[AMPUH] Cara Mengatasi VPN Tidak Bisa Connect, Mati Sendiri, & Lemot

oleh | Mei 27, 2020 | Android, Dunia Komputer

cara mengatasi (VPN) tidak bisa connect / terhubung tanpa wewenang, mati sendiri, lemot, tidak bekerja, error 628, tidak bisa klik OK di Android dan PC?

KacaTeknologi.com – Bagaimana cara mengatasi Virtual Private Network (VPN) yang tidak bisa connect atau terhubung, mati sendiri, lemot,  tidak bekerja dengan baik, error 628, tidak dapat dihubungkan tanpa wewenang, tidak bisa diklik OK di Android dan PC/komputer?

Menggunakan VPN merupakan salah satu cara dalam menjelajahi Internet secara anonim / tidak ketahuan dan tentunya aman bahkan tanpa adanya batasan seperti batasan wilayah. VPN ini mendukung untuk semua jenis platform baik dari kalangan smartphone seperti Android atau iOS dan juga kalangan dekstop seperti Windows, macOS, dan Chrome.

Adapun permasalahan yang sering terjadi ketika menggunakan VPN sangatlah wajar terjadi. Hal yang paling sering dialami oleh penggunanya adalah VPN disconnect sendiri padahal koneksi lancar. Selain itu VPN gagal terhubung juga menjadi hal yang paling sering dialami setelahnya.

Dalam hal ini Anda tidak perlu khawatir atau beranggapan bahwa VPN nya error, karena hal tersebut bisa disebabkan oleh banyak faktor. Adapun faktornya dapat berasal dari faktor internal maupun eksternal.

Berikut adalah penyebab VPN tidak bisa connect / terhubung, lemot, dan suka mati sendiri:

  • Koneksi internet utama lemot.
  • Server negara yang digunakan sedang down alias tidak mendukung untuk digunakan.
  • Server aplikasi sedang dalam gangguan.
  • Adanya penggunaan data yang besar seperti download atau upload.
  • Adanya antivirus yang mencegah sistem untuk menjalankan aplikasi VPN
  • VPN yang digunakan sudah mencapai limit / batas.
Setelah mengetahui beberapa penyebab vpn error di Android dan PC di atas, alangkah baiknya Anda sekarang menganalisa kira-kira poin yang mana yang menjadi penyebab utama error pada VPN yang sedang Anda gunakan.

Cara Mengatasi VPN Error

Berdasarkan pengujian yang kami lakukan, kami menemukan beberapa masalah yang sering terjadi pada VPN, meskipun belum ada hal pasti apa yang menyebabkan error tersebut terjadi. Dari hal yang kami temukan kami juga memiliki solusi untuk mengatasi VPN bermasalah. Silakan Anda ikuti instruksi yang sudah kami berikan di bawah ini.

Catatan: Silakan Anda coba semua cara yang dijelaskan di bawah ini apapun masalah yang sedang Anda alami sekarang, karena cara yang dijelaskan cocok untuk semua jenis masalah VPN.

1. Cara Mengatasi VPN Tidak Bisa Connect / Terhubung di Android dan PC Dengan Memperbarui Versi Aplikasi

Anda diharuskan untuk memperbarui versi aplikasi VPN yang digunakan demi menjaga stabilitas aplikasi agar tetap berfungsi baik ketika digunakan.
Anda diharuskan untuk memperbarui versi aplikasi VPN yang digunakan demi menjaga stabilitas aplikasi agar tetap berfungsi baik ketika digunakan. Pastikan Anda mengunduh aplikasinya dari sumber yang memang terpercaya. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan Play Store untuk Android dan situs resmi atau webstore untuk PC.
Memperbarui apliksi juga dapat memperbaiki bug yang ada pada sebelumnya. Bisa saja VPN tidak bisa terhubung dikarenakan adanya bug aplikasi. Oleh karena itu sangat disarankan untuk memperbarui versinya ke versi terbaru.

2. Cara Memperbaiki VPN Gagal Terhubung Dengan Airplane Mode di Komputer dan Android 

Langkah selanjutnya yang dapat Anda coba adalah mengaktifkan airplane mode kemudian menonaktifkannya kembali.
Langkah selanjutnya yang dapat Anda coba adalah mengaktifkan airplane mode kemudian menonaktifkannya kembali. Hal ini dianggap ampuh dalam mengatasi masalah yang ada, salah satunya cara mengatasi Telkomsel yang tidak bisa menggunakan VPN.

Cara Mengaktifkan Airplane Mode di Android:

  1. Pada bagian top bar Android, silakan Anda tarik ke bawah sampai menemukan tombol Airplane Mode.
  2. Klik dan aktifkan Airplane Mode beberapa saat kemudian aktifkan kembali.
  3. Pada bagian top bar Android, silakan Anda tarik ke bawah sampai menemukan tombol Airplane Mode. Klik dan aktifkan Airplane Mode beberapa saat kemudian aktifkan kembali.
  4. Silakan gunakan VPN yang sudah terpasang dan cek apakah masalah masih muncul atau tidak.

