Oppo F9

kembali saya ingatkan sangat disarankan sebelum melakukan formatting atau penghapusan data di memori eksternal untuk melakukan backup terlebih dahulu atau pencadangan data ke tempat yang aman agar data-data penting tidak hilang begitu saja.

Dan sampai disini kita telah berhasil untuk melakukan 3 Cara Format SD Card atau Memori Eksternal di HP Oppo Terbaru , bagi yang punya pertanyaan atau ada sebuah topik yang ingin dibahas di website kami, silahkan tinggalkan komentar, semoga bermanfaat ya sobat.

Kaca Teknologi Official account of KacaTeknologi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *