Kacateknologi.com – 7 Ciri Laptop Harus di Install Ulang, Laptop atau yang bisa disebut juga sebagai komputer portable ini merupakan sebuah perangkat elektronik yang bisa dibilang sangat bermanfaat bagi manusia di era modern seperti sekarang ini, dimana laptop sudah menjadi barang wajib khususnya bagi setiap pebisnis ataupun karyawan, karena dengan adanya laptop bisa membantu segala jenis aktifitas manusia, khususnya dalam menyelesaikan pekerjaan.

Saat ini sudah banyak beredar di pasaran laptop dengan kualitas yang mewah dengan harga yang juga terjangkau, selain itu laptop masa kini juga sudah dilengkapi dengan fitur dan aplikasi-aplikasi canggih yang bisa langsung digunakan oleh pengguna.

Didalam laptop sendiri biasanya terdapat sebuah sistem operasi yang berfungsi untuk mengatur serta mengontrol perangkat keras, selain itu sistem operasi ( OS ) juga bisa kita gunakan sebagai perantara untuk menjalankan sebuah software yang ada didalam laptop tersebut.

Meskipun saat ini laptop sudah cukup canggih dengan keunggulan dan teknologi nya, namun yang namanya benda mati tidak akan luput dari yang namanya error, lemot, loading lama, dan sebagainya, begitu pula dengan sistem operasi yang ada didalamnya.

Sistem Operasi sendiri saat ini rata-rata sudah menggunakan Windows 10, meskipun ada beberapa pengguna yang bertahan dengan Windows 7 atau Windows 8, dengan alasan lebih nyaman dan permintaan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi.

Berbicara tentang OS ( Operating System ) tahukah sobat kapan harus melakukan install ulang pada sebuah laptop? ya, Install ulang laptop terkadang diperlukan apabila keadaan dari sebuah laptop sudah tak lagi memungkinkan.

Dan pada artikel kali ini saya akan membahas tentang 7 Ciri Laptop Harus di Install Ulang, ada 7 Ciri yang harus sobat kenali, sebelum melakukan install ulang sebuah sistem operasi di laptop.

Baca Juga : 4 Cara Mengatasi Wifi Laptop Putus Nyambung atau Disconnecting Sendiri

7 Ciri Laptop Harus di Install Ulang

Bagi sobat yang sudah menggunakan laptop maupun komputer dalam jangka waktu yang lama, kemudian menemukan kejanggalan yang terjadi pada laptop maupun komputer sobat, maka tandanya harus segera di install ulang agar kembali ke top performa.

1. Loading Lama atau Lemot

Yang pertama dalam 7 Ciri Laptop Harus di Install Ulang adalah loading laptop yang bisa dibilang lama dan lemot, terutama ketika kita akan membuka sebuah aplikasi, penyebab lemotnya laptop biasanya karena banyaknya aplikasi yang berjalan secara bersamaan di belakang layar, tetapi kita tak menyadari itu.

Jika masih dalam tahap wajar, maka tidak perlu di install ulang, tapi jika loading nya sudah diluar batas wajar, maka install ulang laptop menjadi opsi terbaik yang bisa dilakukan.

2. Mengalami Not Responding Cukup Sering

Yang kedua adalah ketika sobat mengalami sebuah proses not responding, atau program tidak menanggapi ketika sobat membuka sebuah software baik di komputer, atau laptop.

Proses not responding ini cukup jarang terjadi pada komputer atau laptop, maka jika sobat sering mengalami hal tersebut, segera lakukan install ulang.

3. Proses Booting Sangat Lambat

7 Ciri Laptop Harus di Install Ulang
Logo Windows

Yang ketiga dalam 7 Ciri Laptop Harus di Install Ulang adalah ketika sebuah proses booting ( proses laptop dihidupkan sampai masuk ke tampilan desktop ), begitu lambat dan memakan waktu lama, jika mengalami hal tersebut sobat harus melakukan install ulang pada laptop atau komputer yang digunakan.

4. Aplikasi Sering Force Close Sendiri

Pernah ketika menjalankan sebuah aplikasi kemudian sobat mengalami force close? atau aplikasi yang tertutup dengan sendirinya, padahal tidak kita perintahkan untuk ditutup, nah jika mengalami hal tersebut maka sudah cirinya untuk melakukan install ulang.

Baca Juga : 6 Cara Praktis Agar Suhu Laptop Tetap Dingin

5. Aplikasi Yang Terbuka Sendiri

Berikutnya dalam 7 Ciri Laptop Harus di Install Ulang adalah ketika sebuah program pada laptop atau komputer tiba-tiba terbuka dengan sendirinya, jika mengalami hal tersebut lakukan install ulang agar proses kembali normal.

6. Sering Restart Dengan Sendirinya

Sering restart dengan sendirinya ketika menggunakan laptop tentu sudah menjadi sebuah kode bahwa ada yang tidak beres dengan sistem operasinya, jika sudah mengalami hal tersebut, silahkan sobat lakukan install ulang pada sistem operasinya, agar kinerja nya kembali normal.

7. Ketika Terinfeksi Virus

Yang terakhir dalam 7 Ciri Laptop Harus di Install Ulang adalah ketika Terinfeksi Virus. Virus Komputer, saya yakin tak asing lagi dengan nama tersebut, biasanya jika laptop digunakan sembarangan, seperti mengunduh aplikasi yang tak dikenal, atau membuka situs yang bisa dibilang berbahaya, bukan tidak mungkin sebuah virus akan menyelinap masuk kedalam sistem operasi.

Nah bagi sobat yang laptopnya terkna virus, selain bisa menggunakan antivirus yang bisa didapatkan secara gratis seperti avast antivirus, install ulang merupakan solusi terakhir yang bisa dilakukan.

Kalau Install Ulang Laptop Apakah Data Akan Hilang?

Jawabannya tidak, jika sobat melakukan backup data-data penting terlebih dahulu, untuk proses backup sobat bisa memindahkannya kedalam harddisk eksternal, atau bisa menggunakan layanan Online Cloud Storage yang bisa digunakan secara gratis.

Baiklah sobat, demikianlah artikel tentang 7 Ciri Laptop Harus di Install Ulang yang bisa sobat lakukan, semoga bermanfaat.