Kacateknologi.com – 2 Cara Mengatasi Kamera Kogan Yang Tidak Mau Merekam atau Stuck , Kamera Kogan merupakan salah satu merk action cam yang cukup banyak digunakan oleh vlogger pemula saat ini, selain harga yang terjangkau, kamera kogan pun termasuk kedalam action cam yang memiliki kualitas cukup baik, dari segi video maupun foto yang dihasilkan, bentuknya yang mungil, dan mudah dibawa kemana-mana menjadi salah satu alasan kenapa orang banyak yang menggunakan kamera action merk kogan, selain itu harga yang cukup terjangkau semakin menarik minat bagi siapapun yang ingin memulai petualangan di dunia Vlogger.

Dibalik beberapa kelebihannya, yang namanya sebuah gadget tentu memiliki kekurangan tersendiri, begitu juga dengan kamera kogan yang memiliki beberapa kekurangan, selain baterai yang mudah cepat habis, terkadang kamera kogan tidak bisa merekam atau stuck lantas apa sih yang terjadi? apakah ada caranya untuk mengatasi kamera kogan yang tidak bisa merekam tersebut? tenang saja sobat, pada artikel ini saya akan berbagi pengalaman pribadi tentang 2 Cara Mengatasi Kamera Kogan Yang Tidak Mau Merekam atau Stuck

2 Cara Mengatasi Kamera Kogan Yang Tidak Mau Merekam atau Stuck

Pernahkah sobat ketika ingin melakukan recording atau rekaman, tetapi kamera tidak bisa berfungsi? dan indikator rekaman tidak berubah menjadi merah? hal tersebut menandakan bahwa action cam yang sobat punya tidak bisa recording atau merekam.

Baca Juga : 4 Langkah Mudah Mengatasi Kamera Laptop Tidak Berfungsi

Lantas apa yang jadi penyebabnya? dan bagaimana cara mengatasinya? silahkan sobat ikuti langkah berikut ini.

1. Pastikan Memori Card Terpasang dan Sudah di Setting

Yang pertama dalam 2 Cara Mengatasi Kamera Kogan Yang Tidak Mau Merekam atau Stuck adalah dengan memastikan terlebih dahulu memori card terpasang dengan baik dan benar, tanpa adanya memori card ( micro sd ) pada kamera kogan, tentunya fitur recording tidak akan berfungsi.

Jika sudah, sobat pastikan lagi settingan pada action cam kogan sudah benar, seperti timer untuk dinonaktifkan, kemudian layar mati otomatis juga harus dimatikan agar proses rekaman berjalan lancar.

Jika semua dirasa sudah benar, mari lanjut ke langkah selanjutnya.

2. Format Micro SD Pada Action Cam

Jika sudah otak-atik tapi action cam kogan masih belum juga bisa melakukan rekaman, langkah yang bisa sobat lakukan yaitu dengan melakukan format pada Micro SD yang terpasang di kamera kogan.

Caranya bagaimana? untuk melakukan format Micro SD atau kartu memori pada Action Cam Kogan sendiri, sobat bisa melakukan dua cara, sebagai berikut.

  • Format Secara Otomatis Melalui Action Cam
  • Melakukan Format dengan bantuan Laptop

Ada dua cara yang bisa sobat lakukan, pertama sobat bisa melakukan format secara langsung melalui action cam yang terpadat pada menu pengaturan, kemudian pilih reset maka dengan demikian isi dokumen yang ada pada Micro SD otomatis akan hilang, alangkah baiknya sebelum melakukan reset, semua datanya di backup terlebih dahulu, sobat bisa menggunakan Cloud Storage untuk melakukan backup.

Baca Juga : Media Cloud Storage atau Penyimpanan Online Terbaik 2021

Dan Yang Kedua, sobat bisa menggunakan bantuan laptop untuk melakukan format, sekaligus melakukan backup terlebih dahulu semua dokumen yang ada pada action cam, dialihkan atau disimpan sementara pada laptop.

Berhubung disini saya melakukan format menggunakan laptop, sobat bisa klik kanan pada partisi micro sd, kemudian pilih format, silahkan gambar berikut.

2 Cara Mengatasi Kamera Kogan Yang Tidak Mau Merekam atau Stuck
Proses Format Micro SD

Nah diatas merupakan sebuah proses formatting yang sedang berlangsung, untuk waktunya sendiri tidak memakan waktu yang lama, kurang lebih membutuhkan waktu 5 menit unutk melakukan format, tergantung seberapa banyak isi dokumennya.

Baca Juga : Cara Mengatasi Action Cam Tidak Bisa Connect ke Wifi 2021

Nah yang terakhir dalam artikel 2 Cara Mengatasi Kamera kogan Yang Tidak mau Merekam atau Stuck yaitu membuka fitur recording atau rekaman pada kamera kogan sobat, dan taraaaa hasilnya berhasil dimana sekarang kamera kogan yang tadinya tidak mau merekam, kini sudah bisa lagi digunakan untuk merekam.

Bagi sobat yang ingin membeli kamera kogan asli, bisa langsung mengunjungi website resmi kogan

Demikianlah artikel tentang 2 Cara Mengatasi Kamera Kogan Yang Tidak Mau Merekam atau Stuck , semoga bermanfaat.