Cara Mengaktifkan Mode Pesawat di PC / Komputer

  1. Klik ikon internet / Wi-Fi yang terdapat di pojok kanan bawah.
  2. Pada bagian atas ubah slider menjadi ON.
  3. Klik ikon internet / Wi-Fi yang terdapat di pojok kanan bawah. Pada bagian atas ubah slider menjadi ON.
Catatan: Setiap versi Windows biasanya memiliki langkah yang sedikit berbeda.

3. Cara Mengatasi VPN Susah Connect di PC dan Android Dengan Mengganti Server Negara

Selain dua cara di atas Anda juga disarankan untuk mengganti server negara yang digunakan. Kebanyakan server negara yang sudah disediakan secara gratis oleh pihak developer sering mengalami koneksi yang down.
Selain dua cara di atas Anda juga disarankan untuk mengganti server negara yang digunakan. Kebanyakan server negara yang sudah disediakan secara gratis oleh pihak developer sering mengalami koneksi yang down. Maka dari itu, Anda sangat disarankan untuk membeli VPN secara premium. Namun jika tidak bisa, maka Anda dapat mengganti server negaranya.
  1. Buka VPN yang Anda gunakan.
  2. Pilih menu VPN Locations.
  3. Klik pada salah satu negara yang ingin Anda koneksikan.
  4. Buka VPN yang Anda gunakan. Pilih menu VPN Locations. Klik pada salah satu negara yang ingin Anda koneksikan.
  5. Silakan koneksikan ulang VPN Anda.
Jika error masih terus berlanjut silakan Anda ganti server negara yang lain sampai masalah dapat teratasi.

4. Langkah Mudah Memperbaiki VPN Disconnect / Mati Sendiri di Android Dengan Menghapus Cache & Data

Menghapus cache dan data aplikasi VPN dapat membuat VPN seperti aplikasi yang belum pernah terpakai sebelumnya. Oleh sebab itu, cara ini dapat dikatakan cukup ampuh dalam mengatasi error VPN.
Menghapus cache dan data aplikasi VPN dapat membuat VPN seperti aplikasi yang belum pernah terpakai sebelumnya. Oleh sebab itu, cara ini dapat dikatakan cukup ampuh dalam mengatasi error VPN.
  1. Pergi ke Setelan → Aplikasi.
  2. Pilih aplikasi VPN yang akan dihapus data beserta cache-nya.
  3. Klik Clear Cache & Clear Data.
Setelah cache dan data berhasil dibersihkan, Anda disarankan untuk me-restart HP Anda. Kemudian apabila cara ini tidak bekerja silakan coba cara selanjutnya.

5. Cara Mengembalikan VPN ke Semula di Android Dengan Metode Force Stop

Force Stop aplikasi dapat menjadi metode yang Anda coba jika keempat cara di atas belum berhasil. Mengapa harus Force Stop? Hal ini perlu dilakukan apabila terdapat aplikasi pada smartphone Anda yang bermasalah, entah itu error terus menerus, tidak berfungsi dengan baik, terdapat bug, atau terlalu memakan RAM ponsel Anda sehingga membuat kinerja HP menjadi lemot.

Force Stop aplikasi dapat menjadi metode yang Anda coba jika keempat cara di atas belum berhasil. Mengapa harus Force Stop? Hal ini perlu dilakukan apabila terdapat aplikasi pada smartphone Anda yang bermasalah, entah itu error terus menerus, tidak berfungsi dengan baik, terdapat bug, atau terlalu memakan RAM ponsel Anda sehingga membuat kinerja HP menjadi lemot.

  1. Buka Pengaturan ponsel Anda.
  2. Klik menu Aplikasi.
  3. Klik pada salah satu aplikasi yang ingin dimatikan prosesnya.
  4. Klik Force Stop.

6. Metode Lain Mengatasi VPN Rusak Dengan Menghapusnya

Sebelumnya saya pernah mencoba teknik ini pada cara mengatasi VPN Master yang tidak bisa connect dengan cara menghapusnya terlebih dahulu kemudian menginstalnya kembali.
Sebelumnya saya pernah mencoba teknik ini pada cara mengatasi VPN Master yang tidak bisa connect dengan cara menghapusnya terlebih dahulu kemudian menginstalnya kembali. Kemungkinan besar hal tersebut bisa terjadi dikarenakan adanya kesalahan atau tidak sempurnanya ketika proses pengunduhan berlangsung.
  1. Buka daftar aplikasi yang terpasang pada HP Anda.
  2. Selanjutnya klik dan tahan aplikasi yang akan dihapus kemudian tekan Uninstall
  3. Tunggu beberapa saat sampai proses penghapusan selesai kemudian instal kembali aplikasinya dari Play Store.
  4. Silakan cek apakah error masih ada atau tidak.
Berikut adalah cara menghapus aplikasi pada PC:
  1. Buka Control Panel → Uninstall Programs.
  2. Klik pada aplikasi VPN yang akan dihapus.
  3. Klik Uninstall / Change.

7. Cara Mengatasi VPN yang Gagal Connect di Android dan PC Dengan Mengganti Jenis VPN

Jangan terpaku pada salah satu aplikasi saja, masih banyak aplikasi lainnya yang dapat Anda coba. Anda bisa mencoba daftar aplikasi VPN paling stabil yang terdapat di Play Store dan juga situs resmi untuk desktop.
Jangan terpaku pada salah satu aplikasi saja, masih banyak aplikasi lainnya yang dapat Anda coba. Anda bisa mencoba daftar aplikasi VPN paling stabil yang terdapat di Play Store dan juga situs resmi untuk desktop.
Dalam mengunduh VPN jangan asal unduh saja, tetapi perhatikan juga rating serta ulasan orang-orang karena hal tersebut dapat membantu Anda dalam menentukan mana aplikasi VPN yang baik untuk di-download.

8. Cara Mengatasi VPN Lemot Dengan Ekstensi Browser di PC dan Android

 Anda jangan pusing-pusing jika ada VPN yang lambat alias lemot. Anda bisa gunakan versi ekstensi dari VPN yang tersedia di browser baik itu Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, Opera, dll.

 Anda jangan pusing-pusing jika ada VPN yang lambat alias lemot. Anda bisa gunakan versi ekstensi dari VPN yang tersedia di browser baik itu Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, Opera, dll. Menggunakan ekstensi VPN juga lebih menghemat resources yang digunakan sehingga tidak akan memberatkan komputer. Ikuti caranya di bawah ini:

  1. Buka webstore pada browser, untuk Chrome Anda bisa klik link berikut: Chrome Webstore.
  2. Cari VPN pada menu pencarian kemudian pasang pada browser Anda.
  3. Setelah dipasang silakan aktifkan VPN-nya dan jangan lupa pilih negara dengan kecepatan tinggi.
Untuk versi Android Anda hanya perlu memastikan bahwa koneksi data Anda memang benar-benar lancar. Untuk mengetahuinya silakan Anda gunakan internet tanpa menggunakan VPN terlebih dahulu, jika cepat maka ketika menggunakan VPN kecepatan akan menurun beberapa persen. Namun apabila tanpa VPN saja sudah lemot maka saat menggunakan VPN sudah dipastikan akan lebih lambat lagi.
Solusi lainnya Anda bisa membeli VPN premium yang menawarkan kecepatan tanpa batas dan tanpa penurunan. Biasanya harganya dimulai dari $2.99 yang termasuk cukup murah untuk kategori VPN.

9. Cara Alternatif Mengatasi VPN Error di PC & Android Menggunakan Proxy

Proxy menjadi cara alternatif yang patut Anda coba jika VPN selalu mengalami Error. Proxy ini cara kerjanya kurang lebih masih sama dengan VPN hanya saja dari kecepatan mungkin akan kalah.
Proxy menjadi cara alternatif yang patut Anda coba jika VPN selalu mengalami Error. Proxy ini cara kerjanya kurang lebih masih sama dengan VPN hanya saja dari kecepatan mungkin akan kalah. Ikuti cara berikut untuk menggunakan proxy sebagai pengganti VPN:
  1. Kunjungi salah satu situs penyedia proxy di bawah ini.
  • Proxysite.com
  • Croxyproxy.com
  • Hide.me
  • Kproxy.com
  • dll
  • Ketikkan alamat situs yang akan dibuka kemudian klik MULAI / GO.
  • Tunggu beberapa saat sampai halaman benar-benar terbuka.
  • 10. Gunakan Browser Tanpa Blokir Dengan VPN Built-In Untuk Mengatasi VPN yang Tidak Bisa Digunakan

    Gunakan browser yang memiliki layanan VPN di dalamnya sehingga Anda tidak perlu mengunduh aplikasi VPN tambahan.
    Gunakan browser yang memiliki layanan VPN di dalamnya sehingga Anda tidak perlu mengunduh aplikasi VPN tambahan. Jika Anda penasaran dengan browser VPN Built-in silakan Anda lihat di sini: Daftar Browser Dengan VPN Built-In.

    FAQs

    Apakah VPN aman untuk digunakan?

    Sejauh yang saya tahu VPN aman untuk digunakan karena VPN memiliki enkripsi sendiri yang dapat menyembunyikan riwayat Anda di internet dengan baik.

    Apa perbedaan VPN dengan Proxy?

    Perbedaan VPN dengan Proxy adalah soal fitur dan kemanan. Kira-kira menurut Anda mana yang lebih aman? Jika penasaran silakan lihat pada artikel ini: VPN vs Proxy: Mana yang Paling Aman?

    Itulah Cara Mengatasi VPN Tidak Bisa Connect, Mati Sendiri, & Lemot pada Android dan PC / Komputer. Semua cara di atas ditulis berdasarkan pengalaman sendiri, apabila Anda kesulitan dalam mencoba caranya atau ada cara yang berhasil bagi Anda, mohon beritahu kami yaa!

    Oleh Kaca Teknologi

    Official account of KacaTeknologi.com

    Postingan Terkait:

    0 Komentar

    0 Komentar

    Kirim Komentar

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *