Kaca Teknologi Official account of KacaTeknologi.com

10 Cara Menghindari atau Mengurangi Radiasi HP

2 min read

10 Cara Menghindari atau Mengurangi Radiasi HP

Kacateknologi.com – 10 Cara Menghindari atau Mengurangi Radiasi HP , menggunakan sebuah Handphone atau smartphone di era modern seperti sekarang ini merupakan sebuah kewajiban bagi beberapa orang dimana setiap hari kita pasti bersentuhan dengan gadget yang satu ini entah itu menggunakannya untuk membaca berita, mendapatkan informasi, bermain game, menonton video, chatting atau bahkan melakukan panggilan video call bersama teman atau keluarga.

Tapi tahukah sobat terlalu sering kita menggunakan smartphone atau handphone dapat menimbulkan radiasi kepada tubuh kita? efek radiasi ini tentunya cukup berbahaya maka dari itu pada artikel kali ini saya akan berbagi 10 Cara Menghindari atau Mengurangi Radiasi HP lantas apa saja cara menghindari atau mengurangi radiasi dari sebuah HP? berikut ini caranya.

10 Cara Menghindari atau Mengurangi Radiasi HP

Radiasi memang menimbulkan bahaya bagi kesehatan tubuh meskipun efeknya kecil tetapi Australia Radiation Protection Agency atau yang dikenal dengan singkatan ARPANSA tidak menyangkal radiasi yang dipancarkan smartphone bisa merusak kesehatan walaupun kecil.

10 Cara Menghindari atau Mengurangi Radiasi HP
Ilustrasi Radiasi HP

1. Atur Jarak Ponsel Dengan Tubuh

Yang pertama tentang 10 Cara Menghindari atau Mengurangi Radiasi HP adalah dengan memberikakn batasan agar tidak terlalu dekat dengan tubuh kita, khususnya kepala dengan memberikannya jarak untuk tidak terlalu dekat tentunya bisa mengurangi efek yang ditimbulkan dari radiasi tersebut.

2. Batasi Waktu Penggunaan

Kebiasaan yang kerapkali dilakukan adalah menggunakan HP atau smartphone dalam jangka waktu yang cukup lama tanpa adanya jeda dalam penggunaan HP tersebut, biasakan untuk tidak menggunakna smartphone minimal dengan jeda 20 menit setiap pemakaian untuk mengurangi efek radiasi.

Baca Juga : 5 Langkah Mengatasi HP Sering Lag atau Ngehang Terbaru

3. Jangan Menaruh HP di Kantong Baju atau Celana

Hal ini erupakan hal yang paling sering dilakukan para pemilik smartphone menyimpannya di kantong celana, ataupun baju tanpa disadari radiasi dari sebuah ponsel akan terus terpancar meskipun tidak sedang digunakan, jadi diusahakna untuk menyimpannya pada waist bag atau tas kecil untuk meminimalisir radiasi HP.

4. Jangan Terlalu Lama Menonton Video Online

Menonton video secara online melalui gadget smartphone saat ini sudah menjadi trend dikalangan masyarakat dimana menonton video secara online ini memang aktifitas yang sangat menyenangkan, tetapi terlalu lama menonton video online bisa menimbulkan efek radiasi kepada tubuh.

Jika menonton video secara online sudah menjadi aktifitas yang wajib sobat lakukan maka solusinya sobat bisa mengunduh video tersebut untuk ditonton secara offline karena akan mengurangi radiasi dari smartphone.

5. Jangan Menyimpan HP Dekat Kepala

Berikutnya di dalam daftar 10 Cara Menghindari atau Mengurangi Radiasi HP adalah untuk tidak menyimpan HP dekat kepala, hal ini biasanya kerapkali dilakukan pada saat kita tertidur dimalam hari, tanpa kita sadari meskipun tidak digunakan sebuah smartphone akan tetap memancarkan radiasinya.

6. Atur Kecerahan Layar

Nah kali ini khusus menghindari dan mengurangi radiasi untuk mata sobat semua, dimana Cara mengurangi radiasi hp pada mata bisa dilakukan dengan mengurangi intensitas cahaya pada smartphone, atur kecerahan cahaya senyaman mungkin jangan terlalu terang, jangan terlalu gelap.

Jika menggunakan hp pada malam hari, usahakan gunakan fitur mode malam yang biasanya terdapat di masing-masing smartphone.

Baca Juga : 9 Keunggulan Telegram Dibandingkan Whatsapp Wajib Diketahui

7. Menelepon di Tempat Terbuka

Berikutnya 10 Cara Menghindari atau Mengurangi Radiasi HP adalah untuk menelpon di tempat terbuka, karena jika melakukan panggilan ditempat yang terhalangi tembok, maka radiasi yang dipancarkan akan semakin tinggi.

8. Hindari Penggunaan Smartphone Sebelum Tidur

Menggunakan smartphone sebelum tidur seringkali kita lakukan tetapi hal ini sangat tidak disarankan karena bisa berdampak buruk pada kualitas kita pada saat tidur, dimana biasanya tidur menjadi kurang nyenyak jika menggunakan smartphone sebelum tidur.

9. Jaga Jarak Smartphone dengan Mata

Menggunakan smartphone terlalu dekat dengan mata bisa menyebabkan mata kita menjadi cepat lelah, pegal, perih, bahkan bisa terjadi mata minus jika terlalu sering menggunakan HP terlalu dekat dengan mata, jadi usahakan jangan terlalu dekat menggunakan smartphone dengan mata.

10. Aktifkan Mode Pesawat

Terakhir 10 Cara Menghindari atau Mengurangi Radiasi HP bisa sobat lakukan dengan mengaktifkan mode pesawat jika HP tidak digunakan seperti yang saya tulis di point-point sebelumnya dimana radiasi HP akan terus terpancar meskipun tidak digunakan, nah sobat bisa mengaktifkan mode pesawat ini karena bisa mengruangi radiasi dari smartphone itu sendiri.

Baca Juga : Aplikasi Penyebab Baterai Smartphone Cepat Habis

Kenapa Mode Pesawat bisa mengurangi radiasi? hal ini terjadi karena ketika mode pesaswat diaktifkan, seluruh sinyal data, dan juga GPS akan otomatis mati dengan demikian akan menghentikan aliran radiasi pada smartphone.

Selain 10 Cara Menghindari atau Mengurangi Radiasi HP diatas, sobat juga bisa mengunduh aplikasi Filter Pelindung mata yang berfungsi untuk mengurangi radiasi yang dipancarkan sinar HP ke mata, sobat bisa mengunduhnya lagsung di google playstore

Nah sobat demikianlah 10 Cara Menghindari atau Mengurangi Radiasi HP yang bisa sobat lakukan, semoga bermanfaat.

Kaca Teknologi Official account of KacaTeknologi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *