Kaca Teknologi Official account of KacaTeknologi.com

5 Cara Mengatasi Aplikasi Not Responding di Smartphone

3 min read

5 Cara Mengatasi Aplikasi Not Responding di Smartphone

Kacateknologi.com – 5 Cara Mengatasi Aplikasi Not Responding di Smartphone Smartphone siapa yang tidak mengenal perangkat elektronik yang satu ini, dengan sistem operasinya yang digunakan yaitu Android saat ini menjadi salah satu sistem operasi yang cukup banyak digunakan di dunia, selain itu smartphone saat ini pun semakin berkembang dan terus berinovasi dimana semakin banyak fitur-fitur yang memanjakan para pengguna smartphone itu sendiri, saat ini smartphone sudah didukung android 10 kemudian nantinya akan diluncurkan android versi 11 yang sepengetahuan saya masih dalam tahap pengembangan developer terkait.

Jika membicarakan smartphone saya rasa tidak akan ada habisnya, karena terus tumbuh dan berkembang dari masa ke masa, kemudian isi yang ada dialam smartphone ( software / aplikasi ) pun semakin menjamur dan semakin banyak yang bisa diunduh melalui google playstore, mulai dari aplikasi permainan, e-book, alat transaksi untuk melakukan pembayaran dan masih banyak lagi.

Terkadang tidak selamanya pengoperasian aplikasi didalam smartphone itu selalu berjalan mulus, akan ada masanya dimana sobat akan menemukan sebuah kesalahan dalam aplikasi, dalam kasus kali ini adalah Aplikasi not Responding atau sistem proses aplikasi yang tidak menanggapi, jika mengalami hal tersebut untuk pertama kalinya tentu akan ada rasa jengkel karena aplikasi yang ingin kita buka, justru tidak bisa dibuka.

Lalu apakah ada cara untuk mengatasi hal tersebut? tentu saja ada sobat, karena sayapun pernah mengalami hal demikian, kebetulan saya orang yang senang sekali otak-atik smartphone dan mencari tahu lebih dalam lagi tentangnya, maka dari itu saya menuangkannya kedalam artikel 5 Cara Mengatasi Aplikasi Not Responding di Smartphone guna membantu sobat yang punya masalah yang sama dengan saya.

sebelum masuk ke inti pembahasan, rasanya kita perlu tahu terlebih dahulu atas penyebab dari masalah tersebut, “kenapa sih kok aplikasinya not responding, kenapa sih aplikasinya kok tidak menanggapi” tentunya hal seperti ini harus diketahui penyebabnya agar bila di waktu yang akan datang sobat mengalami hal tersebut untuk kedua kalinya, maka bisa diatasi tanpa perlu panik ataupun jengkel.

Baca Juga : 1 Cara Mengatasi Tempered Glass Bergelembung

Penyebab Aplikasi Not Responding atau Tidak Menanggapi di Smartphone

Berdasarkan pengalman saya pribadi,ada beberapa penyebab kenapa sebuah aplikasi not responding atau tidak menanggapi, diantaranya sebagai berikut.

  • Aplikasi Belum Diperbarui, yang pertama aplikasi belum diperbarui atau masih menggunakan versi lama dari app tersebut, bisa jadi salah satu penyebab kenapa sebuah aplikasi mengalami not responding atau tidak menanggapi, solusinya sobat bisa memperbarui app yang digunakan untuk mendapatkan fitur terbaru dari pihak pengembang.
  • RAM ( Random Access Memory ) Penuh, smartphone sendiri dibekali oleh beberapa RAM atau Random Access Memory dengan kapasitas yang berbeda-beda tingkatan atau kelasnya, tidak kuatnya RAM juga bisa menjadi salah satu penyebab kenapa sebuah app di hp proses nya tidak menanggapi, solusinya sobat harus membersihkan atau membuang aplikasi yang berjalan dibelakang layar.
  • Bug Pada Aplikasi, berikutnya adalah bug pada aplikasi bug adalah sebuah kecacatan pada perangkat lunak yang mengakibatkan galat atau not responding atau aplikasi tidak menanggapi, bug ini memang jarang terjadi, solusinya hanya pihak pengembang atau developer yang harus melakukan repair atau perbaikan.
  • Akibat Virus, tidak menutup kemungkinan hadirnya virus bisa merusak berbagai macam hal, apalagi software maka dari itu sobat sangat disarankan untuk setidaknya memiliki 1 antivirus di smartphone.

Nah diatas adalah beberapa penyebab dari aplikasi yang not responding ataupun tidak menanggapi pada sebuah smartphone.

Sekarang mari kita masuk ke inti pembahasan.

Baca Juga : 5 Cara Mengatasi HP Cepat Panas dan Batre Cepat Habis

5 Cara Mengatasi Aplikasi Not Responding di Smartphone

Setidaknya ada 5 Cara Mengatasi Aplikasi Not Responding di Smartphone yang bisa sobat lakukan, dimana cara ini saya coba terlebih dahulu dan hasilnya berhasil untuk smartphone saya.

1. Hapus Cache Aplikasi

Cache aplikasi atau yang lebih dikenal dengan sampah yang tertinggal dalam aplikasi, merupakan salah satu faktor kenapa sebuah app tidak menanggapi atau not responding, maka dari itu sobat sangat disarankan untuk membersihkan cache secara terjadwal, untuk membersihkannya sendiri sobat bisa melakukannya secara manual ataupun menggunakan antivirus yang memiliki fitur bersih-bersih.

Dan bagi sobat yang ingin melakukan secara manual, lakukan langkah berikut ini.

  • Buka Pengaturan
  • Masuk menu Manajemen Aplikasi
  • Buka Aplikasinya
  • Hapus Cache

jika masih kurang jelas, mari simak gambar berikut ini.

5 Cara Mengatasi Aplikasi Not Responding di Smartphone
Cache Aplikasi

Nah untuk menghapusnya sobat hanya perlu menekan tombol hapus cache seperti gambar diatas, beberapa smartphone mungkin berbeda tampilan interface nya.

2. Hapus Data Aplikasi

Berikutnya yang bisa sobat lakukan dalam 5 Cara Mengatasi Aplikasi Not Responding di Smartphone adalah dengan membersihkan atau menghapus data aplikasi, “Lohh bukannya menghapus data akan membuat data kita hilang ya mas”? betul, tapi bukan berarti kita tidak bisa menggunakan aplikasi yang datanya dihapus tersebut, sobat tetap bisa menggunakan aplikasi yang datanya dihapus, apabila aplikasi yang dihapus tersebut sosial media, sobat juga tetap bisa menggunakannya.

Cara menghapusnya sendiri sama seperti cara menghapus cache pada aplikasi, karena posisi hapus data tepat berada diatas hapus cache.

3. Uninstall Aplikasi Tidak Terpakai

Terlalu banyak aplikasi dalam sebuah smartphone bisa menjadi penyebab kenapa sebuah smartphone mengalami not responding atau tidak menanggapi, seperti yang saya tulis pada bagian penyebab diatas, dimana RAM jadi salah satu faktor kenapa app tidak menanggapi, sebuah RAM akan penuh dan kinerjanya tidak optimal apabila terdapat banyak aplikasi yang berjalan secara bersamaan, juga banyaknya aplikasi dalam sartphone yang memiliki RAM kecil.

Maka sangat disarankan bagi sobat untuk tidak memasang aplikasi yang sekiranya tidak diperlukan.

Baca Juga : 4 Langkah Mengganti Nama dan Password Hotspot di Smartphone

4. Selalu Update Aplikasi

Melakukan pembaruan atau update aplikasi merupakan cara yanng juga bisa sobat lakukan dalam 5 Cara Mengatasi Aplikasi Not Responding di Smartphone dengan mengupdate aplikasi, otomatis kita juga mendapatkan pembaruan dari pihak developer tentang app tersebut.

5. Upgrade Sistem Operasi

Seperti yang kita ketahui bahwa sistem operasi minimal yang saat ini bisa dijalankan pada perangkat smartphone adalah versi 4.0.3 atau yang lebih dikenal dengan OS Ice Cream Sandwich jika lebih rendah dari itu maka bukan hanya tidak bisa mengoperasikan smartphone, kita pun tidak akan mendapatkan dukungan mengenai aplikasi yang ada didalamnya maka munculah masalah aplikasi not responding atau sistem hp yang tidak menanggapi.

Nah sobat itulah dia 5 Cara Mengatasi Aplikasi Not Responding di Smartphone yang bisa sobat lakukan, pada intinya rajin membersihkan cache pada smartphone juga melakukan scanning virus secara terjadwal, bisa meminimalisir aplikasi not responding atau proses hp yang tidak menanggapi, terima kasih telah berkunjung di artikel 5 Cara Mengatasi Aplikasi Not Responding di Smartphone semoga bermanfaaat ya sobat.

Kaca Teknologi Official account of KacaTeknologi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *