3. Tingkatkan Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Serat

Mengonsumsi makanan yang mengandung lebih banyak serat terbukti dapat menurukan kadar gula darah yang tinggi. Contoh makanan yang mengandung banyak serat adalah buah-buahan dan sayur-sayuran. Namun, tidak semua buah dan sayur memiliki kandungan yang sama. Oleh karena itu Anda perlu memilah kembali buah dan sayur yang akan dikonsumsi.

Contoh buah yang mengandung serat tinggi adalah buah naga, pepaya, belimbing, alpukat, dll. Sedangkan sayuran yang mengandung serat tinggi adalah wortel, brokoli, bayam, dll. Jika Anda ragu mengenai makanan apa yang cocok untuk dikonsumi, Anda bisa hubungi para ahli untuk masalah ini.

4. Kurangi Karbohidrat

Berbalik dengan serat, justru karbohidrat menjadi pemicu gula darah yang tinggi. Banyak pakar yang menyarankan kepada penderita gula darah tinggi untuk mengurangi dirinya dalam mengonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi. Namun, hal ini bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsi makanan berkarbohidrat, hanya saja mengonsumsinya secara berlebihan justru dapat memperburuk kondisi tubuh.

5. Kurangi Stress

Siapa sangka bahwa stress dapat berdampak langsung pada gula darah? Ketika Anda stress, hormon seperti kortisol dapat meningkatkan gula darah sehingga tubuh menjadi tidak efektif dalam menggunakan insulin.

Percuma saja Anda berolahraga, meminum banyak air putih, dan makan makanan yang sehat namun Anda selalu stress, usaha Anda tidak akan berbuah hasil yang baik. Jadi, mulai dari sekarang Anda harus mengatur diri dan menghindari hal-hal yang dapat membuat stress.



Nah, itulah dampak gula darah tinggi dan cara ampuh menurunkannya. Mulai sekarang apakah Anda berniat untuk hidup lebih sehat? Semoga kita dijauhkan dari berbagai macam penyakit salah satunya adalah kelebihan gula darah.